Firmware Pada Android : Fungsi, Cara Cek, Jenis, Dan Perbedaannya Dengan Perangkat Lunak

Firmware

Firmware adalah sebuah program komputer yang memiliki kontrol untuk membantu hardware dalam menjalankan fungsinya. Maka dari itu firmware terintegrasi dengan berbagai unit perangkat keras yang terdapat pada komputer. Hal ini juga yang membuat firmware memiliki fungsi penting terhadap perangkat android.

Fungsi Firmware Android

Ada beberapa fungsi penting firmware terhadap device android yang Anda miliki. Oleh sebab itu Anda harus mengetahui fungsi firmware yang terdapat pada device android yang Anda miliki. Berikut adalah fungsi penting dari firmware terhadap device android:

Mengontrol perangkat keras

Fungsi pertama dari firmware adalah untuk mengontrol hardware dari perangkat android. Jika tidak ada firmware, maka hardware yang terdapat pada perangkat android tidak akan bisa dioperasikan dengan benar.

Meningkatkan performa hardware

Fungsi selanjutnya dari firmware adalah untuk meningkatkan performa dari perangkat keras android, serta memperbaiki suatu kesalahan yang terjadi pada sistem. Maka dari itu tidak mengherankan apabila android sering kali meminta Anda untuk melakukan pembaharuan firmware.

Memberikan instruksi pada perangkat

Fungsi terakhir dari firmware adalah memberikan instruksi kepada perangkat android. Hal ini sebab pada firmware terdapat kumpulan instruksi yang dipakai untuk menjalankan sebuah perangkat keras. Tujuannya adalah untuk menyaring, mengontrol, serta mengatur lalu lintas dari data yang diizinkan secara privat di perangkat lunak.

Cara Cek Firmware Android

Untuk mengecek firmware pada android Anda hanya perlu membuka menu pengaturan Android. Kemudian Anda dapat memilih about device. Nantinya Anda akan mendapatkan berbagai informasi seperti kernel version, baseband version, serta build number. Jadi, build number itulah yang dimaksud dengan firmware.

Jenis Firmware Android

Firmware sendiri mempunyai dua jenis, yaitu BIOS dan EFI. Untuk mengetahui lebih jelas lagi mengenai perbedaan kedua jenis firmware tersebut, dibawah ini adalah informasi mengenai jenis firmware:

BIOS

Firmware ini bisa berinteraksi dengan hardware serta bisa mendeteksi kesalahan yang perangkat lunak tidak ketahui. Hal ini sebab BIOS memberi sinyal yang disebut bootloader pada program. Fungsi program ini adalah mengeksekusi perintah dalam sistem operasi yang terdapat di harddisk.

EFI

Jenis firmware selanjutnya adalah EFI. EFI atau Extensible Firmware Interface adalah firmware yang mempunyai fitur safe boot yang berfungsi meningkatkan keamanan device atau perangkat seperti handphone ataupun komputer.

Perbedaan Firmware Dengan Perangkat Lunak

Firmware

Sering kali orang menganggap firmware dengan perangkat lunak adalah sesuatu yang sama. Padahal keduanya sangatlah berbeda. Maka dari itu di bawah ini adalah perbedaan dari firmware dengan perangkat lunak:

Ditinjau Dari Penggunaannya

Perbedaan firmware dan perangkat lunak yang pertama dapat dilihat dari penggunaannya. Perangkat lunak dipakai untuk menghubungkan pengguna dengan device, sedangkan firmware digunakan untuk mengendalikan perangkat keras.

Ditinjau Dari Pengubahan Informasi

Perangkat lunak menginformasi pengguna untuk bisa bebas menganalisis data, memproses data, dan menghasilkan data. Sedangkan pada firmware tidak dapat langsung mengubah informasi, meskipun firmware bisa untuk di upgrade.

Risiko Penggantian

Firmware bisa diganti dengan cara memperbaruinya dengan versi terbaru. Sedangkan untuk perangkat lunak, dapat Anda ganti tanpa perlu khawatir mengenai dampaknya pada perangkat keras Anda.

Memori

Perangkat lunak mempunyai kapasitas memori jauh lebih besar dibandingkan dengan firmware. Jumlahnya juga sangat bervariasi, mulai dari satuan kB bahkan hingga mencapai satuan GB. Sedangkan untuk  firmware hanya mencapai satuan kB saja.

Jadi begitulah informasi singkat mengenai firmware yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga informasi singkat mengenai firmware tersebut dapat berguna serta bermanfaat bagi Anda.

Feedback: Jika ada informasi yang keliru silahkan sampaikan melalui halaman Kontak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instal AndroidPonsel.com di perangkat

Install
×