BMF Telegram Artinya Apa? Ini Penjelasannya!

BMF Telegram

BMF Telegram artinya perlu dimengerti agar tidak sampai salah mengartikannya. Belakangan istilah tersebut memang sering dibahas terutama oleh para anak muda pengguna Telegram.

Pada penerapannya, istilah tersebut kerap dikaitkan dengan permainan RP (Roleplayer). Kegiatan ini tercatat mengalami peningkatan sejak Telegram ramai pengguna, terlebih di masa pandemi.

Sebenarnya BMF Telegram Artinya Apa?

BMF Telegram ilustrasi
ilustrasi

Sebutan BMF Telegram untuk sebagian orang masih cukup asing. Sebenarnya istilah tersebut adalah singkatan dari bahasa Inggris Be My Friend. Jika dialihbahasakan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti jadilah temanku.

Dari namanya saja sudah terlihat keseruan serta betapa menariknya permainan ini. Meski disebut BMF, namun orang yang memainkannya tidak menyebutkan nama asli maupun identitas pribadinya.

Mereka akan berperan sebagai orang lain, seperti menggunakan tokoh tertentu. Dalam menjalankan permainannya, orang yang terlibat di dalamnya tidak memandang gender.

Maksudnya adalah orang yang memerankan tokoh sesuai targetnya bisa berlawanan gender. Tidak harus sama laki-laki dengan laki-laki atau sebaliknya, namun bisa random sesuai keinginan masing-masing.

Berdasarkan cara mainnya, tujuan utama dari BMF Telegram adalah untuk mencari teman. Setiap orang dapat mengajukan permintaan BMF, sedangkan orang lain juga berhak menerima atau menolaknya.

Cara Menggunakan BMF Telegram

Sebab masih belum banyak yang mengetahui bagaimana cara penggunaan BMF Telegram. Padahal, langkah-langkahnya tidaklah sulit. Berikut detail penjelasan langkah-langkahnya :

  • Unduh aplikasi Telegram jika belum memilikinya.
  • Daftarkan nomor aktif pada aplikasi Telegram.
  • Ikuti seluruh proses pendaftaran akun sesuai dengan arahan sistem.
  • Jalankan aplikasi, kemudian cari menu pencarian.
  • Menu tersebut ditandai dengan ikon kaca pembesar.
  • Ketikkan bio RP, pastikan sebelumnya sudah membuat bio dank ode id.
  • Silakan masuk grup di bio RP, lanjutkan dengan mengirim pesan dengan kata-kata menarik.

Keuntungan Menggunakan BMF Telegram

Tujuan dari BMF Telegram adalah untuk menambah teman sefrekuensi. Tidak harus di dunia nyata, seseorang bisa berteman dengan siapapun melalui media sosial termasuk Telegram.

Telegram sendiri merupakan salah satu aplikasi media sosial yang memiliki banyak pengguna. Belakangan ini sedang marak kegiatan BMF yang menjadi ruang untuk saling mengenal pengguna satu dengan lainnya dan menjalin pertemanan.

Di bawah ini beberapa keuntungan dan manfaat yang didapatkan ketika menggunakan BMF Telegram :

1. Memperluas Jaringan Pertemanan

Berkat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin baik, sekarang seseorang dapat menjalin pertemanan dengan siapapun. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan BMF Telegram.

Banyak yang mengaku jika dengan metode tersebut dapat memperluas pertemanan. Seseorang dapat bertemu dan berkomunikasi satu sama melalui Telegram. Apabila merasa cocok, biasanya akan berlanjut menjadi teman atau menjalin hubungan lebih jauh.

2. Menambah Pengalaman

Pada hubungan lebih jauh, orang yang terhubung dalam BMF ada kemungkinan membahas berbagai hal, misalnya saja terkait bidang yang dikuasainya. Pertemanan secara online terbukti mempermudah tersebarnya informasi.

Akan tetapi orang yang tergabung dalam kegiatan tersebut harus berhati-hati. Ditakutkan muncul tokoh yang memiliki niat jahat sehingga mempengaruhi pendapat dan pikiran seluruh anggota BMF Telegram.

3. Meningkatkan Imajinasi

Diketahui cara bermain BMF Telegram adalah pengguna harus berperan sebagai orang lain, bisa teman, artis terkenal, atau lainnya. Dalam menjalankan perannya, tentu membutuhkan imajinasi karena kondisi yang diperankan tidak sesuai dengan dirinya sendiri.

Imajinasi merupakan hal yang dibutuhkan dalam beberapa kondisi. Hanya saja tetap harus dibatasi agar tidak sampai berpengaruh pada kehidupan pribadi seseorang, terutama jika imajinasinya mengarah ke hal negatif.

4. Melatih Spontanitas

Seperti halnya menjalankan kehidupan pribadi, bermain BMF Telegram juga perlu spontanitas. Sederhananya, orang-orang di dalamnya akan berperan seperti sedang menjalankan kehidupan tokoh yang diperankannya secara natural.

Mereka akan berlaku sesuai kehendaknya, artinya bisa saja jauh dengan sifat asli tokoh yang diperankannya. Kegiatan ini dianggap mengasyikkan oleh beberapa orang karena membuat lebih bebas dalam mengeksplorasi pikiran.

5. Mengekspresikan Diri

Tidak semua dapat mengekspresikan dirinya sendiri di kehidupan pribadinya karena tuntutan orang di sekitarnya atau karena alasan lain. Berbekal permainan BMF, anggota di dalamnya bebas melakukan apa yang disukai baik berkaitan dengan hobi atau kegiatan sehari-hari.

Mengekspresikan diri secara bebas memang dibutuhkan untuk membuat pikiran merasa bebas dan tidak terkekang. Akan tetapi tetap harus dibatasi supaya tidak sampai berdampak buruk bagi diri sendiri atau orang di sekitarnya.

6. Menyembunyikan Identitas

Identitas anggota BMF Telegram dapat disembunyikan apabila memang tidak ingin mengekspos identitas pribadinya. Umumnya mereka akan menggunakan identitas palsu atau tokoh yang diperankannya.

Seluruh data pribadi mulai dari alamat tempat tinggal, tanggal lahir, usia, dan lainnya akan disesuaikan dengan keinginannya. Jadi, user lain tidak akan mengetahui sebenarnya orang yang berkomunikasi dengannya itu siapa.

Dampak Negatif BMF Telegram

Selain dampak positif, ada pula dampak negatif yang sebaiknya diwaspadai. Jangan sampai melanjutkannya terlebih saat ada pihak yang merasa terganggu. Berikut pembahasan lebih lanjutnya:

1. Dimanfaatkan Sebagian Orang yang Berniat Jahat

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa seluruh identitas pemain BMF Telegram dapat disembunyikan. Hal ini akan mempermudah niat jahat orang lain karena merasa aman serta sulit dilacak.

Kehati-hatian menjadi poin yang tidak boleh diabaikan. Apabila merasa menemukan gerak-gerik tidak wajar, sesegera mungkin mewaspadainya, putuskan hubungan pertemanan untuk mencegah munculnya niat jahat.

2. Menjelekkan Tokoh yang Diperankannya

Beberapa waktu lalu muncul sebuah kasus bahwa ada orang yang menggunakan kalimat-kalimat kasar ketika bermain BMF Telegram. Meski berbeda negara atau mereka tidak mengetahui kegiatan tersebut, tetapi tindakan seperti itu berisiko menjelekkan nama orang lain.

Memang tidak ada salahnya mengeksplor ide untuk berperan sebagai orang lain, hanya saja tetap harus menggunakan aturan kesopanan dan kemanusiaan. Jangan sampai seenaknya sendiri terlebih ketika menggunakan kata-kata tidak seharusnya.

3. Tidak Menjadi Diri Sendiri

Selalu berperan sebagai orang lain akan memberikan pengaruh buruk pada diri sendiri. Mengapa demikian? Alasannya karena masyarakat modern lebih sering berkomunikasi melalui media sosial.

Ketika terus berperan sebagai orang lain, maka teman yang diajak mengobrol tidak tahu bagaimana sebenarnya sifat Anda. Meski sudah berhubungan lama, seringkali identitas masing-masing pemain tidak diketahui sama sekali.

4. Menyebabkan Gangguan Psikologis

Dampak paling berbahaya yang sebaiknya tidak diberikan adalah efeknya pada psikologis. Penyebabnya karena pemain selalu bercerita tidak sesuai kenyataannya. Alhasil dapat mengganggu kegiatan sehari-harinya bahkan sampai menyebabkan halusinasi.

Peran yang dilakukannya tidak sebatas hanya membahas hal-hal umum, melainkan sampai ke kehidupan pribadi termasuk percintaan dan keluarga. Sebaiknya tidak melakukan BMF Telegram terlalu lama karena ditakutkan berakibat fatal untuk kesehatan mental.

Gangguan psikologis yang diderita bisa beragam. Paling sering adalah halusinasi berlebihan sampai mengganggu kehidupan sehari-hari, bahkan sifatnya menjadi berubah seperti mudah marah, mudah tersinggung, dan menjadi sosok tertutup.

BMF Telegram artinya lebih ke permainan roleplayer, yaitu berperan sebagai orang lain. Sebaiknya tidak terlalu berlebihan dalam menjalankan kegiatan ini, karena dampak buruknya lebih banyak dibandingkan efek baiknya.

Beberapa Artikel Terkait Telegram :

Feedback: Jika ada informasi yang keliru silahkan sampaikan melalui halaman Kontak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instal AndroidPonsel.com di perangkat

Install
×