Mengenal Apa itu APK, Kegunaan serta Keamanannya

apk

Pengguna HP Android tentu sudah tidak asing lagi dengan ekstensi Apk, tentu saja pasti pengguna paling tidak pernah mencari atau membaca artikel terkait salah aplikasi dengan ekstensi Apk.

Memang kebanyakan pengguna HP Android pasti download aplikasi melalui Google Play Store, selain mudah untuk melakukan pemasangannya, tentu itu adalah platform resmi yang dijamin keamanannya oleh Google selaku pemilik ekosistem Android.

Tapi bukan berarti menggunakan apk dilarang, sebenarnya sah-sah saja, hanya saja sobat harus mencari tempat aman untuk dapat download apk tersebut.

Jadi sebenarnya apa sih Apk tersebut? Kenapa ini berkaitan dengan Android?

Apa itu Apk?

apa itu apk

Apk sendiri memiliki kepanjangan dari Android Package Kit, ini adalah ekstensi yang digunakan untuk instal aplikasi pada OS Android. Kalau di sistem operasi Windows menggunakan ekstensi .Exe, dan Mac OS menggunakan .dmg, nah Apk memiliki fungsi yang sama seperti pada Exe dan dmg tersebut.

Cara instal aplikasi Android melalui Google play Store dengan langsung menggunakan Apk (manual) tentu berbeda.

Kalau instal melalui Google Play Store disebut sebagai proses ‘Sideloading’, nah kalau menggunakan Apk artinya melakukan pemasangan secara manual dan membutuhkan sedikit perubahan pengaturan pada pengaturan hp, yaitu mengijinkan ‘sumber tidak dikenal’ yang ada pada pengaturan >> privacy dan scurity.

Apakah Apk Aman Digunakan?

Keamanan Apk tentu menjadi pertanyaan hampir sebagian pengguna Android, Perlu digaris bawahi, bahwa tidak semua berkas APK itu aman di instal di perangkat.

Karena Apk sama seperti ekstensi aplikasi lainnya yang bisa saja di sisipi dengan virus dan malware yang bisa menginfeksi perangkat Android.

Biasanya apk yang rentan disisipi virus adalah apk modifikasi (Apk Mod) yang sudah dimodifikasi oleh peretas dengan menyisipkan virus dan menyamarkan dengan apk aslinya.

Jadi sebenarnya aman-aman saja memasangkan apk di perangkat hp Android asal sobat jelas download apk tersebut dari tempat yang aman. Dan pastikan perangkat Android yang digunakan sudah dilengkapi dengan antivirus.

Kenapa Apk Penting?

Kenapa masih mencari apk sedangkan pengguna Android bisa instal aplikasi langsung dari Google Play Store?

Jawabnya, tentu tidak semua aplikasi bisa lolos diunggah di Google Play Store yang memiliki peraturan sangat ketat, dan banyak aplikasi yang berguna untuk sebagian orang tidak bisa diunggah ke Play Store karena masalah peraturan tersebut.

Dan biasanya aplikasi-aplikasi tersebut bisa didapatkan di alternatif selain Google Play Store seperti ApkPure, dan lain sebagainya.

Selain itu biasanya, sebelum game atau aplikasi dirilis secara resmi, apk versi betanya bisa diunduh diluar dari Google Play.

Atau biasanya ada aplikasi atau game di Google Play Store tidak tersedia di negara tertentu, salah satu mengakalinya adalah dengan mengunduh apknya di situs download pihak ke-tiga.

Cara Instal Apk

Nah seperti yang sudah disinggung di awal artikel, cara instal apk agak sedikit berbeda, karena harus mengubah settingan dari perangkat dengan cara mengaktifkan “Unkown Source” atau “Sumber Tidak Dikenal“.

Perngaturan tersebut adalah fitur keamanan untuk mencegah aplikasi apapun yang di instal diluar dari Google Play.

Jadi sebenarnya secara default pihak brand smarpthone sudah mengunci untuk tidak dapat menginstal apk, tapi memberikan opsi jika pengguna ingin menginstal apk tersebut dengan catatan resiko ditanggung oleh pengguna.

Nah untuk menginstal apk, sobat wajib mengaktifkan sumber tidak dikenal terlebih dahulu dengan cara masuk ke Pengaturan >> Privasi dan Kemanan >> centang Sumber Tidak Dikenal.

Baru setelah itu sobat bisa menginstal apk dan menggunakan aplikasi atau game tersebut.

Akhir Kata

Bagaimana apakah sudah mengetahui apa itu Apk? Pastinya sudah dong, sebenarnya selain apk ada juga yang namanya Xapk yang sudah kami bahas beberapa waktu lalu, silahkan untuk detailnya sobat bisa membacanya lebih lengkap.

Apa itu APK?

Apk atau kepanjangan dari Android Package Kit adalah ekstensi yang digunakan untuk instal aplikasi pada OS Android. Kalau di sistem operasi Windows menggunakan ekstensi .Exe, dan Mac OS menggunakan .dmg.

Apakah Instal Apk Aman?

Tidak semua berkas APK itu aman di instal di perangkat.Karena ada apk yang sengaja dibuat untuk disisipi dengan virus, jadi pastikan untuk download apk ditempat yang aman dan aktifkan antivirus di perangkat sebelum menginstalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *