Batas Waktu Bermain HP yang Ideal

batas waktu bermain hp
ilustrasi

Artikel ini akan menjelaskan batas waktu bermain HP yang ideal, adapun durasi penggunaan HP yang juga dianjurkan oleh WHO.

Tidak bisa dipungkiri kalau keberadaan HP berbasis Android (Smartphone) di masa kini memberikan pengaruh besar dalam kehidupan kita. Hampir setiap orang memiliki perangkat tersebut dan pastinya menghabiskan sejumlah waktu tertentu ketika menggunakannya.

Bermain HP sah-sah saja dan bukan perbuatan yang tercela. Hanya saja, perlu waspada jangan sampai ketagihan dan menghabiskan waktu hanya untuk bermain HP.

Berlebihan dalam bermain HP tidak hanya membuang-buang waktu berharga begitu saja, tetapi juga bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui batas waktu bermain HP yang ideal.

Akibat Terlalu Lama Bermain HP

waktu bermain hp
Ilustrasi

Dampak negatif HP tergantung waktu penggunaannya. Semakin lama menggunakannya, dampak yang dirasakan akan semakin besar. Berikut beberapa dampak negatif yang bisa akan terjadi akibat terlalu lama bermain HP, sehingga kita harus memliki batas waktu ketika bermain hp.

1. Trigger Thumb (Jempol Menekuk)

Salah satu dampak negatif dari bermain HP terlalu lama adalah trigger thumb (jempol menekuk) hal ini terjadi karena penebalan pada pembungkus tendon ibu jari. Kondisinya, ibu jari menjadi kaku dan tetap bengkok meskipun sedang tidak menggunakan HP.

Jika dipaksakan lurus kembali, ibu jari terasa kaku dan menimbulkan bunyi gemeretak yang disertai rasa sakit pada sendi.

2. Cubital Tunnel Syndrome

Terlalu lama bermain HP bisa juga mengakibatkan risiko saraf ulnaris di bagian sikutmu akan terganggu. Hal ini terjadi karena sobat terlalu lama menekuk siku atau bertumpu pada siku saat bermain HP, khususnya jika sobat sering bermain game dan menjelajah media sosial.

Akibatnya, sobat mengalami mati rasa dan kesemutan yang disertai rasa nyeri mulai dari siku hingga kelingking dan jari manis.

3. Merusak Penglihatan

HP merupakan perangkat yang dirancang untuk digunakan dalam jarak dekat. Akibatnya, mata penggunanya terus fokus untuk membaca teks di layar HP.  Kebiasaan ini akhirnya mengakibatkan mata menjadi lelah, terlebih lagi jika sobat menghabiskan waktu hingga 4–6 jam bermain HP.

Gejala mata lelah yang umumnya dirasakan adalah mata merah atau iritasi, mata kering, serta penglihatan kabur.

4. Text Neck Syndrome

Bermain HP mengharuskan sobat menengok ke bawah karena umumnya saat menggunakan HP posisinya berada di bagian bawah. Jika bermain HP terlalu lama, otot-otot leher menjadi tegang dan kaku. Akibatnya, timbul rasa nyeri yang bahkan dapat menjalar ke bahu dan lengan.

5. Gangguan Tidur

Terlalu lama bermain HP bisa mengakibatkan tidur terganggu, terutama pada orang-orang yang memang kecanduan HP.

Ketika sedang ingin tidur, pengguna masih sibuk dengan berbagai notifikasi yang masuk, membalas chat, atau bahkan berselancar di dunia maya. Akibatnya, waktu tidur pun terlewatkan. Oleh karena itu, biasanya orang-orang yang kecanduan HP tidaklah tidur kecuali sudah terlalu jauh malam, bahkan mendekati waktu subuh.

Selain itu, layar HP memancarkan sinar biru (bluelight) yang terbukti dapat menahan produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu mengontrol siklus tidur. Akibatnya, orang tersebut sulit untuk tidur di malam hari dan kalaupun tidur tetap tidak bisa nyenyak.

Kebiasaan seperti ini tidak hanya menyebabkan badan terasa kurang segar saat bangun di pagi hari, tetapi juga mengakibatkan munculnya berbagai gangguan kesehatan, semisal obesitas, diabetes, serta penyakit jantung.

Baca juga: (Viral) Kisah Anak “Mata Hitam” Karena Kecanduan HP

Berapa Lama Waktu Ideal Bermain HP

Terkait dengan berapa lama waktu ideal bermain HP, para ahli menyarankan waktu maksimal anak bermain HP adalah 1-2 jam per hari. Berikut detail durasi bermain gadget yang disarankan untuk anak berdasarkan usianya :

  • Anak usia di bawah 2 tahun sebaiknya tidak diberi kesempatan untuk bermain HP sama sekali.  Jika terpaksa, anak usia di atas 1,5 tahun bisa saja menggunakan HP, namun wajib untuk didampingi orangtua dan waktu bermainnya tidak lebih dari 1 jam per hari.
  • Anak usia 2-5 tahun sebaiknya hanya diperbolehkan bermain HP maksimal 1 jam per hari. Dalam hal ini, orang tua harus komitmen untuk menerapkan pembatasan waktu tersebut pada anaknya.
  • Anak usia 6 tahun ke atas sebaiknya hanya diperbolehkan bermain HP dalam waktu yang telah disepakati dengan orang tua. Misalnya, hanya pada akhir pekan atau maksimal 2 jam per hari.
  • Anak usia remaja sebaiknya hanya diperbolehkan bermain HP dalam waktu 257 menit atau sekitar 4 jam 17 menit.

Adapun waktu ideal bermain HP bagi orang dewasa sama sekali tidak ada batasannya. Hanya saja, disarankan setiap orang dewasa menggunakan HP sebijak mungkin. Jangan sampai ketagihan dan mengakibatkan tanggung jawab jadi terbengkalai dan mengakibatkan pola hidup yang kurang sehat.

Durasi Penggunaan Gadget Menurut WHO

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), waktu ideal menatap layar HP bagi anak-anak terutama balita seharusnya tidak lebih dari 1 jam. Alasannya, anak-anak membutuhkan aktivitas fisik agar bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

Ketika anak kecil bermain gadget terlalu lama, dikhawatirkan akan selalu dalam posisi yang sama dalam waktu lama dan kurang dalam melakukan aktivitas fisik. Hal ini tentu saja kurang bagus bagi kesehatan dan perkembangannya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar penggunaan gadget pada anak dibatasi dan diimbangi dengan aktivitas fisik. Jangan biarkan anak-anak terlalu lama dalam posisi yang sama dan pastikan mereka memiliki cukup waktu istirahat.

Tips Menghilangkan Ketagihan HP

Setelah mengetahui dampak negatif ketagihan bermain HP, maka sudah saatnya bagi sobat yang mengalami hal tersebut untuk menghilangkannya. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan disebutkan tips menghilangkan ketagihan HP.

1. Matikan Mobile Data

Salah satu cara mengatasi ketagihan bermain HP adalah dengan mematikan mobile data. Bagaimanapun, smartphone umumnya sudah terinstal dengan berbagai aplikasi yang terus menerus aktif, seperti aplikasi media sosial, email, dan yang lainnya.

Oleh karena itu, setiap saat notifikasi dari berbagai aplikasi tersebut masuk dan menarik minat sobat untuk membukanya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika sobat mematikan mobile data selama beberapa waktu.

2. Perbanyak ‘Me Time’

Hidup tidak sebatas bermain HP. Banyak hal-hal penting atau bermanfaat yang perlu dilakukan untuk diri sobat sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya atasi kecanduan HP dengan memperbanyak ‘me time’ atau meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Setiap orang berbeda-beda cara meluangkan waktu untuk dirinya sendiri. Ada yang berjalan-jalan di mall atau tempat-tempat rekreasi lainnya, ada yang bersantai sembari menikmati secangkir kopi di rumah atau di café, ada yang sekedar membaca buku, dan yang lainnya.

3. Jangan Bermain Gadget Saat Mau Tidur

Saat mau tidur, sebaiknya Anda menjauhkan gadget dari jangkauan. Dengan begitu, Anda bisa lebih rileks dan siap untuk tidur. Sebab, sebagian penelitian menunjukkan kalau bermain gadget kala hendak tidur akan menekan melatonin, yang otomatis akan mengganggu waktu tidur yang dibutuhkan oleh tubuh.

Perlu dipahami bahwa setiap aktivitas memiliki nilai masing-masing yang tidak bisa diabaikan. Waktu tidur memiliki nilai tersendiri, yang tentunya akan memengaruhi tingkat kesegaran tubuh. Ujung-ujungnya akan berdampak besar bagi kesehatan tubuh Anda.

4. Belajar Seimbangkan Waktu

Segala sesuatu dalam hidup ini membutuhkan kesimbangan. Sesuatu yang sifatnya berlebihan tidak akan memberikan hasil yang baik. Demikian pula halnya dengan kehidupan sobat sehari-hari.

Sobat harus bisa mengatur kesimbangan antara waktu ngumpul bareng bersama teman, waktu bermain HP, waktu berkumpul bersama keluarga, dan yang lainnya. Jangan sampai ada yang berlebihan sehingga menelantarkan yang lain.

Dengan belajar menyeimbangkan waktu, sobat secara tidak langsung belajar untuk mengatasi ketagihan bermain HP. Bertanggung jawab pada diri sendiri untuk senantiasa komitmen dalam pengaturan waktu akan membantu sobat konsisten dalam menyeimbangkan waktu dengan baik.

Demikianlah penjelasan mengenai ketagihan HP, akibat terlalu lama bermain HP, serta tips menghilangkan ketagihan HP. Semoga penjelasan di atas bermanfaat, khususnya bagi sobat yang saat ini ketagihan HP dan sedang berusaha untuk mengatasinya.

Feedback: Jika ada informasi yang keliru silahkan sampaikan melalui halaman Kontak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instal AndroidPonsel.com di perangkat

Install
×