Arti Server, Jenis-jenisnya, dan perannya Terhadap Blog

pengecekan server

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah arti server sebab kehadirannya berperan penting pada jaringan internet dan juga perangkat komputer. Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang belum mengetahui apa sebenarnya server itu.

Bahkan salah satu topik yang banyak dicari di internet yakni berkaitan dengan pengertian istilah tersebut. Agar lebih mengenal apa itu server, cara kerja, jenis-jenis, dan perannya pada blog, pastikan untuk menyimak pembahasan artikel ini sampai akhir.

Server Adalah?

Server adalah

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan server? Jawabannya yaitu sebuah sistem komputer berteknologi canggih yang mampu menerima data resource, serta layanan dari atau ke mesin pendukung lain melalui sambungan Local Area Network (LAN) maupun Wide Area Network (WAN).

Sederhananya server adalah sistem komputer yang berfungsi untuk menyimpan data dan memiliki peran khusus dalam menerima atau mengirimkan data ataupun informasi dari satu perangkat ke perangkat lain.

Pusat pengendalinya merupakan sebuah komputer berteknologi canggih dengan spesifikasi tinggi didukung RAM berukuran besar. Tujuannya yakni untuk menghindari terjadinya error dan dapat mendukung berbagai aktivitas pengguna baik ringan sampai berat sekalipun.

Sebab memiliki fungsi penting, komputer server dikendalikan oleh para ahli dalam bidangnya yang menguasai dan paham perihal pemrograman. Jika tidak, malah bisa memberikan hambatan dan dampak-dampak buruk lain.

Cara Kerja Server

Secara garis besar cara kerja server sendiri sangatlah sederhana yaitu beroperasi sesuai dengan perintah dari penggunanya. Misalnya saja menampilkan hasil pencarian sesuai dengan topik yang diajukan.

Hanya saja perlu diketahui bahwa server ini akan menyajikan data-data sesuai dengan format pemrogramannya. Jadi saat Anda akan menggunakannya, pastikan mengetahui dan menyesuaikan fungsi utamanya agar mendapatkan hasil pencarian yang diinginkan.

Mengingat kegunaan server dalam jaringan sangat penting, perangkat pengendali diharuskan memiliki spesifikasi tinggi. Umumnya sistem operasi server pusat berupa Linux Ubuntu Server atau Window Server.

Fungsi Server

Setelah mengetahui arti server, sebaiknya pahami juga terkait dengan fungsinya. Salah satu tujuannya agar tidak sampai salah dalam pemanfaatannya. Apa saja itu? Ulasan lengkapnya akan dibahas pada poin di bawah ini:

1. Mengatur Transfer Data maupun File

Pada server pusat, dilengkapi dengan kapasitas RAM serta hardisk besar untuk memperlancar transaksi pengiriman atau pengambilan data dan juga file. Dengan begitu pengguna menjadi lebih mudah saat melakukan kegiatannya.

2. Bentuk Perlindungan dari Serangan Hacker

Kecanggihan teknologi bukan hanya memberikan pengaruh baik untuk umat manusia namun juga memberi efek negatif, misalnya saja serangan hacker. Berbicara mengenai dampaknya, bisa dibilang sangat besar dan beresiko merugikan.

Dalam hal ini, server memiliki fungsi perlindungan terhadap serangan hacker dari berbagai jenis. Cara kerjanya yakni sistem akan mendeteksi alamat IP klien, apabila ditemukan keanehan maka akan langsung diblokir atau mencegah akses data-data penting yang diminta.

3. Mengatur Trafik Data

Program pusat disetting dapat bekerja dengan memberikan tanggapan dan mengidentifikasi permintaan pemohon dengan syarat utamanya yaitu perangkat klien harus diberikan izin terlebih dahulu. Hal ini sebagai bentuk menjaga keamanan data-data penting dari penyalahgunaan.

4. Penyimpanan Data Digital

Server berperan penting dalam menyimpan data penting penggunanya dalam berbagai bentuk. Nantinya data tersebut akan dimunculkan ketika pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci terkait.

Jenis Jenis Server

Bukan hanya satu, jenis server yang ada saat ini terbilang sangat banyak menyesuaikan tuntutan perkembangan teknologi terkini. Penjelasan lebih lengkapnya akan diulas pada pemaparan berikut:

1. File Server

Sesuai namanya, file server merupakan perangkat komputer yang bertanggung jawab dalam pengelolaan file dan penyimpanan pusat. Dengan adanya jenis ini, maka pengguna lebih mudah dalam menemukan data yang dicarinya tanpa memerlukan waktu terlalu lama.

2. Blade Server

Di dalamnya terdapat beberapa papan sirkuit elektronik berbentuk modular tipis atau lebih dikenal dengan sebutan blade server. Perlu diketahui bahwa setiap blade memiliki sistem tersendiri yang didesain khusus untuk menjalankan program suatu aplikasi.

3. Database Server

Tentu Anda sudah bisa menebak terkait fungsi dari database server ini, ya benar untuk menampung satu atau lebih data dari penggunanya. Mengenai keamanannya, sudah didukung dengan program khusus sehingga hacker akan kesulitan mengambil datanya.

4. API Server

Jenis server ini mengedepankan segi fungsionalitas, untuk itu umumnya digunakan pada perangkat lunak lain. API sendiri merupakan kepanjangan dari Application Programming Interface.

5. Policy Server

Bagian ini adalah komponen keamanan yang berasal dari jaringan policy based. Server ini menyediakan layanan otorisasi sekaligus memfasilitasi pengguna untuk melakukan pelacakan ataupun pengontrolan file-file penting miliknya.

6. Game Server

Fungsi utama dari server jenis ini adalah menjadi pusat pengendali dari gameplay ataupun elemen sosial lainnya. Oleh karenanya, jika Anda ingin membuat suatu game maka menggunakan jenis game server untuk mendukung programnya.

7. System Service

Programnya mendukung pengguna untuk melakukan perhitungan, otomatisasi, dan sistem lainnya. Biasanya, server tersebut digunakan dalam layanan mikro.

8. Print Server

Dengan memanfaatkan print server, Anda bisa mengakses satu atau lebih printer yang terhubung dengan suatu perangkat. Sistem kinerjanya bertindak sebagai antrian saat pengguna akan mencetak file berupa gambar maupun teks.

9. Name Server

Tugas dari server ini adalah untuk menyimpan dan mencari alamat website. Melihat fungsinya, name server digunakan dalam jaringan global seperti halnya internet.

10. Mail Server

Bagian ini memiliki fungsi sebagai sebagai penerima email masuk baik dari orang-orang dalam domain atau perorangan tergantung dari penempatannya. Mail server sendiri dapat digunakan untuk transaksi jarak jauh menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet.

11. Application Server

Pemanfaatan application server adalah untuk menghubungkan antara database utama dengan mesin pengguna. Program ini disebut juga dengan middleware. Bukan hanya itu sistem server jenis ini juga menyediakan layanan aplikasi untuk smartphone.

Apakah Blog Menggunakan Server ?

Server

Membahas jawabannya Anda perlu mengetahui apa sebenarnya blog itu, singkatnya blog adalah sebuah platform yang bisa digunakan oleh para pengaksesnya untuk memposting berbagai bentuk tulisannya. Biasanya juga diberikan gambar untuk menjelaskan suatu pembahasan atau penambah daya tarik.

Lalu apakah blog terhubung dengan server? Jawabannya adalah ya. Dari pengertian yang telah dijelaskan bisa ditarik kesimpulan bahwa blog dapat menyimpan data pengguna yang kemudian bisa diakses kembali baik oleh pemilik akun atau user lain.

Melihat dari sistem kerjanya, blog menggunakan server database yang menyimpan data-data dari penggunanya. Untuk mengaksesnya, diperlukan koneksi internet dengan kecepatan stabil agar tidak sampai mengalami gangguan atau gagal memuat.

Penjelasan penting mengenai server di atas perlu diketahui supaya jika nantinya menggeluti bidang-bidang terkait tidak kebingungan lagi. Apalagi saat dihadapkan dengan berbagai jenis yang telah tersebar dan digunakan secara luas seperti pada penjelasan terkait dengan jenis-jenisnya.

Selain itu jika Sobat tertarik untuk membuat blog, sebelumnya kami sudah membahas cara membuat Blogspot agar sobat bisa membuatnya dengan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.