10 Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Pelajar

laptop terbaik untuk pelajar

Jaman sekarang pelajar sudah bisa dibilang wajib memiliki perangkat laptop untuk menunjang aktivitas belajarnya, karena laptop sudah menjadi salah satu fasilitas belajar, terlebih adanya School From Home (SFH) ketika masa pandemi, dan mengharuskan belajar mengajar melalui video conference salah satunya dengan zoom.

Untungnya, saat ini sudah banyak merk laptop yang menawarkan harga yang terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah, Jadi tidak perlu kawatir dengan harga laptop yang mahal, karena sekarang sudah banyak pilihan.

Nah untuk mendapatkan laptop terbaik untuk pelajar, kami akan merekomendasikan merk laptop populer seperti Asus, HP, Acer dan lainnya di dalam artikel ini yang tujuannya untuk mempermudah sobat mendapatkan laptop terbaik sesuai kebutuhan.

Tips Memilih Laptop Untuk Pelajar

Sebelum masuk ke daftar rekomendasi laptop terbaik, kami jabarkan beberapa tips memilih laptop yang memang di khususkan untuk pelajar. Sebelum Sobat benar-benar membelinya, tips ini sangat berguna untuk sobat memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah tipsnya:

Sesuaikan CPU dengan Kebutuhan

Sekarang ini ada banyak Central Processing Unit (CPU) atau disebut sebagai chip prosesor yang merupakan otak dari laptop yang menjadi pilihan. Chip yang umum beredar di pasaran adalah Intel dan AMD, masing-masing chip ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pelajar.

Nah biasanya standar pelajar SD, SMP dan SMA sudah cukup menggunakan prosesor intel core i3 atau setara, karena chip ini mampu menjalankan software ringan seperti Office dan lainnya secara multitasking.

Sedangkan untuk pelahar SMK jurusan IT bisa menggunakan Intel Core i5 atau setara karena software pemrograman sedikit lebih berat sehingga membutuhkan performa CPU yang lebih tangguh.

Sementara untuk jurusan Multimedia, diharuskan menggunakan spek CPU yang tinggi seperti menggunakan Intel Core i7 atau AMD Reyzen setara karena kebutuhan software yang berat banyak dijumpai di jurusan ini.

Sesuaikan Spesifikasi Utama

Selain CPU ada beberapa spek yang wajib banget dipertimbangkan juga, misalnya RAM yang berfungsi sebagai penyimpanan data sementara saat laptop dioprasikan. Tentu semakin besar RAM laptop akan mampu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus atau multitasking dengan lancar.

Standarnya Laptop jaman sekarang sudah dibekali dengan RAM 4 GB, dengan kapasitas ini sudah cukup digunakan pelajar, tapi untuk kebutuhan software yang berat misal untuk multimedia atau IT, lebih baik gunakan RAM 8GB atau lebih tinggi.

Selain RAM ada juga Hard Disk atau SSD. Keduanya punya fungsi yang sama, tapi tentu SSD lebih unggul karena punya kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan HDD (Hard Disk), tak heran jika memilih laptop SSD tentu harganya akan jauh lebih mahal.

Untuk penggunaan laptop pelajar, kami kira menggunakan HDD sudah cukup diakomodasi, kecuali untuk beberapa jurusan di sekolah SMK, jadi pertimbangkan lagi kebutuhannya ya.

Daya Tanah Baterai

Selanjutnya Sobat harus mempertimbangkan daya tahan baterainya, Nah ini bisa disesuaikan dengan berapa lama anak belajar, misal anak belajar sehari itu 6 jam, jadi pilihlah laptop dengan daya tahan kurang lebih 6 jam agar tidak menggangu proses belajar.

Ukuran dan Layar

Selain itu Sobat juga wajib mempertimbangkan ukuran laptop dan juga penggunaan layarnya. Ukuran laptop harus mudah dimasukan ke dalam tas, karena perangkat ini akan menjadi perangkat yang akan selalu di bawah.

Sedangkan Layarnya, sebaiknya pilih layar yang sudah Full HD, kenapa? Karena resolusi ini akan memberikan pandangan nyaman ketika harus melihat layar laptop dalam waktu yang cukup lama.

Dilengkapi Kamera Webcam

Yang tidak kalah penting, sobat wajib mempertimbangkan kelengkapan kamera webcam karena tentu saja ada jadwal dimana Anak harus belajar secara daring/online.

Nah itulah tips untuk memilih laptop untuk pelajar, pada intinya Sobat harus menyesuaikan kebutuhan dan juga buget yang tersedia.

10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Pelajar

Nah untuk mempermudah sobat menemukan laptop terbaik untuk pelajar, kami akan memberikan daftar laptop dari berbagai merk di bawah ini, tujuannya agar sobat tidak mengalami kebingungan ketika sedang mencari perangkat tersebut.

Huawei MateBook D14

Huawei MateBook D14

Laptop terbaik untuk pelajar pertama ada Huawei Matebook D14, laptop ini dibandrol dengan harga berkisar di Rp 10jutaan. Performanya dibekali dengan CPU Intel Core i3 yang masih dapat ditingkatkan menjadi i5.

Menariknya laptop ini punya ukuran sangat tips sehingga mudah dibawah dengan tas pelajar. Matebook D14 punya layar 14 inci yang bisa ditegak luruskan 108 derajat dan berbakal RAM 8GB dan penyimpanan sudah menggunakan SSD yang sudah sangat cukup mengakomodasi kebutuhan pelajar.

Selain itu laptop hadir dengan daya tahan baterai yang mencapai 13,2 jam pemakaian. Untuk kebutuhan pelajaran daring, laptop ini sudah dilengkapi dengan kamera.

Fitur lainnya, laptop ini dilengkapi dengan Shark Fin 2.0, Huawei Share, Layar bersertifikat TÜV Rheinland, pembaca sidik jari internal.

Lenovo IdeaPad Slim 3i

Lenovo IdeaPad Slim 3i

Laptop selanjutnya adalah Lenovo IdeaPad Slim 3i yang dijual dikisaran harga 6jutaan. Laptop ini hadir dengan dukungan chipset Intel Celeron yang disandingkan dengan RAM 4GB dan penyimpanan SSD.

Dengan spek ini laptop cocok digunakan untuk pelajar SD dan SMP yang memang kebutuhannya belum terlalu banyak.

Soal layar, laptop hadir dengan ukuran 14 inci dan sudah dibekali dengan Webcam serta terdapat fitur Dolby Audio dan Q control.

Infinix INBook X1

Infinix INBook X1

Siapa bilang Infinix cuma punya produk HP saja, ini buktinya ada Infinix INBook X1 yang masuk jajaran laptop terbaik untuk pelajar, dan harganya cukup murah cuma Rp 7jutaan saja.

Tak tanggung-tanggung Infinix INBook X1 dibuat dengan material alumunium yang ringan, dan laptop ini ditenagai dengan chipset Intel Core i3 yang sudah menggunakan RAM 8GB dan sudah SSD.

Ini sangat tidak masuk akal, karena harganya yang murah bisa mengakomodasi spesifikasi yang sudah bisa dibilang cukup epik dikelasnya.

Menariknya, INBook X1 hadir dengan kapasitas bateria yang cukup bertahan lama yaitu selama 13 jam dan layarnya berukuran 14 inci dapat dibuka hingga 180 derajat.

ASUS Chromebook Flip C214

ASUS Chromebook Flip C214

Nah untuk yang cari laptop terbaik untuk pelajar dengan harga di bawah 5 jutaan, Sobat bisa menggunakan Laptop Chromebook dari ASUS yang dijual di harga 4 jutaan saja.

Ini adalah ASUS Chromebook Flip C214, nah bedanya dengan laptop lain, laptop ini berjalan dengan OS Chromebook yang berbasiskan Android, jangan takut soal aplikasi, karena semua aplikasi yang merupakan kebutuhan pelajar sudah ada dan gratis loh.

Menariknya Flip C214 ini hadir dengan engsel yang dapat dilipat 360 derajat, dan perangkat mendapatkan sertifikasi standar militer MIL-STD-810G yang artinya perangkat punya ketahanan terhadap tetesan air dan benturan fisik.

Selain itu, laptop ASUS Chromebook Flip C214 ini dilengkapi dengan dua kamera, tentu ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Urusan performa, laptop ini hadir dengan chipset Intel Celeron yang disandingkan dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal eMMC, sementara layarnya berukuran 11,6 inci dan kapasitas baterai yang mampu bertahan selama 11 jam.

Dell Inspiron 3505

Dell Inspiron 3505

JIka butuh laptop terbaik pelajar yang harganya bersahabat dengan spek yang tidak tanggung-tanggung, sobat bisa memiliki Dell Inspiron 3505 yang bertenaga chipset AMD Ryzen yang disandingkan dengan AMD Radeon Graphics dan RAM 4GB.

Tapi sayangnya laptop ini masih menggunakan penyimpanan dengan sistem HDD, tapi tak perlu kawatir, karena penggunaan grafis yang cukup baik, laptop ini bisa menampilkan grafis yang sempurna jadi sangat cocok untuk pelajar yang membutuhkan perangkat yang menunjang produktifitas.

Untuk layarnya Dell Inspiron 3505 hadir dengan ukuran 14 inci, sementara harganya berada di kisaran Rp 7 jutaan.

Lenovo ThinkBook 14 IIL

Lenovo ThinkBook 14 IIL

selanjutnya ada laptop Lenovo ThinkBook 14 IIL yang memiliki harga dipasaran sekitar Rp 10 jutaan. Dengan harga yang bisa dibilang cukup merogoh kocek, tentu laptop ini menawarkan pengalaman yang berbeda.

Laptop ini hadir dengan sistem keamanan kelas bisnis, dan hadir dengan dual Drive storage yang memberikan dukungan penuh terhadap pelajar. Laptop hadir dengan dukungan chipset Intel core i3 yang disandingkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan SSD.

ThinkBook 14 IIL mendapatkan layar berukuran 14 inci dan beberapa fitur unggulan seperti; Rapid charge, backlit keyboard, spill-resistant, Buttonless Mylar touchpad, ThinkShutter camera dan fingerprint reader.

HP Laptop 14s-cf2501TX 483R8PA

HP Laptop 14s-cf2501TX 483R8PA

laptop terbaik untuk pelajar selanjutnya adalah HP 14s-cf2501TX 483R8PA yang dijual di harga Rp 10 jutaan.

Menariknya dari laptop ini adalah kemampuan baterainya yang dikatakan mampu bertahan selama 14 jam pemakaian. Untuk performanya seri 14s-cf2501TX mendapatkan dukungan chip prosesor Intel Core i5 yang disandingkan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan SSD.

Fitur unggulan lain pada laptop ini diantaranya sudut pandang layar 178 derajat, mendapatkan speaker ganda dan hadir dengan keyboard backlit dan kamera HD.

Zyrex SKY 232 2021

Zyrex SKY 232 2021

Nah satu ini adalah laptop untuk pelajar dengan harga di bawah Rp 5 jutaan. Perlu disebutkan Zyrex ini adalah produk buatan lokal asli Indonesia, bahkan merk ini sudah ada sejak 1996 dan masih eksis sampai saat ini.

Penggunaan Laptop Zyrex Sky ini cocok untuk pelajar untuk tingkat SD karena laptop didukung dengan chipset Intel Celeron yang disandingkan dengan RAM 4GB dan juga sudah mengemas penyimpanan data SSD.

Zyrex SKY 232 memiliki layar berukuran 14 inci dan memiliki bobot hanya 1,5 Kg dan ini termasuk tidak terlalu berat untuk dibawa-bawa pelajar tingkat pertama tersebut.

Xiaomi Mi Air

Xiaomi MI Air

Xiaomi bukan hanya punya HP yang menarik untuk dimiliki, tapi juga perusahaan ini punya Laptop yang menarik untuk sobat pertimbangkan. Perangkat tersebut adalah Xiaomi Mi Air yang dijual di harga Rp 12 Jutaan.

Harganya memang cukup mahal dari laptop yang sudah kami sebutkan, tapi tentu perangkat ini punya beberapa kelebihan yang tidak ada di laptop lainnya.

Misalnya bahannya terbuat dari full metal dan edgeless glass protection, ini sangat penting jika seorang pelajar menggunakannya, mengingat pelajar masih agak sembrono meletakan barang sehingga laptop ini aman tidak akan tergores.

Walaupun berbahan metal, tapi bobot beratnya masih tetap ringan dan mudah dibawa kemana-mana dengan sebuah tas pelajar karena laptop ini berukuran 13,3 inci saja.

Urusan performanya, Xiaomi mengandalkan Intel core i5 yang disandingkan dengan RAM 8GB dan juga sudah berbekal SSD, spek ini sangat cocok untuk pelajar dengan jurusan multimedia.

Tapi memang ada sedikit kekurangan, laptop ini hanya punya baterai dengan daya tahan hanya 9,5 jam saja, berbeda dengan laptop yang sudah kami bahas yang sudah memiliki daya tahan di atas 10 jam.

Tapi kami rasa di waktu 9,5 jam saja sudah sangat cukup jika digunakan oleh pelajar ya.

Acer Aspire 3 Slim NX.HVVSN.015

Acer Aspire 3 Slim

Laptop pelajar terbaik selanjutnya adalah Acer Aspire 3 Slim, ini juga menjadi laptop yang bisa digunakan untuk pelajar multimedia karena didukung dengan prosesor AMD Ryzen 3 yang disandingkan dengan RAM 4GB dan sudah menggunakan SSD.

Laptop ini hadir dengan ukuran 14 inci yang sudah mendukung teknologi Bluelight shield technology, dan resolution Acer ComfyView™.

Harga Acer Aspire 3 berada dikisaran Rp 7jutaan.

Rekomendasi Laptop Lainnya

Itu tadi adalah daftar laptop terbaik untuk pelajar, sebenarnya masih banyak laptop yang bisa dibilang cocok dijadikan fasilitas untuk belajar, diantaranya adalah :

Nah dari beberapa rekomendasi diatas sobat juga wajib mempertimbangkan segala kebutuhannya sebelum memilih mana yang paling cocok untuk sobat miliki ya

Kesimpulan

Bagaimana menurut sobat tentang daftar rekomendasi laptop terbaik yang cocok banget digunakan untuk pelajar di atas? Lagi-lagi sobat juga harus mempertimbangkan spesifikasi dengan kebutuhan ya.

Semakin membutuhkan software yang berat seperti penggunaan aplikasi multimedia, tentu laptop yang harus digunakan juga harus memiliki spek yang mumpuni, tapi jika untuk mengerjakan tugas sebatas penggunaan office, sobat bisa memilih spek yang standar seperti dengan prosesor core-i3 atau setara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.