Berita  

Cara Cek Sinyal TV Digital dan Tips Mendapatkan Banyak Channel TV

Sinyal TV Digital

Seperti yang sudah kita ketahui, mulai dari tanggal 3 November 2022, pemerintah sudah secara resmi menghentikan sinyal TV analog dan beralih ke digital. Nah untuk itu sobat wajib banget mengetahui cara cek sinyal TV Digital agar mengetahui di wilayah yang ditinggali mendapatkan banyak channel TV.

Kebijakan pemerintah mengganti sinyal TV Analog ke Digital memang langkah yang cukup dramatis, dan nyatanya masih ada beberapa channel Televisi yang masih mengaktifkan sinyal analog, tapi kedepannya semua channel pasti hanya akan mengaktifkan channel untuk sinyal digital.

Masyarakat bisa langsung melakukan pengecekan status siaran Digital di Wilayahnya masing-masing melalui halaman website di https://siarandigital.kominfo.go.id/.

Selain itu, untuk sobat yang masih menggunakan TV analog, sobat bisa menggunakan STB Terbaik TV Digital agar bisa mendapatkan tayangan hiburan dari berbagai channel TV tanah air.

Sedangkan untuk melakukan cek sinyal TV Digital, sobat bisa menggunakan layanan Aplikasi Android ataupun iOS dengan menggunakan aplikasi SinyalTVDigital.

Cara Cek Sinyal TV Digital

Sinyal TV Digital

Cara untuk mengetahui apakah wilayah sobat mendapatkan sinyal TV digital atau tidak sobat bisa menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store untuk pengguna Android ataupun App Store untuk pengguna iOS.

Berikut adalah cara mengetahui kekuatan sinyal TV Digital dengan sangat mudah.

  1. Pertama sobat download dulu aplikasi Sinyal TV Digital menyesuaikan perangkat yang sobat gunakan. untuk Pengguna Android bisa melalui link berikut ini, untuk pengguna Appe iOS bisa download di sini.
    Sayangnya untuk pengguna Android, aplikasi SinyalTVDigital nampaknya sudah dihapus, jadi sobat bisa unduh di layanan situs pihak ketiga seperti apkcombo.
  2. Jika Sinyal TV Digital sudah terinstal, silahkan buka aplikasi tersebut dan aplikasi akan meminta izin mengakses lokasi, silahkan pilih izinkan apps menampilkan peta sesuai lokasi.
  3. Cek di bagian kiri bawah, ada kolom yang bisa dibuka untuk melihat informasi sinyal tv digital apakah kuat atau lemah.
  4. Kekuatan sinyal dibedakan dari warna, jika warnanya merah artinya sinyalnya lemah, jika warnanya hijau berarti sinyal tv digital cukup kuat.

Dengan menggunakan aplikasi SinyalTVDigital, Sobat bisa mengecek terlebih dahulu sinyal digital yang ada di rumah, jadi ketika sudah membeli Set Top Box TV Digital rekomendasi kominfo sobat tidak menyesal kalau di daerah sobat sinyalnya lemah.

Tips Mendapatkan Channel TV Digital Lebih banyak

Nah tips ini berdasarkan pengalaman pribadi, jadi jika sobat mengalami kendala lemahnya sinyal TV Digital dan ketika melakukan scan hanya mendapatkan channel Televisi sedikit, sobat bisa mengikuti langkah berikut ini.

Gunakan Antena Luar

Pertama perhatikan penggunaan antena TV yang digunakan, pastikan untuk menggunakan antena luar agar mendapatkan sinyal yang kuat sehingga dapat mendapatkan channel TV lebih banyak.

Berdasarkan pengalaman pribadi, penggunaan antena luar terlebih penempatan lebih tinggi dibandingkan atap rumah membuat sinyal TV lebih banyak dan mendapatkan banyak channel yang populer seperti RCTI, TransTV dan channel daerah lainnya.

Numpang Scan Di Tempat Yang Sinyal TV Bagus

Nah jika sudah meletakan antena luar tapi masih lemah sinyalnya sehingga channel Televisi yang didapatkan sedikit, ada baiknya sobat mencari lokasi yang memiliki sinyal TV yang bagus.

Misal sobat bisa menanyakan ke rekan atau saudara, untuk menumpang melakukan scan pada STB TV Digital sobat sehingga mendapatkan lebih banyak channel.

Cara ini juga bisa dibilang terbukti, mengingat ketika STB sudah terisi channel TV, sobat tidak perlu melakukan scan channel lagi ketika sudah di pasang di rumah.

Kedua cara tersebut bisa sobat gunakan, tapi sebaiknya gunakan cara pertama terlebih dahulu agar sobat bisa mendapatkan channel televisi lebih banyak untuk TV Digital sobat.

Akhir Kata

Dengan langkah-langkah di atas, Sobat sudah bisa melakukan pengecekan sinyal tv digital dengan mudah hanya melalui aplikasi.

Selain itu sobat juga bisa mengikuti tips untuk mendapatkan channel TV Digital lebih banyak dengan mudah, dan penggunaan aplikasi juga bisa memberikan keputusan sobat apakah ingin membeli TV DVB-T2 atau STB DVB-T2.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks