Cara Membuat Blogspot Lengkap Sampai Terindex Google

Cara membuat blogspot

Blogger atau dikenal sebagai blogspot adalah salah satu platform kita membuat blog secara gratis, dan layanan ini resmi milik Google.

Banyak yang mengira blogger adalah yang cms blog yang jadul, tapi nyatanya hingga sekarang blogger atau blogspot masih cukup populer dan banyak diminati bahkan selalu update dengan fitur-fitur terbarunya.

Blogger menjadi salah satu platform blog yang bisa Sobat buat secara gratis karena hanya memerlukan akun Google saja Sobat sudah dapat membuatnya. Selain itu fitur untuk pencarian di mesin pencarinya juga sudah terbilang OK loh, jadi cocok banget untuk Sobat yang ingin mendapatkan uang secara online dengan cara ngeblog.

Nah pada artikel ini saya akan menjelaskan bagiamana cara membuat blogspot secara lengkap, dari mulai membuat, menulis artikel sampai proses pengindexan di mesin pencari Google itu sendiri.

Semoga artikel ini akan mempermudah Sobat menjadi blogger yang bisa menghasilkan dari karya tulisan yang akan sobat buat nantinya.

Sejarah Blogspot

Sebelum kita menggunakan mengetahui cara membuat blogspot, ada baiknya kita sedikit tahu tentang sejarahnya, ya blogger ini adalah platform blogging gratis yang dirilis pada tahun 1999 oleh Pyra Labs dan di tahun 2003 diakuisisi oleh Google.

Semenjak dimiliki Google, Blogger sudah terintegrasi dengan beragam layanan milik Google misalnya Adsense, Adwords dan Google Analytics.

Sebenarnya ada banyak banget platform blogging gratis, misalnya WordPress yang juga bisa sobat gunakan secara gratis, tapi saya kira Blogger menjadi platform powerful yang menjadi pilihan yang tepat karena Sobat akan mendapatkan kemudahan dalam mengelolahnya.

Selain itu menggunakan blogger Sobat tidak perlu takut untuk melakukan monetize atau menguangkan, karena sudah terintegrasi dengan adsense salah satu periklanan milik Google yang sudah terbukti mejadi nomor 1 di dunia dengan nilai iklan yang tinggi.

Enaknya lagi menggunakan Blogger sobat tidak perlu takut dengan pilihan tampilan, selain Sobat bisa melakukan modifikasi dari sisi HTML yang ada, sobat bisa download template hasil karya orang lain secara berbayar ataupun gratis.

Dan yang terpenting, menggunakan layanan Blogger (Blogspot) Sobat bisa melakukan costum domain dengan nama domain sendiri dengan ekstensi .com, id, web.id, dan masih banyak lagi misalkan andrpodponsel.com.

Sobat dapat dengan mudah melakukannya, karena sudah banyak banget yang share tutorial mengelolah blogger yang dishare di internet.

Cara Membuat Blog di Blogger (Blogspot)

Ok sekarang jika Sobat ingin membuat blog, Ada baiknya memikirkan nama tema blog itu sendiri, karena ini akan menjadi jalan untuk membuat kontennya.

Disarankan untuk membuat blog yang sesuai dengan hobi dan minat karena kalau sesuai dengan hobi Sobat akan dengan santai atau nyaman untuk membuat kontennya.

Jika Sudah menemukan tema dari blog yang ingin Sobat buat silahkan langsung masuk ke halaman untuk melakukan pendaftaran di https://www.blogger.com.

Cara membuat blogger
Tampilan halaman depan blogger

Sobat tinggal klik menu Create Your Blog dan Login menggunakan Akun Google.

Login Google

Masukan login akun Google yang Sobat punya untuk dapat masuk ke blogger dan mulai membuat blog.

pilih nama blog

Selanjutnya Sobat akan dihadapkan dengan form untuk memberikan nama blog yang ingin sobat buat, Jika sobat sudah membuatnya silahkan sobat memasukan nama sebagai judul blog yang ingin dibuat.

Url Blog

Selanjutnya sobat akan dihadapkan dengan form untuk menetapkan url dari blog, karena masih menggunakan url bawan blogger jadi ekstensisnya akan menjadi .blogspot.com dan di sini saya akan menggunakan url sobatbelajarblog.blogspot.com.

Tips memilih url kalau bisa sih yang mudah untuk diingat, karena ini akan menjadi alamat dari blog yang akan sobat gunakan, walaupun nantinya Sobat bisa menggantinya dengan domain premium seperti .com dan lainnya.

cara membuat blogger

Selanjutnya sobat konfirmasi nama panggilan yang akan ditampilkan di blog tersebut, dan klik selesai. Tunggu hingga proses selesai Sobat akan di bawa ke halaman dashboard dari blogger tersebut.

Sekarang sobat sudah mempunyai blog yang siap untuk Sobat isi kontennya, silahkan sobat save url yang sobat miliki untuk disebarkan atau dipromosikan ya.

Membuat Post dan Halaman

Ok jika Sobat sudah membuat blog dan ingin membuat konten sekarang saya akan menjelaskannya.

Jaman sekarang ini blog bukan hanya di isi oleh artikel dan foto saja, Sobat juga bisa mengisinya dengan video, jika Sobat punya video Youtube, Sobat bisa menempelkan embed video tersebut di dalam post blog sehingga pembaca tahu bahwa sobat memiliki konten video.

Ok berikut adalah cara membuat post atau halaman di blogger.

membuat blogger
Tampilan dashboard blogger

Masih di dalam dashboard, silahkan sobat klik menu postingan baru lihat gambar yang bertanda lingkaran merah di atas.

Sobat akan diarahkan ke halaman untuk membuat konten, seperti gambar di bawah ini.

cara membuat blogger

Berikut adalah keterangan yang ada pada gambar yang sobat wajib untuk isi ketika membuat konten blog.

  1. Judul : Menjadi judul dari konten artikel, video ataupun foto yang akan sobat buat.
  2. Isi dari konten yang sobat buat
  3. Lebel : bisa menjadi tag atau pengelompokan artikel yang juga bisa disebut kategori, jadi konten atau artikel bisa di lebelkan atau dikategorikan berdasarkan jenis yang sama/
  4. Permalink adalah link url yang akan sobat buat, jadi pastikan buatlah link url yang tidak panjang tapi mengandung kata kunci dari konten yang sobat buat.

Jika Sobat sudah membuat artikel atau kontennya, jangan lupa untuk melihat previewnya terlebih dahulu kemudian baru Publikasikan yang terlihat pada gambar yang diberi tanda panah.

Hasil dari pembuatan konten artikel pada post atau halaman blogger bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

cara membuat blogger

Cara Ubah Tampilan Blog

Jika Sobat sudah mengetahui cara membuat halaman atau post pada blogger, sekarang Sobat bisa mengubah tampilan blog menjadi lebih menarik.

Caranya masih di dashboard blogger, klik menu Tema yang ada di sisi sebelah kiri, atau sobat bisa melihat pada gambar di bawah ini.

Cara ganti tampilan blog

Sobat akan disuguhkan bergam pilihan tema yang bisa sobat gunakan secara gratis dan mudah diaplikasikan.

Silahkan gulir kebawah untuk mencari tema yang Sobat sukai, jika sudah silahkan klik tema tersebut dan di bagian bawah ada menu pertinjau, sesuaikan dan terapkan.

Sebaiknya lakukan pertinjau terlebih dahulu baru jika sudah cocok klik Terapkan.

cara ganti tema di blogger

Jika di dalam dashboard tidak ada pilihan tema yang menarik perhatian, Sobat bisa menggunakan tema blogger yang diunduh di luar secara gratis silahkan Sobat menggunakan katakunci “Download Template Blogger Gratis” atau bahkan sobat bisa membelinya di jasa tema blogger harganya cukup murah.

Atur Layout Tema Sesuai Keinginan

Masing-masing tema blogger yang sobat pilih punya elemen layot yang berbeda, dan sobat bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan, misal menambahkan widget artikel terbaru atau menambahkan widget banner atau iklan.

Caranya mudah, sobat pilih menu Layout atau Tata Letak di bagian sisi kiri. Nantinya Sobat akan ditampilkan dengan halaman seperti di bawah ini.

Cara atur tata letak blogger

Di sini sobat dapat menambahkan widget yang akan tampil di halaman blog, misalnya sobat bisa menambahkan kotak pencarian atau memindahkannya dengan cara drag drop dengan sangat mudah.

Jika ingin melihat hasilnya, silahkan sobat klik preview terlebih dahulu yang ada dipojok kanan bawah, jika sudah sesuai dengan keinginan silahkan klik save yang juga berada di sebelah menu preview.

Agar Blogspot Mudah Diindex atau Ditemukan Dimesin Pencari

Nah jika sobat sudah mengetahui cara membuat blogspot sampai dengan ke tahap pembuatan konten artikel, sekarang saatnya membuat blog yang sobat buat mudah terindex atau ditemukan di mesin pencari.

Pertama sobat wajib mengaktifkan menu dapat diakses mesin penelusur di blogger, caranya sobat masuk ke menu setelah dan cari menu “Dapat Diakses mesin penelusur” lalu aktifkan (lihat di gambar).

cara membuat blogger dapat diindex mesin pencari

Jangan lupa juga untuk isi deskripsi dari blog yang sobat buat, dan masukan kata kunci yang sobat targetkan untuk dapat menemukan blog yang sobat buat di mesin pencari Google.

Pastikan juga sobat mengaktidkan SSL atau https:// pada url blog yang sobat miliki karena ini menjadi salah satu faktor blog dapat mudah dicari di mesin pencari, caranya masih ditempat yang sama silahkan sobat scroll dan temukan menu HTTPS dan aktifkan.

Jika sudah langkah selanjutnya adalah submit blog sobat untuk dimasukan ke Google Webmaster.

Submit Blogspot ke Google Webmaster

Nah Google Webmaster atau disebut Google Search Console adalah alat yang disediakan oleh Google untuk para publisher agar website mereka lebih mudah ditemukan di search engine.

Jadi Sobat wajib banget untuk memasukan blog yang sudah sobat buat di Webmaster ini, agar blog sobat akan semakin mudah ditemukan di mesin pencari.

Caranya mudah kok sob, silkahkan masuk ke halaman websitenya https://search.google.com/search-console/welcome nantinya sobat akan menemukan dua pilihan form seperti gambar di bawah ini.

Silahkan pilih yang bagian kanan karena Sobat menggunakan url blogspot, masukan url blog sobat ya! dan klik Lanjutkan.

Setelah proses verifikasi kepemilikan berhasil, Sobat akan di suguhkan dengan tampilan opip kepemilikan dan klik buka properti seperti gambar di bawah ini.

Sobat akan dialihkan ke dalam dashboard Google webmaster, seperti pada gambar di bawah ini.

Google webmaster

Dan Langkah terakhir adalah memasukan sitemap dari blog yang sobat miliki. untuk blogspot sitemapnya memili url dengan bagian belakang ditambahkan dengan atom.xml jadi seperti ini https://sobatbelajarblog.blogspot.com/atom.xml silahkan urlnya diganti dengan url blog yang sobat miliki.

Untuk memasukan sitemap silahkan sobat klik menu peta situs yang ada dibagian sisi kanan, atau lihat pada gambar berikut ini.

Nah pada lingkaran yang lebih besar sobat isa memasukan peta situs yang sobat miliki dibagian tersebut. masukan saja dengan atom.xml dan klik Kirim.

Tunggu sampai prosesnya selesai ya. Jika blog sobat sudah ada kontennya maka seharusnya tidak ada notifikasi error dan muncul notifikasi sukses seperti gambar di bawah ini.

Nah Blog sobat sekarang akan lebih mudah ditemukan di mesin pencari, dan selama sekarang saatnya sobat memperbanyak konten agar mendapatkan banyak visitor.

Untuk mendapatkan lebih banyak visitor, kami sarankan sobat untuk berlajar tentang SEO atau Search Engine Optimalisasi, ini adalah salah satu cara untnuk dapat menjadi top nomor 1 di mesin pencari.

Akhir Kata

Bagaimana apakah Sobat tertarik mencoba cara membuat blogspot yang sudah kami jabarkan di sini, jika tertarik jangan lupa submit di Google webmaster agar website sobat terindex di mesin pencari Google ya.

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tanyakan di halaman komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.