Mengenal WiFi dan Jenis-Jenis yang Sering Digunakan di HP

Wifi

WiFi menjadi salah satu yang sangat diperlukan di era digital saat ini, sekarang ada banyak jenis WiFi yang digunakan pada perangkat.

Pada masyarakat modern, internet merupakan kebutuhan pokok. Supaya dapat menghemat pengeluaran, sebagian orang lebih suka menggunakan WiFi karena bisa berbagi koneksi internet kepada yang lain.

Cukup dengan menggunakan modem atau perangkat hotspot, pemilik perangkat tersebut bisa berbagi koneksi internet kepada yang lain melalui WiFi.

Salah satu contoh penerapannya adalah penggunaan hotspot di rumah yang memungkinkan untuk berbagi koneksi internet melalui WiFi kepada semua anggota rumah.

Apa itu WiFi?

jenis Wifi

WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity yang merupakan sebuah teknologi nirkabel yang cara kerjanya memanfaatkan globang radio sebagai penghubung dan memberikan kemampuan perangkat untuk bertukar informasi.

Dan sekarang ini hampir semua perangkat elektronik dapat terkoneksi dengan WiFi guna untuk mendapatkan jaringan internet, atau sebagai jaringan untuk dapat mengontrol perangkat jarak jauh.

6 Jenis-Jenis WiFi yang Banyak Digunakan

Sebelum menggunakan WiFi, hal penting yang perlu diperhatikan adalah tagihan per bulannya serta kekuatan sinyalnya. Penasaran dengan apa saja jenisnya? di bawah ini akan dijelaskan secara terperinci :

1. 802. 11ax

Frekuensinya memang masih menggunakan pita 5 GHz, akan tetapi mengenai kecepatannya bisa sampai 3,5 Gbps. Berdasarkan hal itu, kecepatannya cukup optimal untuk mendukung kegiatan berselancar di dunia maya.

Berdasarkan pengalaman pengguna, disebutkan jika WiFi 802. 11ax dapat digunakan untuk streaming video berkualitas 4K, mengakses berbagai perangkat tanpa latensi, dan mengunduh game berukuran besar.

Dengan memanfaatkan WiFi ini, memungkinkan Anda menghubungkan perangkat satu dengan empat perangkat lain secara bersamaan. Nama fitur pendukungnya adalah Multi Input Multi Output (MU-MIMO).

Sekedar informasi, penerapan 802. 11 ada di ponsel kelas atas seperti halnya Samsung Galaxy S Series yang baru dikeluarkan beberapa waktu lalu.

2. 802. 11ac

Kecepatan data yang diberikannya bisa mencapai 1,3 Gbs, membuatnya jauh  lebih optimal. Sedangkan untuk frekuensinya berada di 5 GHz dengan saluran lebih luas sebesar 80 atau 160 MHz vs 40 MHz.

Kemampuan penerimaan sinyal WiFi-nya sangat baik, untuk itu pemilik ponsel dengan tipe ini mampu menerima atau menyalurkan sinyal internet dengan lebih baik. Sudah ada banyak ponsel yang menerapkan 802. 11 ac termasuk Redmi Note 7.

Sebagian pengguna WiFi ini adalah ponsel kelas menengah. Meskipun begitu, spesifikasinya sudah dapat mendukung kegiatan sehari-hari masyarakat mulai dari pekerjaan ringan maupun berat sekalipun. 

3. 802. 11n

Versi 802,11n merupakan bentuk pengembangan dari 801.11g dengan standar kemampuan lebih tinggi. Kecepatannya juga bagus, dikabarkan dapat mencapai 100-200 Mbps yang membuat proses download tidak sampai berlangsung dalam hitungan jam.

Berdasarkan kemampuannya itu, tipe WiFi. 11n disematkan pada ponsel menengah. Bisa dijadikan rujukan untuk Anda yang masih bingung memilih perangkat dengan daya tangkap sinyal internet bagus dan optimal.

Bukan hanya baik dalam hal menangkap sinyal, WiFi 802. 11n memiliki compatible dengan 802. 11b dan 802 11g karena frekuensinya sama yakni 2,4 GHz. Versi ini ditempatkan pada ponsel dengan harga bersahabat, contohnya adalah Asus Zenfone Max Pro M2 dan Vivo Y91.

4. 802. 11g

Sangat beruntung bagi orang-orang yang memiliki ponsel dengan WiFi 802. 11g. Standarnya tipe tersebut menggunakan frekuensi 2,4 GHz sama seperti beberapa tipe sebelumnya. Akan tetapi proses transfer datanya begitu berbeda.

Pengguna bisa melakukan transfer data sampai 54 Mbps. Cukup direkomendasikan untuk Anda yang sering mengirim atau menerima data baik berupa gambar, video, audi, maupun file besar.

Kecepatannya sudah tidak dapat diragukan, apalagi tidak ada penghalang pada proses penerimaan sinyalnya. Teknologi 802. 11g kompatibel dengan jalur akses dari 802. 11b yang membuatnya perlu dipertimbangkan ketika membeli ponsel pintar.

5. 802. 11b

Sifat khusus dari 802. 11b yaitu tidak beraturan karena sistem kerjanya berjalan pada sinyal radio tidak beraturan. Akibatnya ketika dinyalakan maka bisa menyebabkan adanya gangguan pada berbagai peralatan elektronik lain seperti halnya microwave dan oven.

Frekuensinya berada di angka 2,4 GHz yang membuat jangkauan penerimaan sinyalnya semakin optimal. Bagi yang memiliki perangkat dengan WiFi 802. 11b terbilang beruntung karena perangkat bisa bekerja pada kondisi sinyal WiFi kurang mendukung.

Tipe 802. 11b memang memiliki kecepatan data lebih rendah jika dibandingkan dengan versi 802. 11a. Meski begitu, jangkauan sinyalnya hingga 30 meter yang bisa dibilang optimal dari lainnya. 

6. 802. 11a

Frekuensi yang digunakan WiFi 802. 11a sekitar 5 GHz yang mendukung kecepatan transfer 58 Mbps. Tingkat kecepatannya tergolong baik, oleh karenanya dalam penyaluran WiFi meskipun sinyal kurang stabil tetap dapat digunakan.

Akan tetapi versi ini memiliki kekurangan berupa sinyal yang didapatkan jangkauannya tidak jauh. Selain itu juga semakin mudah terganggu ketika WiFi pusat mengalami gangguan dari sedang sampai berat.

Pentingnya Setiap Jenis WiFi pada Sebuah Perangkat

Setiap ponsel pintar kini dibekali dengan WiFi yang dapat dihubungkan dengan pusat penyedia jaringan. Tingkat kekuatannya memiliki peran penting terutama ketika dihubungkan dengan pusat jaringan yang banyak digunakan. Lalu seberapa penting adanya WiFi? ini jawabannya:

1. Menentukan Kekuatan Jaringan

Mungkin sebagian besar orang pernah mengalami saat menyambung pada WiFi namun milik orang lain kuat namun milik Anda sendiri lemah. Perlu dipahami, kondisi ini disebabkan oleh jenis WiFi yang disematkan pada ponsel.

Semakin bagus daya tangkapnya, maka pengguna akan dimudahkan saat menggunakan jaringan WiFi di tempat-tempat umum seperti warung kopi dan sejenisnya. Dengan begitu ponsel tetap mendapatkan asupan jaringan mencukupi.

2. Memudahkan Penggunaan Ponsel Pintar Mengakses Platform Online

Kebanyakan kegiatan masyarakat modern bergantung dengan internet mulai dari menghubungi orang lain, bekerja, belajar dan lainnya. Hal tersebut menjadikan internet adalah kebutuhan.

Seorang yang ponselnya tidak terhubung dengan internet biasanya akan kebingungan. Namun perusahaan pembuat ponsel menyematkan WiFi yang dapat dihubungkan dengan pusat penyedia jaringan.

Saat menghubungkan ponsel dengan pusat jaringan, membuat perangkat bisa digunakan sesuai kebutuhan masing-masing orang.

3. Menghemat Pengeluaran

Konsumsi internet setiap orang berbeda-beda, namun sebagian besar cukup signifikan karena dalam sehari bisa mengaktifkan internet selama 24 jam full. Supaya lebih hemat, perangkat dihubungkan dengan pusat jaringan WiFi.

Ketika ponsel dihubungkan dengan WiFi, Anda bisa menghemat pengeluaran secara signifikan. Bekerja atau belajar menjadi semakin nyaman tanpa perlu memikirkan tagihan akhir bulan akan membengkak.

Perlu diingat, tingkat daya tangkap dan kecepatan internet pada WiFi bukan hanya bergantung pada kecepatan modem melainkan jenis WiFi pada ponsel itu sendiri.

4. Sebagai Solusi Saat Tidak Memiliki Data Seluler

Data seluler bisa tiba-tiba habis terutama saat jam-jam genting. Kondisi seperti ini sering dialami oleh pengguna internet dan sering membuat panik. Kehadiran WiFi cukup membantu karena dapat menghubungkan perangkat pada jaringan internet.

Hanya saja kebanyakan jaringan WiFi di tempat umum disandi dengan berbagai maksud. Apabila benar-benar membutuhkan, silakan untuk menanyakan sandi WiFi yang ingin digunakan supaya diberikan akses untuk menggunakannya.

Baca juga: Cara Mengganti Password WiFi Lewat HP Agar Tidak Digunakan Orang Lain

Itulah ulasan singkat mengenai jenis-jenis WiFi yang perlu Anda ketahui. Sebaiknya pilih perangkat yang menggunakan jenis WiFi paling kuat supaya ketika di tempat umum kecepatan jaringan tetap stabil, meskipun sedang banyak penggunanya atau server down.

Feedback: Jika ada informasi yang keliru silahkan sampaikan melalui halaman Kontak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *