7 Cara Memperbaiki Kamera HP yang Buram

kamera hp buram

Pernah mengalami kamera HP sobat buram atau blur? Padahal HP terbaru baru dibeli, baik itu Android maupun iPhone?.

Kita tahu sekarang ini kamera smartphone sudah mampu menghasilkan foto yang bagus, apalagi pengguna iPhone pasti merasa bangga dengan hasil kameranya, tapi Android tidak kalah bagusnya.

Nah kadang pengguna kesal karena tiba-tiba kamera hp miliknya menghasilkan foto yang buram, atau bahkan nampak dilayar seperti ada blur atau seperti bayang putih pada kamera.

Jangan panik terlebih dahulu karena ada solusi untuk mengatasinya loh. Dilansir dari businessinsider.com, berikut adalah cara mengatasi masalah kamera HP baik Android ataupun iPhone untuk dapat menghasilkan gambar yang tajam dan berkualitas tinggi.

Bersihkan Lensa

mikrofiber
Bersihkan lensa kamera hp dengan mikrofiber

Pertama ada baiknya sobat membersihkan lensa kamera HP yang dimiliki. Biasanya buram atau blur bayang putih disebabkan lensa yang kotor.

Cara terbaik untuk membersihkan lensa adalah dengan menggunakan kain mikrofiber, kain ini banyak dijual dipasaran dengan harga yang cukup murah.

Bersihkan saja dengan kain tersebut jangan menggunakan cairan apapun ya, karena cairan bisa memperburuk masalah apalagi kita tidak tahu cairan tersebut bagus untuk lensa kamera atau tidak.

Coba Cek Fitur ZOOM

zoom kamera hp

Nah selanjutnya coba sobat cek fitur zoom pada kamera hp sobat, karena fitur zoom jika terlalu jauh akan menghasilkan hasil foto yang buram karena kualitasnya berkurang.

Selain itu pastikan jangan mengedit foto dengan cara melakukan zoom di gallery itu juga akan merusak kualitas gambar.

Sebaiknya lakukan pengambilan gambar dengan zoom standar misal menggunakan zoom optic 2x atau 3x jika hp sudah mendukungnya, karena ini adalah kemampuan terbaik untuk menghasilkan foto dengan menggunakan zoom.

Coba Lepaskan Casing HP

casing hp

Memang casing HP sangat bermanfaat untuk melindungi HP dari segala benturan, tapi tahukah sobat bahwa casing bisa berpengaruh terhadap kualitas kamera.

Jika casing yang sobat gunakan terbuat dari logam atau magnet, coba sebaiknya dilepaskan terlebih dahulu, karena siapa tahu itu membuat kamera hp sobat menjadi bermasalah.

Coba Mulai Ulang Aplikasi Kamera

aplikasi kamera

Jika mengalami error pada aplikasi kamera HP sehingga buram salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan force close atau menutup paksa aplikasi tersebut dan membukanya kembali.

Karena dengan menutup paksa tersebut akan menghilangkan error yang terjadi dan membuat aplikasi bisa berjalan normal.

Tapi jika itu terjadi lagi kemungkinan adanya bug pada aplikasi kamera tersebut, tentu harapan utamanya adalah adanya update pembaharuan dari developer pembuata aplikasi agar celah tersebut diperbaiki.

Baca juga: Remini App : Ubah Foto Ngeblur menjadi Lebih Jelas dan Berkualitas HD

Lakukan Pengujuan Kamera depan dan Belakang

uji kamera

Jika kamera hp bermasalah dan menghasilkan foto yang buram, ada baiknya sobat melakukan pengetesan pada kamera depan dan belakang. apakah keduanya bermasalah atau tidak.

Jika keduanya bermasalah ada yang bermasalah pada sistem aplikasi kamera hp yang sobat miliki.

Restart HP

restart hp

Langkah terakhir Jika kamera hp masih buram, coba terlebih dahulu untuk restart HP yang sobat miliki. Karena bisa saja ada aplikasi yang conflig sehingga mengalami kegagalan sistem. Jadi coba dulu untuk restart HP.

Pergi Ke Service Center

service center smartphone

Tapi jika cara di atas tidak memperbaiki hp kamera yang buram, alangkah lebih baik sobat bawa hp tersebut ke service center sesuai dengan brand hp yang sobat miliki.

Baca juga: Cara Memilih Kamera HP yang Bagus, Panduan Sebelum Membeli

Tentu dengan cara ini, HP sobat akan di cek lebih detail baik hardware dan perangkat softwarenya untuk diperbaiki.

Feedback: Jika ada informasi yang keliru silahkan sampaikan melalui halaman Kontak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *