Mengenal Apa itu CWM Recovery Android

cwm Recovery

Pernah mendengar istilah CWM Recovery ketika membaca tutorial terkait Android? Nah untuk memperjelasnya kita akan mengenal apa itu CWM tersebut.

CWM atau ClockWorkMod adalah akses custom recovery yang memiliki fungsi sebagai instalasi OS HP, restorasi sistem operasi, dan untuk akses pemulihan dan perbaikan perangkat ponsel.

Selain itu CWM Recovery juga bisa digunakan untuk menginstal custom ROM untuk keperluan mengoprek Android dan penggunaan beragam aplikasi mod dan karnel, karena untuk dapat menggunakan tools tersebut Android harus sudah di root untuk mendapatkan akses ke dalam sistem.

Fitur CWM Recovery

cwm Recovery android

CWM memiliki beragam fitur yang sangat bermanfaat untuk pengguna Android, dan user Android yang suka ngoprek. Beriktu fiturnya:

Kemampuan Reset HP Kepengaturan Pabrik

CWM Recovery adalah tindakan akhir jika ponsel tidak bisa dilakukan reset kepengaturan pabrik melalui menu setting bawaah ponsel akibat bootloop.

Dengan begitu CWM menjadi solusi untuk melakukannya tanpa harus masuk ke dalam perangkat, tapi tentu posel harus sudah terpasang CWM terlebih dahulu dan masuk ke dalam mode.

Di Mode CWM terdapat setelah reset untuk mengembalikan pengaturan ponsel ke pengaturan pabrik, tapi ingat sebelum melakukannya ada baiknya untuk melakukan backup terlebih dahulu.

Hapus Data Cache / Partisi Cache

Tidak semua data cache dapat dihapus melalui pengaturan ponsel, tapi dengan CWM kita bisa menghapus secara mendalam dengan fitur wipe dalvik chace dan wipe cache partition.

Dengan fitur ini semua data cache akan terhapus tanpa tersisa, jangan lupa untuk reboot hp jika sudah melakukannya.

Bisa Install Zip

Fitur Install Zip ini akan sangat berguna jika pengguna ingin memasang custom ROM, kalau sobat suka ngoprek Android tentu fitur ini sangat bermanfaat.

Backup dan Restore Data HP

Fitur ini sudah menjadi menu andalan para pengguna CWM Recovery. Karena yang suka ngoprek Android pasti sering menemukan error dan bootloop dengan fitur ini pengguna bisa mengembalikannya dengan mudah.

Jadi pastikan sebelum ngoprek Android ada baiknya backup datanya terlebih dahulu agar jika terjadi error bisa langsung di restore dengan mudah.

Dan lain-lain

Dan banyak fitur lain yang ada di CWM Recovery, seperti melakukan mount partisi, dan lain sebagainya.

Cara Pasang CWM Recovery Android

CWM Recovery ini bisa di instal di hp yang sudah mendapatkan akses root Android, dan masing-masing merek dan tipe HP juga berbeda-beda cara untuk instal CWM.

Untuk lebih mudahnya sobat bisa mencarinya di forum terkemuka di XDA-Developer dan mencari cara instal CWM Recovery yang sesuai dengan merk hp yang sobat miliki, misal Samsung, Xiaomi, Poco, Realme, Vivo, OPPO, Pixel dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *