Cara Menghilangkan Iklan Pop-up yang Mengganggu di Android [ANTI GAGAL]

  • Whatsapp

Halo sobat AndroidPonsel.com, seperti yang kita ketahui sistem oprasi smartphone Android adalah yang paling banyak digunakan di dunia. Sejak lahirnya Android, para vendor ponsel mulai menggunakan sistem perangkat lunak robot biru ini. Tentu saja dengan banyaknya pengguna, membuat orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan berbagai macam cara untuk dapat menjebol sistem OS ini sehingga dapat merugikan banyak orang dan menguntungkan diri sendiri.

Salah satunya pihak tertentu membuat malware yang dapat menginfeksi Android. Pada umumnya pembuat malware tersebut menyisipkan iklan yang secara tiba-tiba muncul bahkan ketika kita tidak membuka aplikasinya, malware ini dinamakan Adware. Ini memberikan keuntungan pada pembuat malware, karena iklan yang dimunculkan tersebut, tapi tentu saja sangat amat mengganggu sang pemilik handphone. Bahaya malware bukan hanya iklan yang tidak diingikan muncul tapi juga dapat melakukan pencurian data.

Oh ia sob, tapi jangan panik dulu ya jika ada iklan yang sering muncul di ponsel kamu, karena selain dari virus yang memunculkannya, ada beberapa aplikasi yang memang sengaja membuat iklan muncul lebih sering dan ditempat yang tidak seharusnya, karena sang pemilik aplikasi ingin mendapatkan pundi-pundi uang yang berlimpah namun tidak melihat kenyamanan sang pengguna.

Baca juga:

Bedanya kemunculan iklan karena Adware dan aplikasi bandel

 

  1. Adware : Biasanya disebabkan karena Sobat pernah meng-klik tautan (Link) yang tidak jelas asalnya dari internet, atau mendownload apk mod yang memang tidak jelas keamanannya pada akhirnya membuat iklan-iklan tertentu muncul di ponsel Sobat.
  2. Aplikasi Bandel : Ada beberapa aplikasi yang bandel berjalan tanpa kita ketahui (Aplikasi Background Services), kemudian memunculkan iklan di beberapa waktu tertentu walaupun kita tidak membuka aplikasi tersebut.

 

Bagaimana Cara Menghilangkan Iklan Pop up di Aplikasi yang Bandel ?

Untuk mengatasi cara nomer 2 atau Aplikasi yang bandel berjalan di Background Service dengan sendirinya, ini lebih mudah dibandingkan cara nomer 1. Sobat hanya perlu mencari dan mengingat ingat aplikasi mana yang memicu kemunculan iklan. Jika lupa aplikasi mana yang terakhir kalian instal sobat bisa melihatnya di Google Play Store.

Caranya :

  1. Buka Google Play Store
  2. Klik Aplikasi & Game Saya
  3. Klik Koleksi
    Pada bagian ini sobat dapat mengatur aplikasi mana saja yang baru-baru ini di instal, dengan begitu sobat bisa mengetahui apps mana yang memicu munculnya iklan yang tidak diinginkan.

Jika sudah mengetahuinya, sekarang sobat harus melakukan force close sebelum menguninstalnya, karena sayang kalau ternyata sudah diuninstal tapi iklan masih tetap muncul.

Jika sobat sudah menemukan aplikasi yang menjadi pemicu iklan muncul secara tiba-tiba, sebaiknya langsung uninstal saja ya! Dengan begitu iklan yang muncul ditempat yang tidak seharusnya sudah tidak muncul kembali.

Bagaimana Cara Menghilangkan Iklan Pop up Karena Adware ?

Jika cara pertama diatas iklan pop-up masih muncul, ada kemungkinan smartphone yang Sobat miliki terkena Adware.
Ada beberapa tanda-tanda handphone terkena Adware, diantaranya:
  • Saat membuka aplikasi yang benar-benar gratis alias tanpa adanya iklan pihak ke-3 seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, SMS dan sejenisnya;
  • Saat berada di Homescreen;
  • Saat smartphone berada di mode sleep;
  • Saat membuka gallery;
  • Sering muncul peringatan pop up palsu (fake);
  • Smartphone terasa lemot dan cepat panas;
  • Penggunaan kuota internet yang boros tanpa sebab;
  • Beberapa aplikasi sering menutup sendiri (force closed), padahal sebelumnya tidak;
  • Sering terpasang aplikasi secara otomatis tanpa sepengetahuan kamu;
  • Baterai jadi lebih boros dari biasanya;
  • .. dan sejenisnya.

Ada pun beberapa aktivitas yang bisa membuat smartphone bisa terkena Adware:

  1. Mengklik notifikasi palsu (fake)
    Biasanya ini didapati ketika sedang browsing, tiba-tiba muncul pop-up yang menunjukan bahwa handphone yang digunakan terkena virus, selain itu biasanya notifikasi tersebut mengeluarkan bunyi yang cukup membuat kita panik (jika belum mengetahuinya). Jika sobat mendapati ada notifikasi tersebut sebaiknya jangan mengikuti instruksi untuk menekan OK ya! Contoh notifikasi:
  2. Mengklik link atau tautan dari sumber yang tidak bisa dipercaya/tidak valid.
    Biasanya link ini secara masif disebarkan melalui aplikasi chatting dalam hal ini adalah WA, isi pesan tersebut berupa promo yang sangat tidak masuk akal atau iming-iming hadiah yang mudah didapatkan dan menyisipkan link untuk dikunjungi. Sebaiknya harap berhati-hati terhadap pesan sejenis ini ya Sob.
  3. Mengklik Link Download yang salah
    Pasti dan sangat banyak blog yang menyajikan konten download memiliki halaman yang sangat membingungkan, apalagi ketika kita hendak mengklik link download pada laman tersebut. Biasanya pada laman tersebut ada beberapa kata “Download” dan salah satu diantaranya adalah link yang sebenarnya, sisanya adalah link “iklan” yang mengarahkan Sobat untuk memasang aplikasi tertentu.

Dari ketiga aktivitas diatas sebaiknya Sobat harus lebih berhati-hati ya! Namun jika sudah terlanjut handphone yang sobat miliki terkena Adware, berikut adalah cara menghilangkan dan mengantisipasi Iklan Pop Up yang disebabkan oleh Adware:

  1. Segera lakukan Scanning dengan Dr.Web Security Space 
    Langkah pertama sobat bisa memasang aplikasi dan melakukan scanning dengan Antivirus Dr.Web Security Space. Sobat bisa mengunduh aplikasinya di Google Play Store secara gratis [Unduh Dr.Web].

    Pengalaman dari sumber, sudah berhasil menghilankan iklan pop-up di Samsung J5 hanya menggunakan apps versi gratis-nya saja.

  2. Aktifkan Google Play Protect
    Apa itu Play Protect?
    Fitur ini disediakan oleh Google Play Store untuk memindai aplikasi sebelum dipasangkan di smartphone. Sehingga sebelum aplikasi terpasang, Google Play Store sudah melakukan pengecekan apakah Apl tersebut aman untuk digunakan dan malware dan virus akan lebih sulit menyusup.Play Protect ini bekerja mirip seperti AntiVirus android pada umunya, cuma bedanya Antivirus bekerja di dalam ponsel, sementara proteksi dari Google Play Store bekerja dengan mengamankan aplikasi sebelum terpasang ke smartphone kamu.Cara Mengaktifkan Play Protect
    – Pertama Sobat harus membuat aplikasi Google Play Stroe dan kemundian masuk ke Play Protect.

    -Setelah itu aktifkan bagian “Pindai ancaman keamanan di perangkat” dan “Tingkatkan deteksi aplikasi berbahaya”.

    Cara Menghilangkan Iklan Pop Up yang Mengganggu di Android [ANTI GAGAL]

  3. Nonaktifkan notifikasi Pop-up pada Google Chrome.
    Langkah ini untuk mengantisipasi iklan pop-up ketika sobat sedang browsing. Caranya:
    – Buka Aplikasi Chrome
    – Masuk ke Settings;
    – Pilih Notifications;
    – dan nonaktifkan Notifications.
    Dengan begitu semua notifikasi pop-up pada browser akan dinonaktifkan dan tidak akan menggangu sobat ketika “berselancar” di Internet.
  4. Menghapus aplikasi yang dicurigai memunculkan iklan/adware.
    Langkah ini sama seperti langkah mengetahui aplikasi yang bandel di atas. Sobat harus melakukan cek aplikasi mana yang terakhir terpasang di Handphone sebelum iklan pop-up muncul.
  5. Langkah Pilihan Terakhir Factory Reset
    Langkah ini bisa Sobat lakukan jika memang setiap cara diatas tidak memberikan solusi untuk menghilangkan iklan yang mengganggu. Tentunya langkah akhir ini yang paling ampuh namun dengan resiko yang tinggi. resikonya adalah:- Jika ponsel gagal melakukan factory reset, perangkat akan bootloop dan tidak dapat masuk atau stuck pada logo Android
    – Cara ini akan menghapus seluruh data (foto dan vidio) dan aplikasi yang sudah Sobat instal sebelumnya. Jadi sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu.

Cara Backup & Reset di Android:

 

  • Masuk ke Settings;
  • Cari Backup & Reset.
  • Lakukan Backup terlebih dahulu setelah setelah selesai
  • Pilih Factory data reset dan ikuti langkah selanjutnya
  • Nantinya handphone Sobat akan melakukan reboot dan memulai pengaturan ulang.

 

Cara Menghilangkan Iklan di Android

JIka cara diatas masih belum memberikan solusi, ada indikasi bahwa hp Android sobat sudah sangat akut terkena malware. Tapi jangan putus asa untuk melakukan reset, karena kalian bisa mencoba melakukan beberapa cara lainnya yang biasa saja akan membuahkan hasil. Beberapa cara sebenarnya sudah kami jelaskan di atas, tapi kami akan memberikan penjelasan rangkumannya di bawah ini.

Menghilangkan Iklan di Google Chrome

Pengguna HP android tentu sudah mendapati aplikasi Google Chrome sebagai bawaan, ya karena mayoritas ponsel Android dilengkapi dengan browser buatan Google tersebut. Dari Chrome ini kita bisa menghilangkan iklan yang menggangu lho. Cara; kalian harus membuka aplikasi Chrome dan buka settingannya dengan cara klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas, setelah itu pilih menu setting.

Setelah terbuka, scroll ke bawah dan cari opsi Pop-ups and Redirects. Klik untuk menonaktifkannya sampai menu tersebut menjadi warna abu-abu. Ini berfungsi untuk melakukan blockir terhadap iklan pop-up.

Selain itu pengguna Chrome juga bisa memblokir iklan di situs tertentu, cukup pilih opsi ads yang ada di bawah menu Pop-ups and Redirects. Kemudian kalian klik hingga berwarna abu-abu, dan iklan sudah secara otomatis terblokir.

Seperti yang sudah kami sebutkan di bagian atas, di google chrome kita dapat menonaktifkan notifikasi dari situs tertentu. Masih di menu Site Settings, cari opsi Notifications. Kemudian klik hingga berwarna abu-abu dan ada keterangan Blocked.

Cara Menghilangkan Iklan dengan Aplikasi

Adguard
Aplikasi Adguard untuk menghilangkan iklan di HP Android

Cara mengihilangkan iklan di Android berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Sobat bisa menggunakan aplikasi pihak ke-tiga bernama Adguard Content Blocker yang bisa di unduh di Google Play Store a tau bisa mendownloadnya di situs pembuatnya di Adguard. Aplikasi ini gratis untuk kalian gunakan tapi dengan versi terbatas hanya bisa digunakan menghilangkan iklan di browser. Sedangkan iklan yang ada di aplikasi kalian harus menggunakan versi berbayarnya.

Kalian tidak perlu melakukan root pada HP Android untuk menggunakan AdGuard, karena aplikasi ini bisa bekerja di mode VPN. Mantap bukan? Silahkan coba ya!

Cara Menghilangkan Iklan dan Malware

Langkah terakhir jika HP Android kalian terkena aplikasi yang membawa malware adalah dengan menghapus aplikasi bermasalah. Cara ini agak sedikit ribet, yaitu dengan cara menghapus aplikasi dengan masuk melalui safe mode. Cara untuk masuk ke safe mode (tidak semua HP memiliki cara yang sama) dengan menekan tombol power dan tahan opsi power off di layar untuk melakukan restart HP dan masuk ke safe mode. Setelah itu kalian uninstal satu per satu aplikasi yang dirasa mencurigakan. Ingat satu persatu ya, setelah instal sebaiknya restart HP dan cek apakah iklan masih muncul atau tidak. Jika iklan tidak muncul berarti aplikasi itu adalah penyebabnya, tapi jika iklan masih tetap mucul kalian harus menghapus aplikasi lain dan mengulanginya kembali sampai menemukan aplikasi mana yang menjadi penyebabnya.
Jika sudah menemukan penyebab dan aplikasi yang bandel, kalian bisa langsung mengaktifkan Fitur Play Protect seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Kalian bisa ikuti langkah-langkahnya tersebut.
Bagaimana sudah menemukan Solusinya menghilangkan iklan pop-up di Android? Ingat jangan lupa melakukan backup sebelum melakukan langkah mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik ya!

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini