Apa itu Factory Reset dan Cara Mudah Melakukan Pada Android

Factory Reset

Factory reset adalah sebuah cara yang digunakan untuk mengembalikan software dari device Android ke kondisi seperti saat baru keluar dari pabrik.

Factory reset sering kali digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ditimbulkan karena adanya kerusakan pada perangkat lunak.

Perlu Anda ketahui bahwa proses factory reset menyebabkan semua data dan juga aplikasi ada pada memori internal akan terhapus secara otomatis. Melakukan factory reset sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan apabila Anda telah mengetahui caranya.

Cara Melakukan Factory Reset Pada Perangkat Android

Factory Reset

Ada dua cara yang dapat Anda gunakan untuk melakukan factory reset. Yaitu melakukan factory reset melalui menu setting dan melakukan factory reset melalui recovery mode.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan memberitahukan informasi mengenai cara melakukan factory reset melalui menu setting dan recovery mode.

1. Cara untuk melakukan factory reset lewat menu setting

Melakukan factory reset melalui menu setting adalah yang paling mudah untuk dilakukan. Meskipun begitu, tetap saja ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan untuk bisa berhasil melakukan factory reset lewat menu setting. Berikut ini adalah tahapan yang harus Anda lakukan untuk melakukan factory reset:

  • Pertama Anda harus membuka menu setting.
  • Selanjutnya Anda harus mencari menu backup and reset.
  • Jika sudah, masuk kedalam menu backup and reset.
  • Kemudian pilih menu factory data reset.
  • Pahami informasi yang muncul pada layar Anda sebelum melanjutkan proses reset data.
  • Anda akan ditampilkan peringatan pada layar Anda bahwa proses yang akan dilakukan menyebabkan semua data yang ada pada penyimpan internal ponsel terhapus secara otomatis.
  • Ketika perangkat android Anda telah menyelesaikan proses penghapusan data, Anda harus memilih opsi restart perangkat android milik Anda.
  • Tunggu proses restart selesai, kemudian Anda sudah dapat menggunakan perangkat android Anda lagi.

2. Cara melakukan factory reset lewat recovery mode

Sama ketika Anda melakukan factory reset dengan menggunakan menu setting, melakukan factory reset lewat recovery mode juga memiliki beberapa tahapan yang harus Anda lalui agar sukses melakukan factory reset. Berikut ini adalah tahapan untuk melakukan factory reset lewat recovery mode:

  • Pertama Anda harus mematikan terlebih dahulu perangkat android yang Anda miliki
  • Selanjutnya Anda harus menekan tombol volume atas dan juga tombol power secara bersamaan sampai perangkat android yang Anda miliki tadi menyala dan menampilkan recovery mode.
  • Pilih opsi wipe data atau factory reset dengan cara menggunakan tombol volume sebagai navigasi Anda. Tombol volume yang atas untuk menggerakkan ke atas, volume bawah untuk menggerakkan ke bawah, dan tombol power digunakan untuk enter.
  • Tunggu proses factory reset dilakukan.

Sebagai catatan, proses factory reset yang Anda lakukan tersebut akan menghapus semua data dan juga aplikasi pada perangkat android Anda untuk kemudian kembali ke setelan awal. Anda akan melihat welcome screen ketika pertama kali menyalakan perangkat android Anda.

Namun apabila ponsel tidak bereaksi pada langkah tersebut, Anda dapat me-restart dengan menekan tombol power selama beberapa saat, tetapi jika cara tersebut tidak berhasil maka cobalah cabut baterai perangkat android Anda kemudian memasukan lagi. Lalu ulangi cara yang telah disampaikan di atas.

Jadi begitulah informasi singkat mengenai cara mudah melakukan factory reset pada perangkat android. Semoga informasi singkat mengenai factory reset pada perangkat android tersebut dapat berguna dan juga bermanfaat bagi Anda.

Feedback: Jika ada informasi yang keliru silahkan sampaikan melalui halaman Kontak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instal AndroidPonsel.com di perangkat

Install
×