Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp (WA)

Share Lokasi Lewat WhatsApp

Jika Sobat adalah pengguna WhatsApp, sebenarnya Sobat bisa memanfaatkan beragam fitur yang mengagumgkan di aplikasi ini. Salah satunya adalah Share lokasi lewat WhatsApp atau biasa disebut dengan WA.

Cara Share lokasi lewat WhatsApp ini sangat mudah dilakukan, jadi kami kira sudah banyak orang yang sudah tahu melakukannya, tapi memang masih banyak juga yang belum mengetahuinya.

Share lokasi WA ini memiliki banyak kegunaan dan menguntungkan penggunanya. Misalnya Sobat ingin bertemu dengan teman di suatu tempat, Sobat bisa berbagi lokasi secara realtime sehingga Sobat dan teman bisa saling memantau sudah sampai dimana masing-masing pengguna tersebut.

Atau jika teman sobat ingin berkunjung ke tempat sobat, dengan fitur share lokasi WA semua dapat dengan mudah membagikan lokasi tempat tinggal atau bahkan membagikan lokasi saat ini.

Tanpa berlama-lama Min droidp akan membagikan beberapa cara Share lokasi lewat WhatsApp dengan mudah, jadi Sobat bisa langsung mengikuti setiap langkahnya saja.

Mengaktifkan fitur Share Lokasi di WA

Nah sebelumnya Sobat wajib nih mengaktifkan fitur share lokasi di WA terlebih dahulu sebelum menggunakan fitur lainnya.

Nah untuk mengaktifkannya sebenarnya sobat hanya perlu masuk ke pengaturan guna mengijunkan aplikasi WhatsApp dapat mengakses lokasi perangkat, caranya cukup mudah Sobat masuk ke pengaturan >> Aplikasi >> Pilih Aplikasi WhatsApp.

Kemudian masuk ke menu Izin, dan klik Lokasi, kemudian berikan izin WhatsApp untuk dapat mengakses lokasi dari perangkat yang Sobat gunakan.

Jika Anda takut untuk memberikan izin share lokasi pada aplikasi WhatsApp, Sobat bisa tetap menonaktifkan, tapi Sobat tidak dapat menikmati fitur berbagi lokasi yang ada di aplikasi WA tersebut, karena izin ini wajib diaktifkan untuk dapat menggunakan fitur tersebut.

Cara Share Lokasi Terkini (Live)

Jika Sobat sudah memberikan izin lokasi untuk aplikasi WhatsApp, sekarang Sobat sudah bisa melakukan share lokasi di WA, salah satu caranya dengan cara share lokasi terkini (live).

Fitur ini akan mempermudah sobat share lokasi dimana sobat berada, dan ketika sobat berpindah tempat lokasi akan berubah posisi secara realtime. Jadi kalau janjian dengan kerabat ini sangat bisa diandalkan.

Apalagi kalau mau sadap WA pasangan tentu share lokasi terkini bisa menjadi salah satunya yang bisa Sobat andalkan.

Fitur Share lokasi WA live ini hanya bisa digunakan di aplikasi Android dan iPhone, karena belum bisa digunakan di versi Website. Caranya sebagai berikut.

cara Share lokasi WhatsApp terkini Live
cara share lokasi WA realtime
  1. Buka WhatsApp dan pilik kontak yang ingin di chat, tau bisa juga dengan membagikan share ke Group.
  2. Terus Sobat buka lampiran atau icon penjempit kertas yang ada di kanan bawah.
  3. Kemudian sobat pilih Menu Lokasi.
  4. Dan pilih berbagi lokasi terkini.
  5. Kemudian pilih durasi berapa lama sobat akan membagikan lokasi sobat secara live tersebut, ada pilihan durasi 15 menit sampai 8 jam.
  6. Jika perlu Sobat bisa menambahkan keterangan dan klik kirim.

Cara share lokasi WA realtime atau Live ini berlaku untuk HP Android dan juga iPhone iOS.

Dengan menggunakan share lokasi ini, penerima lokasi akan bisa melihat keberadaan sobat secara realtime, jadi ketika sobat berpindah tempat mereka akan mengetahuinya.

Nah untuk berhenti berbagi lokasi secara realtime atau live, Sobat hanya perlu ketuk berhenti berbagi yang ada di pesan berbagi lokasi yang sudah sobat bagikan, sangat mudah bukan?

Jika Sobat membagikan berbagi lokasi live di WA ke banyak kontan, sobat bisa menghentikan berbagi lokasi tersebut sekaligus, caranya buka aplikasi WA >> Masuk ke setelan > Akun > Privasi > Lokasi Terkini > Berhenti Berbagi.

Cara Share Lokasi Saat ini Lewat WhatsApp

cara Share lokasi WhatsApp saat ini

Jika sobat tidak ingin berbagi lokasi WA secara realtime, Sobat bisa berbagi lokasi saat sobat membagikan lokasi tersebut saja. Caranya cukup mudah :

  1. Buka Whatsapp.
  2. Buka chat teman ataupun group yang ingin Sobat bagikan lokasi dimana sobat berada.
  3. Kemudian pilih lampiran, lalu pilih Lokasi, kemudian Kirim lokasi Sobat saat ini.

Kurang lebih Sobat bisa melihat gambar yang sama seperti cara kirim lokasi secara realtime.

Cara Berbagi Lokasi Tempat Apapun Melalui WA

Selanjutnya Sobat juga bisa berbagai lokasi apapun melalui WA, misal sobat ingin berbagi lokasi kafe yang menjadi titik kumpul bersama teman.

Caranya juga cukup mudah, sobat bisa melalui menu lampiran yang sama seperti cara berbagi lokasi yang sudah disebutkan di atas, kemudian pilih lokasi dan pilih daftar lokasi bisnis terdekat, lokasi tersebut harus sudah terdaftar oleh Google Maps ya.

Nah Sobat juga bisa berbagi melalui Google Maps terlebih dahulu, mencari titik lokasinya dan klik share berbagi lokasi kemudian pilih WhatsApp dan bagikan ke group ataupun pribadi ke salah satu kontak saja.

Jika Sobat mengalami WhatsApp eror ketika berbagi lokasi, cek terlebih dahulu apakah sobat sudah mengaktifkan berbagi lokasi untuk aplikasi WA, karena ini bisa menjadi penyebabnya.

Bagaimana Mudah Bukan Berbagi lokasi Melalui WA ?

Bagaimana sobat sudah tahu ya cara berbagi lokasi saat ini ataupun realtime di WhatsApp atau WA dengan mudah ya? Tentu saja fitur ini sangat bermanfaat ketika sobat ingin bertemu dengan seseorang.

Kalau Sobat riskan dengan privasi lokasi yang bisa diambil oleh WhatsApp, sobat bisa mematikan berbagi lokasi untuk aplikasi dengan cara yang sama seperti mengaktifkannya.

Untuk sobat yang sedang ingin mengetahui lokasi seseorang, Kami sudah membagikan cara melacak seseorang di artikel sebelumnya, silahkan sobat bisa membacanya untuk mendapatkan pengetahuan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.