Cara Mengatasi WiFi Limited di Laptop Windows 7, 8 dan 10

Wifi Limited

Pernah ngalamin tiba tiba akses internet WiFi ada tulisan Limited Access gak? Kalau pernah pasti Sobat kesal banget ya, karena WiFi Limited internet jadi tidak bisa digunakan atau terkoneksikan, dan kebutuhan berselancar di dunia maya kita jadi terganggu.

Masalah Wifi Limited Access ini bisa saja dialami oleh siapapun, Limited access punya arti bahwa perangkat laptop tidak connect WiFi baik yang menggunakan Windows 7, 8 dan 10 atau bahkan Macbook.

Jangan panik dulu ya sob, karena ada beberapa cara mengatasi WiFi Limited pada Windows 7, 8 dan 10, tetap tenang dan fokus untuk mengatasinya ya.

Cara Mengatasi WiFi Limited

Wifi Limited

Biasanya dari berbagai operator internet termasuk Indihome, Fristmedia, Oxygen, dan MNC Play masalah Wifi limited terjadi karena alamat IP saling bertabrakan atau bentrok dan akses WiFi dibatasi hanya beberapa pengguna saja yang bisa menggunakan.

Tapi memang tidak hanya satu penyebab yang mengakibatkan Wifi menjadi limited masih banyak kasus yang bisa menjadi penyebab.

Tapi tenang saja karena ada beberapa cara merubah WiFi Limited menjadi connected, kami akan bahas satu persatu di bawah ini.

Cara Mengatasi WiFi Limited dengan Restart atau Mulai Ulang Router

Wifi Limited

Cara paling mudah mengatasi WiFi Limited adalah dengan memulai ulang router, caranya cukup simpel.

Sobat cukup cabut power listrik yang mengalir ke router dan tunggu lima menit kemudian pasang kembali. Biasanya cara ini cukup ampuh untuk mengambalikan WiFi limited menjadi Connected. Silahkan Sobat bisa coba terlebih dahulu.

Mengatasi WiFi Limied dengan Mengubah Alamat IP

Wifi Limited

Langkah selanjutnya cukup teknis dan membutuhkan pengalaman khusus, tapi ini bisa sobat lakukan dengan melihat panduan yang sudah banyak di internet.

Kami mencoba merangkum cara mengubah alamat IP di bawah ini.

  • Pertama Sobat bisa mengubah alamat IP melalui Control panel yang ada di PC/Laptop Windows 7, 8 dan 10. Kemudian masuk ke Network and Internet lalu pilih Network and Sharing Center.
  • Kemudian cari nama WiFi yang ingin di hubungkan, kemudian masuk ke pengaturan jaringan dan cari pilihan propertis dan cari Internet Protocol version 4.
  • Nah dibagian inilah sobat bisa mengganti alamat IP dengan alamat yang sudah diberikan oleh Pihak Proivider penyedia WiFi kemudian klik OK.

Cara Memperbaiki WiFi Limited menjadi Connected di Windows 8 dengan FIPS

Wifi Limited

Nah selanjutnya jika sobat menggunakan Windows 8, Sobat bisa mengaktfkan FIPS. Caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke Control Panel kemudian masuk Ke Network and Sharing Center selanjutnya cari Wireless Netword Connection dan pilih nama WiFinya.
  • Masuk Ke Wireless Properties kemudian Security dan piliha Advance Setting.
  • Selanjutnya sobat centang untuk mengaktifkan Enable Fedral Informastion Processing Standards (FIPS)
  • kemudian cobalah untuk menyambungkan laptop/PC ke jaringan Wifi tersebut.

Windows 7 Professional dengan paksa Berhenti Bonjour Service

Nah untuk Sobat pengguna Windows 7 Professional yang mengalami Wifi Limited, Sobat bisa mencoba mengatasinya dengan cara menghentikan paksa Bonjour yang kemungkinan adalah penyebabnya.

  • Untuk menghentikannya Sobat klik “Start” lalu “Accessories” dan ketik “Service.mcs” tekan Enter.
  • nanti ada jendela pop up dan sobat cari aplikasi yang berjalan bernama “Bonjour Service” dan klik dua kali pada pilihan tersebut.
  • Setelah itu pilih “STOP” untuk menghentikan program dan set menjadi “Disable” kemudian pilih “OK“.

Perbaharui Driver

Nah selanjutnya WiFi limited juga bisa disebabkan oleh Driver WiFi yang sudah usang dan memerlukan pembaharuan. Untuk memperbaharuinya Sobat bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Pertama Sobat pilih “Start” Kemudian “Device Manager” kemudian sobat cari “Netword Adapters“.
  • Nanti akan ada muncul driver WiFi yang terpasang di Laptop/PC, silahkan pilih salah satu dan klik kanan dan pilih menu “Update Driver Software“.
  • Kemudian Sobat harus memilih “Browser my Computer for Driver Software” Kemudian pilih “Let Me Pick From a list of…” dan pilih “Browse“, “Have Disk” dan cobalah beberapa list sampai bisa.

Oh ia untuk pengguna provider IndiHome jika mengalami gangguan yang tidak dapat diatasi dengan cara-cara di atas, silahkan saja lapor gangguan IndiHome siapa tahu memang ada kendala dari pihak providernya.

Video Cara Mengatasi WiFi Limited

Kalau sobat masih tidak mengerti dengan penjabaran cara-cara di atas, Sobat bisa tonton video cara mengatasi WiFi Limited di bawah ini.

Dengan video tentu sobat akan lebih mudah memahami setiap langkahnya ya. Sebagai informasi, video ini milik channel dhidick jadi sobat bisa subscribe channel tersebut ya.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa cara untuk mengatasi WiFi Limited pada Windows 7, 8 dan 10. Jika Sobat mengalami kendala yang sama, kami sarankan untuk mencoba cara paling atas terlebih dahulu yaitu dengan melakukan restart Modem atau router internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Youtube Androidponsel