Perbedaan Spesifikasi Realme X2 dan Realme XT Dari Kamera Sampai Prosesornya

| | , ,

Selain meluncurkan Realme XT, Realme juga meluncurkan smartphone terbarunya dengan kode nama Realme X2 di China. Ponsel ini hadir dengan beberapa spesifikasi yang sama seperti tipe XT! Lantas apa saja perbedaan dari kedua smartphone ini? Tentu saja sebelum Sobat membacanya alangkah lebih baik pastikan sobat sudah mendapatkan tempat yang nyaman untuk bersandar hari ini? ๐Ÿ˜€

Tampilan Depan Masih Tetap Sama

Realme X2

Pada bagian layar, Realme X2 hadir dengan ukuran yang sama dengan XT yakni 6,4 inci dengan teknologi panel Super AMOLED yang menghasilkan resolusi 1080 x 2340 pixel Full HD+. Selain itu bagian layar dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Urusan tampilan muka (depan) Realme XT dan X2 sama-sama hadir dengan takik berbentuk tetesan air sebagai tempat kamera depan disematkan. Tak ada perbedaan dibagian ini.

Beralih kebagian belakang, keduanya hadir dengan corak yang sama, dan pilihan warna yang disuguhkan juga sama yakni Pearl White dan Pearl Blue. Posisi peletakan kamera utama juga sama yaitu ada pada bagian pojok kanan atas yang disusun secara vertikal. Pada bagian ini tidak ada sensor pemindai sidik jari, karena sudah disematkan pada bagian layarnya. Selain itu bagian belakang juga mendapatkan perlindungan dari Corning Gorilla Glass 5.

Dukungan Sensor Kamera 64MP

Baik Realme XT ataupun X2 keduanya sama-sama mendapatkan sensor kamera 64MP ISOCELL Bright Gw1 buatan Samsung yang juga digunakan pada Redmi Note 8 Pro dan Samsung Galaxy A70s. Tidak ada perbedaan konfigurasi yang didapatkan pada X2 pada kamera utama ini, yaitu 64 MP lensa wide berbukaan f/1.8 PDAF dengan 8 MP lensa ultrawide berbukaan f/2.3 dan 2 MP sebagai lensa dedicated macro camera serta 2 MP sensor kedalaman berbukaan f/2.4. Kemampuan kamera utama dapat merekam video dengan resolusis 4K pada 30fps dan Full HD pada 60fps serta mampu menangkap slow-motion pada 960fps.

Baca : Realme XT vs Redmi Note 8 Pro ; Perbandingan Dua HP Berkamera 64MP Mana yang Terbaik?

Peningkatan justru hadir pada kamera depan, Realme X2 hadir dengan sensor yang lebih besar yakni 32MP berbukaan f/2.0 sedangkan XT hanya 16MP dengan bukaan f/2.0.

Dukungan Chipset yang Lebih Gahar

Perbedaan yang lebih jelas akan terlihat pada performanya, karena Realme X2 hadir dengan chipset yang lebih gahar dibandingkan Realme XT. tipe XT diperkuat dengan chip Snapdragon 730G dengan clock speed 2.2 GHz yang disandingkan dengan RAM 6GB atau 8GB dengan penyimpanan internal 128 GB atau 256 GB. Selain itu ponsel ini masih dibekali dengan slot microSD secara terpisah yang kompetibel sampai dengan 256GB.

Sebagai informasi; Snapdragon 730G adalah chipset jajaran atas, tahtanya berada dibawah Snapdragon seri 8xx yang berada diposisi puncak, lawan dari SD730G ini adalah Mediatek Helio G90T yang digunakan pada Redmi Note 8 Pro, yang mana keduanya didedikasikan untuk menunjang aktivitas gaming yang berat di smartphone. Tentunya kedua smartphone ini akan menarik jika kita bandingkan, semoga saja saya dapat membandingkan keduanya ya.

Urusan daya baterai, Realme X2 masih menggunakan kapasitas baterai yang sama dengan XT yaitu 4000mAh, namun X2 sudah mendapatkan teknologi pengisian cepat lebih baik yaitu VOOC 4.0 dengan daya 30W yang diklaim mampu mengisi 67% hanya dalam 30 menit saja.

Realme X2
image credit realme.com/cn

Realme X2 hadir dengan sistem operasi Android 9.0 Pie yang dibalut dengan antaramuka Color OS6 yang kabarnya akan segera mendapatkan upgrade ke Android 10. Fitur lain yang hadir pada Realme X2 antara lain mendapatkan teknologi suara dari Dolby Atmos dan Audio Hi-Res , ponsel ini masih mendapatkan jack 3,5 mm dan mendapatkan teknologi NFC yang tidak didapatkan pada Realme XT.

Harga dan Ketersediaan

Realme X2 baru tersedia di pasar China, smartphone ini dijual dikisaran harga 1.599 Yuan atau dalam Rupiah berkisar di 3,2 jutaan untuk model RAM 6GB dan ROM 128 GB, sementara untuk RAM 8GB dengan ROM 128 GB memiliki harga jual 1.899 Yuan atau dalam Rupiah berkisar di 3,7 jutaan. Realme XT sendiri baru hadir di India, dengan kisaran harga 3,1 jutaan. Jika dibandingkan harganya seperti tidak terlalu jauh ya.

Kesimpulan yang saya dapatkan Realme X2 hanya mendapatkan peningkatan diantaranya;

  • Kamera Depan hadir dengan sensor lebih tinggi
  • Prosesor lebih bertenaga dengan Snapdragon 730G
  • Teknologi Pengisian cepat lebih baik
  • Hadir dengan Teknologi NFC

Jika nanti sudah resmi dirilis di Indonesia, tentu saja saya lebih memilih Realme X2 karena sudah dapat sobat lihat sendiri perbandingannya, tapi tentunya harga resmi di tanah air bisa saja lebih tinggi. Ya berharap saja akan datang dengan harga yang lebih rendah ya ๐Ÿ˜€

Baca : Realme 5 vs Realme 5 Pro : Spesifikasi, Harga dan Perbedaannya

Previous

Samsung Galaxy A70s Hadir dengan Sensor Kamera 64MP, Snapdragon 675 dan RAM 8GB

Realme X2 Pro Akan Diperkuat dengan Snapdragon 855 Plus

Next

Tinggalkan komentar di sini