9 Aplikasi Bahasa Arab Terbaik Untuk Mempermudah Belajar

aplikasi bahasa arab

Saat ini aplikasi bahasa Arab sudah semakin banyak tersedia di Google Play Store. Rata-rata aplikasi tersebut bisa diunduh gratis. Tentunya kehadiran perangkat lunak tersebut menjadikan kaum muslimin semakin mudah dalam mempelajari bahasa Arab.

Setiap muslim tentu memahami pentingnya bahasa Arab. Bagaimanapun juga, Al-Quran dan hadits-hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam semuanya menggunakan bahasa Arab. Untuk bisa memahaminya dengan baik dan benar, tentu butuh penguasaan bahasa Arab.

Agar tidak salah paham, perlu dicatat bahwa aplikasi belajar bahasa Arab hanyalah penunjang, bukan yang utama. Jika ingin mahir dan fasih dalam berbahasa Arab, sobat mesti mempelajarinya secara intensif sebagaimana mempelajari bahasa-bahasa asing lainnya.

Rekomendasi Aplikasi Bahasa Arab Terbaik

Lantas apa sajakah aplikasi yang direkomendasikan untuk sobat sekalian? Yuk simak daftar aplikasi tersebut dan penjelasannya di bawah ini.

1. Learn Arabic – FunEasyLearn (Unduh)

Learn Arabic

Aplikasi bahasa Arab paling pertama yang direkomendasikan saat ini adalah Learn Arabic dari FunEasyLearn. Sobat bisa belajar menulis, membaca, dan berbicara dalam bahasa Arab dengan menggunakan Learn Arabic. Tentunya belajar jadi semakin praktis dengan bantuan aplikasi ini.

Terdapat ribuan kosa kata bahasa dalam berbagai topik di dalam aplikasi yang satu ini. Bahkan, sobat juga bisa me-review kembali materi-materi yang ada.

Untuk mengunduh aplikasi ini, sobat bisa langsung mengunjungi Google Play Store dan mengetikkan nama aplikasinya di fitur pencarian. Setelah muncul, sobat bisa mengunduhnya secara gratis.

Kualitas aplikasi ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Hal tersebut terbukti dengan jumlah penguduhnya yang mencapai lebih dari 1 juta. Bahkan, peringkat aplikasinya mencapai 4,8 dari total 5 bintang.

2. Kamus Arab Indonesia (Unduh)

Jika sobat sedang mempelajari bahasa Arab dan membutuhkan aplikasi yang bisa membantu menambah perbendaharaan kosa kata basa Arab, sebaiknya sobat menginstal aplikasi Kamus Arab Indonesia dari Ristek Muslim.

Keunggulan aplikasi ini terletak pada jumlah kosa kata di dalamnya yang tergolong lengkap dan penataan listing pencarian kamus ma’ajimul arab.

Dengan bantuan aplikasi ini, sobat tidak akan kesulitan menerjemahkan kalimat dalam bahasa arab karena punya kosa kata yang sangat lengkap.

Saking terkenalnya aplikasi terjemahan bahasa Arab ini, jumlah unduhannya di Google Play Store sudah mencapai 1 juta. Rating juga sangat tinggi, yaitu 4.7 bintang dari total 5 bintang.

3. Duolingo (unduh)

Duolingo

Aplikasi yang bernama Duolingo ini memang bukan aplikasi terjemahan bahasa Arab secara khusus, tetapi berbagai bahasa di dunia, termasuk bahasa Arab. Penggunaannya tidak sulit dan mudah oleh pemula sekalipun.

Bagi sobat yang serius ingin mempelajari bahasa Arab, sobat bisa menggunakan aplikasi ini. Di dalamnya terdapat banyak istilah-istilah kosakata dalam bahasa Arab, termasuk pula cara pengucapan dalam bentuk audio.

Karena aplikasi ini tidak hanya tersedia satu bahasa saja tetapi juga bahasa lainnya, tidaklah mengherankan jika jumlah unduhannya mencapai lebih dari 100 juta. Rating aplikasi juga sangat tinggi yaitu 4,6 bintang, meskipun masih berada di bawah rating dari aplikasi sebelumnya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Bali

4. Learn Arabic For Beginners (unduh)

Learn Arabic for Beginners

Sesuai namanya, aplikasi ini memang sangat cocok untuk orang yang baru belajar bahasa Arab. Tidak heran jika jumlah orang yang mengunduhnya di Google Play Store sangat banyak.

Banyak materi bahasa Arab yang ada di dalam aplikasi ini. Bahkan, terdapat 100 sesi dengan sekitar 10 tahapan atau level pembelajaran yang berbeda-beda. Agar sobat tidak merasa jenuh dan bisa saat belajar, AlifBee juga menyediakan kuis-kuis bahasa Arab yang sobat ikuti.

Saat ini aplikasi tersebut sudah mendapatkan unduhan lebih dari 500.000 kali dan berhasil mendapatkan peringkat 4,7 dari total 5 bintang.

5. Bahasa Arab A1 untuk Pemula (unduh)

Bahasa Arab A1

Aplikasi yang bernama Bahasa Arab A1 untuk Pemula ini sangat cocok untuk sobat yang sedang mempelajari bahasa Arab, khususnya dalam kemampuan berbicara dengan bahasa tersebut. Pasalnya, di dalam aplikasinya terdapat banyak materi percakapan.

Banyak sekali tema percakapan yang terdapat di dalam aplikasinya. Di antara tema atau topik tersebut adalah percakapan tentang rumah, profesi, cuaca, pendidikan, transportasi, cuaca, dan masih banyak lagi.

Banyak fitur menarik yang terdapat di dalam aplikasi tersebut, di mana semua fitur yang disematkan padanya mudah digunakan.

Jika sobat tertarik untuk mengunduh aplikasinya, kunjungi saja Google Play Store dan cari aplikasi yang ingin diunduh.

6. Percakapan Bahasa Arab Lengkap (unduh)

Percakapan Bahasa Arab Lengkap

Banyak sekali percakapan-percakapan dalam bahasa Arab yang bisa sobat jadikan sebagai materi pembelajaran untuk memudahkan pembelajaran. Oleh karena itu, aplikasi yang satu ini sangat direkomendasikan.

Bukan hanya percakapan, aplikasi ini hadir dengan mengusung fitur-fitur menarik lainnya, semisal fitur belajar tata bahasa Arab atau yang lainnya.

Jumlah unduhan aplikasinya sudah lumayan banyak, berkisar 500 kali. Lumayan besar dan menunjukkan kalau aplikasi ini bisa dipercaya.

7. Belajar Bahasa Arab Praktis (unduh)

Belajar Bahasa Arab Praktis

Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi terjemahan bahasa Arab terbaik saat ini. Di dalamny terdapat banyak pembelajaran mengenai ilmu tata bahasa Arab. sobat juga dapat mempelajari kosa kata bahasa Arab yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Keberadaan aplikasi ini tentu saja menawarkan pembelajaran yang praktis dan mudah karena disertai dengan gambar. Aplikasi ini juga termasuk salah satu aplikasi yang membantu untuk mengetahui dasar-dasar bahasa Arab.

Untuk mengunduh aplikasinya sangat mudah, sobat hanya perlu mengunjungi Google Play Store dan mengunduhnya secara gratis. Jumlah unduhannya sudah sangat banyak, yaitu mencapai 100 juta kali. Ratingnya pun sangat tinggi, yaitu 4,7 bintang dari total 5 bintang.

8. Mondly (Unduh)

Aplikasi selanjutnya yang juga direkomendasikan untuk sobat adalah Mondly. Aplikasi ini memiliki kemiripan dengan aplikasi Memrise yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu sebagai aplikasi bahasa asing, termasuk di dalamnya terdapat bahasa Arab.

Dengan bantuan aplikasi ini, sobat bisa fokus dalam mempelajari cara melakukan percakapan dalam Berbagai bahasa, termasuk kosakata.

Di Mondly, sobat dengan mudah bisa menemukan fitur semacam statistik belajar, leaderboard untuk tujuan motivasi. Jika sobat siap untuk belajar bahasa Arab dengan Mondly, langsung saja kunjungi Google Play Store untuk mengunduhnya.

9. Belajar Bahasa Arab + Suara (unduh)

Belajar Bahasa Arab + Suara

Anak sobat ingin belajar bahasa Arab? Jika iya, instalkan saja aplikasi yang bernama Belajar Bahasa Arab + Suara. Menariknya, aplikasi ini bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, yaitu dengan gambar dan suara.

Saat ini aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari 1 juta kali dan mendapatkan rating 4,8 dari total 5 bintang. Hal ini menunjukkan kalau kualitas aplikasi ini sangat bagus.

Itulah tadi daftar aplikasi bahasa Arab yang bisa dibagikan pada postingan kali ini. Jika sobat tertarik untuk belajar bahasa Arab, tinggal unduh dan instal salah satu aplikasi di atas.

Feedback: Jika ada informasi yang keliru silahkan sampaikan melalui halaman Kontak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instal AndroidPonsel.com di perangkat

Install
×