Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri Dengan Android Studio

cara membuat aplikasi android dan PC

Sekarang ini banyak orang yang mencari tahu cara membuat aplikasi Android dan juga PC untuk di unggah di Playstore, tak heran memang jaman semakin berkembang, kebutuhan teknologi aplikasi semakin diperlukan.

Anda tentunya tidak asing dengan aplikasi andorid. Karena setiap harinya selalu menggunakan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan. Aplikasi tidak hanya memberikan kemudahan saja, tapi juga memberikan peluang besar untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi di berbagai sector.

Pastinya Sobat tidak ingin ketinggalan di pesatnya perkembangan teknologi sekarang. Supaya kita juga ikut berkembang di dalamnya, selain membagikan informasi belajar membuat aplikasi Android dengan mudah kami juga memberikan informasi pengetahuan cara membuat aplikasi di Android.

Gimana cara membuat aplikasi Android? tentu saja dengan cara mempelajari bahasa coding untuk membuat aplikasi tersebut, tapi jangan kawatir, karena sekarang sudah banyak tutorial lengkap jadi sobat bisa mempelajarinya dengan mudah.

Selain itu kami akan membahas dengan lengkap dengan jelas melalui ulasan berikut ini. Pemaparan berikut akan membuat Anda mudah untuk memahami dengan jelas cara membuat aplikasi tersebut.

Aplikasi Android Memiliki Format Apk

Sebelum sobat terjun untuk membuat aplikasi, tentu saja sobat harus tahu apa sih sebenarnya format apk yang ada di Android.

Apk adalah paket untuk aplikasi Android dengan kepanjangan Application Package File (APK), format ini digunakan untnuk mendistribusikan dan memasang software dan middleware ke ponsel Android.

Jadi untuk cara membuat aplikasi Android, nantinya sobat harus menyimpannya dalam bentu format apk tersebut.

Cara Membuat Aplikasi Android

cara membuat aplikasi di Android
cara membuat aplikasi di Android

Banyak aplikasi yang bisa digunakan dalam android. Tapi siapa sangka, aplikasi tersebut bisa dibuat di android itu sendiri. Atau dengan kata lain, membuat aplikasi android tidak selalu menggunakan komputer yang bagus. Untuk lebih jelasnya, yuk simak cara untuk membuat aplikasi di android berikut ini.

Menentukan jenis aplikasi yang akan dibuat

Langkah paling penting sebelum aplikasi anda berhasil dibuat yaitu, tujuan dan jenis aplikasi android anda. Karena ini bisa berpengaruh terhadap nilai dan sulit mudahnya membuat aplikasi android di PC. Selain itu juga berpengaruh pada kelebihan dan keunggulan aplikasi.

Jenis aplikasi android yang bisa menjadi pilihan yaitu permainan atau percakapan, desain grafis, sampai pengetahuan. Tentunya setiap aplikasi tersebut memiliki kebutuhan tool dan kesulitannya sendiri.

Memilih perangkat lunak

Setelah anda memikirkan dengan baik jenis, tujuan aplikasi serta cara membuat aplikasi di android anda, selanjutnya pilihlah perangkat lunak yang bisa anda gunakan untuk mendukung pembuatan aplikasi.

Diantarnya akan membutuhkan coding. Namun sekarang banyan software yang bisa anda gunakan untuk coding. Baik yang berbayar maupun gratis.

Banyak perangkat lunak yang bisa amda pilih untuk mempermudah membuat aplikasi Android di PC atau di android itu sendiri terutama dalam coding. Diantarnya yaitu Appery.io, AppMachine, AppMark, Appy Pie, Good Barber, Mobile Roadie, SouthEm, dan The App Builder.

Merancang aplikasi android

Jika anda menginginkan aplikasi dengan editor visual drag and drop plugin, maka anda bisa memilih Appery.io. Selain bisa anda gunakan untuk android, juga hisa untuk iOS.

Sedangkan jika anda menginginkan perangkat lunak yang bisa digunankan untuk berbagai macam cara untukk membuat aplikasi di android termasuk game, maka anda bisa memilih Appery Pie.

Cara membuat aplikasi selanjutnya yaitu anda bisa memilih software ShoutEm. Ketika anda sudah berhasil login, anda bisa memilih berbagai jenis aplikasi yang akan dibuat.

Bahkan anda juga bisa memilih tema dan menambahkan foto sesuai dengan keinginan. Langkah selanjutnya, anda bisa menambahkan fungsi aplikasi.

Baca juga: 3 Jenis Aplikasi Android Tercanggih dan Harus Dimiliki dalam Gadget Andalan

Cara Membuat Aplikasi Android Di PC

Cara Membuat Aplikasi Android Di PC
Cara Membuat Aplikasi Android Di PC

Untuk mendapatkan aplikasi terbaik, juga diperlukan perangkat yang mumpuni seperti PC. Karena PC memiliki kapasitas besar dan spesifikasi yang bagus. Untuk lebih jelasnya, berikut cara membuat aplikasinya:

Menggunakan IDE Eclipse

Dulunya cara membuat aplikasi Android pada PC paling populer menggunakan IDE Eclipse. Walaupun sekarang sudah banyak jenis tool yang jauh lebih canggih, namun masih IDE Eclipse masih banyak yang menggunakanya. Ini karena tool tersebut bisa digunakan untuk PC dengan spesifikasi yang sederhana.

Cara menggunakan tool ini pertama yaitu anda harus menginstal Java JDK. Dan tidak ketinggalan, tentunya anda juga menginstal Android Development Tools (ADT) Eclipse. Anda juga harus membuat android virtual device. Untuk yang berkembang sekarang, anda juga bisa memilih menggunakan android studio.

Tanpa Menggunakan Coding

Belajar memahami coding memang sulit. Apalagi ketika anda ingin membuat sebuah aplikasi android. Karena coding ini dibilang cukup penting di dalam sebuah pemrogaman.

Tapi jangan khawatir, karena anda juga bisa mengetahui cara membuat aplikasi Android di PC yang bisa lebih bagus dan menarik tanpa harus memiliki kemampuan coding.

Syarat utama ketika anda ingin membuat aplikasi android dengan cara ini dengan drag and drop yaitu adanya sambungan internet di PC anda. Kemudian anda bisa terhubung ke situs App Builder seperti AppGyeser Dan AppyPie.

Kali ini kita akan mengatahui cara membuat aplikasi dengan AppGyeser. Pertama anda kunjungi situs resminya dan pilih creat new for free. Selanjutnya anda bisa pilih website, isikan alamat urlnya.

Jika sudah, maka klik next dan mengisi App name dan sebagainya. Klik next dan kemudian creat. Langkah terkahir anda harus login dengan email atau Facebook. Setelah Masuk akan Ada halaman untuk megunduh apk.

Cara Membuat Aplikasi dengan Android Studio

cara menggunakan android studio
cara menggunakan android studio

Software untuk mempermudah dalam membuat aplikasi android sangat banyak. Salah satunya yang banyak digunakan dan memberikan banyak keuntungan yaitu android studio.

Apa itu android studio? Bagaimana cara menggunakannya? Simak berikut ini:

Apa itu android studio?

Android studio adalah salah satu tool resmi yang didukung oleh Google. Karena Google ingin mengembangkan aplikasi untuk android. Sehingga tidak heran banyak perusahan yang mencari developer yang bisa memggunakan android studio.

Cara menggunakan aplikais ini juga terbilang gampang-gampang susah. Integreted Development Environment (IDE) itulah android studio. Selain memberikan editor kode untuk intelliJ maupun developer tool juga memiliki banyak fitur menarik untuk mendukung pembuatan aplikasi android di PC.

Kelebihan lain dari aplikasi ini yaitu emulator yang cepat, kecerdasan kode editor dan insta run, serta tentu saja ini sudah sangat kompetibel dengan beragam jenis HP Android sebagai bentuk kompetibelitas akhir dari aplikasi sebelum dipublikasikan di Google Play.

Cara Menggunakan Android Studio untuk Membuat Aplikasi

Bagi para pemula, banyak hal yang harus diperhatikan dan dipelajari untuk mengatahui cara menggunakan android studio.

Pertama, anda bisa membuat struktru projek dan interface. Caranya cukup mudah yaitu pilih start a new android studio project. Lalu, lakukan langkah yang dibahas dengan runut agar tak ada kesalahan.

Selanjutnya, supaya tampilan terlihat rapi baik horizontal atau vertikal, maka perlu membuat linear layout. Kemudian anda bisa lanjut membuay relative layout atau suatu struktur code untuk mengatur komponen yang ada.

Jika anda ingin menambahkan tampilan awal pada aplikasi Android anda, maka bisa gunakan splash screen dengan dasarnya layout splash screen dengan code xml. Anda juga bisa menambah tampilan lain seperti menu utama atau tampilan konten web yang sudah ada.

Fungsi lain saat anda menggunakan android studio yaitu colors.xml, drawable dan strings.xml. Sesuai namanya, colors.xml digunankan untuk mengedit warna.

Semua kode warna yang ditambahkan akan disimpan dalam file colors.xml. Sedangkan strings.xml digunakan untuk mengatur tampilan teks pada aplikasi. Jika anda ingin menambahkan gambat, maka bisa gunakan drawable.

Nah untuk sobat yang ingin membuat aplikasi Android di Android studio, sobat bisa ikuti langkah di bawah ini.

  1. Pertama download JDK (Java Development Kit) terlebih dahulu, ini adalah perangkat lunak development environment yang fungsinya untuk mengembangkan aplikasi yang berbasiskan bahasa pemrogaraman Java.
  2. Jika sudah download JDK silahkan klik untuk melakukan instalasi.
  3. Selanjutnya sobat harus download juga Android Studio, seperti yang sudah dijelaskan sobat akan membuat aplikasi Android dengan Android Studio jadi kita harus menginstal inti dari software pembuatanya. Download Android Studio di sini.
  4. Kemudian lanjutnya dengan Instal Android Studio yang sudah di unduh.

Baca juga: Teknik Mempelajari Cara Membuat Aplikasi Android dengan Coding Terlengkap

Cara Membuat aplikasi Android dengan Android Studio

Jika semua software untuk membuat aplikasi sudah terinstal, sekarang adalah langkah-langkah untuk memulai membuatnya.

Pertama buka Android Studio, nantinya sobat akan disuguhkan dengan kotak dialog untuk melakukan konfigurasi awal, sobat bisa memilih do not import setting jika ini adalah pertama kali sobat melakukan instalasi Android Studio dan kemudian klik Next.

Selanjutnya pilih tema Android Studio, dan ceklist Android Virtual Device jika ingin menggunakan Emulator Android di PC/laptop.

Kemudian sobat akan diminta untuk menentukan RAM yang akan digunakan untuk emulator, dan klik finis makan nantinya Android Studio akan meminta download file-file pendukung lainnya misalnya Android SDK.

Untuk langkah awal cara membuat aplikasi sendiri menggunakan Android Studio, sobat bisa menonton video di bawah ini, jika sobat tertarik untuk lebih mendalami pembuatan aplikasi sobat bisa mencari referensi lain di Google ataupun Youtube.

Baca juga: Penjelasan Mengenai Game Maker Studio dan Alasan Menggunakannya

Akhir Kata

Itulah cara membuat aplikasi Android sendiri menggunakan Android Studio. Banyak cara yang bisa anda pilih, anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan serta jenis dan tujuan aplikasi yang akan dibuat.

Perlu diketahui, anda juga harus memahami kelebihan dan kelemahan setiap software atau aplikasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *