Terabox Penyimpanan Cloud Gratis 1TB Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya

terabox cloud

Penasaran apa itu Terabox Cloud dan kenapa bisa ramai diperbincangkan, berikut kami ulas secara lengkap beserta kelebihan dan kekurangannya.

Seiring dengan perkembangan internet yang semakin pesat, penyimpanan online semakin laris digunakan, baik untuk skala perusahaan maupun individu. Tidak heran jika perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang layanan penyimpanan cloud atau online semakin banyak bermunculan.

Salah satu penyimpanan cloud yang paling terkenal saat ini adalah Terabox. Meskipun banyak layanan penyimpanan data semisal, namun para pengguna lebih mengunggulkan Terabox. Hal ini terlihat dari jumlah pengguna terdaftar yang sudah mencapai 100 juta.

Satu hal paling menguntungkan ketika menggunakan dan pendaftaran di Terabox adalah mendapatkan cloud gratis sebesar 1TB (1024GB) dan berlaku seumur hidup. Menarik bukan? Yuk simak detail ulasan mengenai Terabox di bawah ini.

Apa Itu Terabox?

terabox

Perlu diketahui bahwa Terabox merupakan salah satu layanan penyimpanan dan pencadangan cloud. Berbagai jenis file dapat disimpan di dalamnya. Setelah file tersimpan, sobat selaku pengguna memiliki  kontrol penuh atas seluruh file tersebut.

Menariknya, Terabox memberikan kapasitas penyimpanan gratis 1TB bagi setiap pengguna yang mendaftarkan diri. Bonus penyimpanan tersebut gratis dan berlaku seumur hidup.  Sangat jauh berbeda dengan layanan semisal yang umumnya hanya memberikan bonus penyimpanan gratis maksimal 2GB jika melakukan pendaftaran.

Fitur pencadangan otomatis yang terdapat pada Terabox menjadikan sobat selaku pengguna bisa lebih menghemat ruang penyimpanan gadget. Terlebih lagi, pencadangan tersebut berjalan baik pada perangkat smartphone, tablet, maupun komputer.

Selain itu Terabox juga punya fitur manarik, yaitu sobat bisa memutar video dan audio secara online di cloud. Pemutarannya tersedia dalam berbagai kecepatan. Bahkan, sobat dapat memilih resolusi video full HD 1080P.

Baca juga: Inilah Cara Transfer Foto dan Video dari iCloud ke Google Foto

Cara Menggunakan Terabox

Setelah mendaftarkan diri ke Terabox, sobat sudah bisa menggunakan layanan penyimpanan tersebut. Jika belum tahu cara menggunakannya, simak saja detail cara menggunakan Terabox di Android, iPhone, dan PC/laptop di bawah ini.

1. Cara Menggunakan Terabox di Android

Salah satu keunggulan dari Terabox adalah berfungsi sebagai penyimpanan cloud di berbagai perangkat, termasuk yang berbasis Android. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Jika sobat masih bingung, simak saja detail cara menggunakannya pada perangkat Android di bawah ini :

  • Pertama, silahkan sobat unduh terlebih dahulu aplikasi Terabox dari Google Play Store.
  • Setelah selesai mengunduh, instal dan buka aplikasinya. Jangan lupa memberikan akses izin aplikasi.
  • Setelah itu, login akun atau buat akun untuk pengguna baru.
  • Nantinya sobat harus melakukan verifikasi akun apabila membuat akun baru.
  • Setelah itu, tap pada menu Upload File yang terdapat di bagian halaman utama aplikasi.
  • Selanjutnya, pilih file yang ingin sobat simpan di dalam penyimpanan Terabox.
  • Selesai, kini sobat sudah berhasil melakukan backup file.

2. Cara Menggunakan Terabox di iPhone

Selain menggunakan perangkat berbasis Android, Terabox juga sudah kompetibel pada iPhone. Cara menggunakannya sangat mudah, sobat hanya perlu melakukan langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, unduh terlebih dahulu aplikasi Terabox melalui App Store.
  • Setelah itu, instal aplikasi penyimpanan cloud tersebut.
  • Setelah terinstal di perangkat iPhone sobat, langsung saja tap untuk membuka aplikasinya.
  • Jika sobat baru pertama kali menggunakannya, maka harus membuat akun baru terlebih dahulu menggunakan Gmail atau Facebook.
  • Jika sudah punya akun sebelumnya, tinggal login saja menggunakan data-data login sobat.
  • Selanjutnya tinggal jalankan Terabox.
  • Saat sudah berada di laman utama aplikasi, lanjutkan dengan tap pada tanda Plus (+).
  • Setelah itu, sobat tinggal cari file-file apa saja yang ingin di-backup ke Terabox.
  • Tap tombol OK, proses upload semua file akan berjalan.
  • Selesai, kini sobat sudah berhasil melakukan backup file.

Jika sudah berlangganan akun premium, sobat bisa mengaktifkan opsi pencadangan file secara otomatis. Dengan begitu, tidak perlu repot-repot mengupload file secara manual.

3. Cara Menggunakan Terabox di PC/Laptop

Jika sobat menggunakan perangkat PC/laptop, tidak perlu khawatir. Sebab, sobat juga bisa menggunakan layanan penyimpanan cloud dari Terabox. Adapun detail cara penggunaannya adalah sebagai berikut :

  • Pertama, bukalah dulu aplikasi web browser yang terdapat di PC/laptop sobat.
  • Setelah itu, kunjungi situs terabox.com.
  • Setelah laman utamanya terbuka, login saja langsung menggunakan akun sobat.
  • Setelah masuk ke halaman menu home, selanjutnya klik tombol upload yang terdapat di bagian layar bagian atas.
  • Pilih opsi satu atau beberapa file yang ingin disimpan, lalu klik Open.
  • Tunggu sampai progresnya menunjukkan 100%.
  • Jika sudah, semua file-file tersebut berhasil sobat disimpan di dalam cloud.
  • Selesai, kini sobat sudah berhasil melakukan backup file.

Kelebihan Kekurangan Terabox

Produk apapun yang diproduksi, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk dalam hal ini Terabox. Produk ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Di antara kelebihannya adalah sebagai berikut :

  • File yang tersimpan tidak mudah rusak. Sebab, layanan ini sangat menjaga kondisi servernya agar tidak terjadi kerusakan perangkat.
  • Memiliki sistem keamanan yang ketat. Dijamin keamanan privasi pengguna tidak akan terganggu atau diketahui oleh siapapun.
  • Terabox memiliki antarmuka yang sederhana dan minimalis. Oleh karena itu, sobat tidak bakalan kesulitan dalam mengoperasikannya. Selain itu, sobat tidak perlu hardisk maupun flashdisk kemanapun.
  • Dengan menggunakan layanan Terabox, sobat juga bisa menghemat media penyimpanan. Sebab, semua data yang sobat upload ke Terabox secara otomatis akan tersimpan pada database dalam bentuk digital. Oleh karena itu, sama sekali tidak akan memenuhi memori penyimpanan.

Selain berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Terabox, tentu saja produk ini juga memiliki beberapa kekurangan. Di antara kekurangan tersebut sebagai berikut :

  • Untuk bisa menggunakan layanan Terabox, perangkat yang sobat gunakan harus terhubung ke internet.  Jika tidak terhubung, tentu tidak akan bisa digunakan.
  • Ketika sobat ingin menyimpan data berukuran besar, tentu saja harus terhubung dengan koneksi internet terlebih dahulu. Sayangnya, semakin besar data yang ingin diupload, maka kecepatan internet yang dibutuhkan semakin tinggi.

Apakah Terabox Aman Digunakan ?

Tidak perlu ragu menggunakan layanan Terabox. Sudah banyak yang menggunakan layanan ini dan sampai sekarang belum terdengar adanya kasus-kasus yang tidak diinginkan terjadi berkaitan dengan layanan penyimpanan cloud tersebut.

Terabox mendapatkan dukungan teknologi mutakhir dan protokol keamanan yang ketat. Oleh karena itu, kerahasiaan data-data sobat selaku pengguna tetap terjaga. Selain itu, Terabox juga menawarkan banyak teknologi terkemuka, di antaranya adalah Secure Sockets Layer (SSL).

Itulah tadi penjelasan mengenai Terabox dan hal-hal penting lain yang berkaitan dengannya. Jika sobat sedang mencari penyedia layanan penyimpanan cloud terbaik dan murah, maka layanan Terabox merupakan pilihan yang tepat.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ikuti Kami di WhatsApp Channel

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks