Mengalami WhatsApp Eror ? Berikut Cara Mengatasinya dengan Benar

WhatsApp eror

Sering mengalami WhatsApp Eror ? Jangan panik dulu! karena kami akan mengulas berbagai cara mengatasi aplikasi WA eror.

Siapa sih yang tidak kenal WhatsApp, sekarang sudah menjadi aplikasi chatting populer dan setiap orang sudah hampir memilikinya.

Tapi ya namanya aplikasi, kadang suka eror termasuk juga WhatsApp yang mengalami crash sehingga muncul pesan eror, seperti tidak bisa terhubung ke layanan WhatsApp dan juga tidak bisa mengirim pesan.

Dan WhatsApp eror yang sering terjadi adalah aplikasi WA tersebut tidak bisa dibuka, dan ini sangat menyebalkan karena WA sudah menjadi alat komunikasi yang penting sekarang ini.

Nah untuk itu kami akan share tips cara mengatasi WhatsApp Eror yang kami dapatkan dari sumber Android Authority.

eror whatsapp

Tutup Aplikasi dan Buka kembali

Langkah paling awal mengatasi kendala Whatsapp eror adalah dengan menutup terlebih dahulu aplikasinya, selanjutnya Sobat bisa membukanya kembali.

Pada umumnya semua aplikasi termasuk WA dapat berjalan dengan baik ketika ditutup terlebih dahulu, karena aplikasi akan memuat ulang sehingga eror dapat teratasi.

Update / Perbarui Aplikasi WhatsApp

Langkah selanjutnya jika tutup buka aplikasi tidak menyelesaikan masalah, cek terlebih dahulu apakah WhatsApp mendapatkan pembaharuan terbaru.

Jika ternyata ada pembaharuan, silahkan Sobat untuk perbaharui, karena langkah ini biasanya akan sangat ampuh mengatai WhatsApp yang eror.

Pada dasarnya pada saat aplikasi melakukan update, update kasih tersebut mendapatkan perbaikan bug yang ada, yang bisa menjadi salah satu penyebab eror.

Restart HP

Langkah selanjutnya, Sobat juga bisa melakukan muat ulang atau restart HP yang digunakan. Dengan melakukan restart aplikasi juga akan melakukan refresh ulang sehingga bisa mengatasi masalah eror.

Periksa Jaringan Internet

Jika Sobat mengalami eror WhatsApp yang tidak dapat terhubung, sebaiknya sobat cek terlebih dahulu internet yang ada, karena ini merupakan salah satu penyebabnya. Jika menggunakan data internet dari provider, Sobat bisa mencoba menggunakan jaringan WiFi.

Jika ternyata mengguankan WiFi WhatsApp bisa digunakan, permasalahannya ada pada jaringan internet profider yang mengalami gangguan.

Hapus Data Cache WhatsApp

Salah satu penyebab WhatsApp eror juga bisa karena data cache WhatsApp yang kepenuhan, jadi harus di hapus untuk dapat mengilangkan pesan eror pada aplikasi.

Untuk dapat menghapus data cahce WhatsApp, Sobat bisa melakukannya dengan dua cara berbeda. Jadi Sobat bisa memilih salah satunya dari caranya sebagai berikut.

Hapus Cache Melalui Aplikasi WhatsApp

  1. Pertama buka Aplikasi WhatsApp.
  2. Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas.
  3. Pilih ‘Setelah’.
  4. Pilih Menu ‘ Penyimpanan dan Data’.
  5. Pilih ‘Kelolah penyimpanan’.
  6. Dan klik tanda ‘>’ dibagian akan untuk menghapus sekaligus, dan klik tanda tempat sampah di pojok kanan atas.

Dengan cara ini akan menghapus data yang ada di WhatsApp yang sobat miliki, tapi pastikan juga sobat sudah melakukan backup agar tidak kehilangan data penting.

Hapus Cache Melalui Pengaturan HP

Nah jika Sobat tidak dapat masuk ke aplikasi WhatsApp, Soba juga bisa menghapus cache WhatsApp melalui pengaturan Hp. Caranya sebagai berikut:

  1. Mauk ke pengaturan Hp.
  2. Pilih ‘Aplikasi’.
  3. Masuk ke menu ‘Kelola Aplikasi’.
  4. Cari aplikasi WhatsApp,
  5. Klik ‘Penyimpanan’.
  6. Ketuk ‘Hapus Data’.
  7. Pilih ‘Bersihkan Cache’.

Dan sekarang sobat bisa mencoba membuka aplikasi WhatsApp kembali, nantinya jika sobat berhasil membuka WA, sobat diharuskan login kembali.

Uninstal dan Instal Lagi WhatsApp

Nyatanya dari cara di atas ternyata aplikasi WhatsApp masih eror , Sobat bisa unisntal aplikasi WhatsApp terlebih dahulu dan mencoba menginstalnya kembali.

Cek Apakah HP Masih kompetibel

Seperti yang kita ketahui, beberapa waktu lalu WhatsApp mengumumkan beberapa hp yang sudah lawas sudah tidak dapat menggunakan aplikasi WhatsApp untuk digunakan, jadi jika cara-cara di atas ternyata tidak dapat menghilangkan eror pada WA, ada baiknya sobat cek lagi apakah HP Sobat masih kompetibel menggunakan WhatsApp.

Karena jika sudah tidak kompetibel artinya sobat harus mengganti HP dengan yang lebih baru lagi.

Akhir Kata

Jadi bagaimana, apakah Sobat sudah mendapatkan cara terbaik mengatasi WhatsApp Eror? Jika Sobat punya cara yang paling ampuh yang belum kami jabarkan di sini, sobat bisa berbagi melalui kolom komentar di bawah ini.

Beberapa waktu lalu kami sudah membahas aplikasi mod WA, yaitu WhatsApp Plus, Siapa tahu Sobat bisa mendapatkan informasi baru di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.