Realme 5 Pro vs Realme X – Mana yang Spesifikasinya Lebih Tinggi

Realme 5 Pro vs Realme X
Piliha mana Realme 5 Pro vs Realme X

Realme sangat gencar merilis produk-produk terbarunya, jajaran ponsel terbaru tahun ini yang sudah resmi dirilis adalah Realme 5 series, Realme X, Realme XT, Realme X2 dan akan merilis Realme X2 Pro yang menjadi ponsel pertama di segmen kelas atas. Beberapa minggu lalu, kami sudah membandingkan spesifikasi antara Realme 5 Series, kini saya akan mengorek perbandingan spek dari Realme 5 Pro vs Realme X.

Seperti yang kita ketahui Realme X hadir lebih dahulu dibandingkan dengan Realme 5 Pro. Masing-masing ponsel hadir dengan keunggulannya tersendiri. Untuk harga keduanya terpaut selisih cukup jauh. Jika Sobat masih bingung memilih diantara kedua ponsel ini. Saya akan mencoba memberikan berbagai perbandingan antara keduanya.

Realme 5 Pro vs Realme X

Tampilan Design Mengusung IPS LCD vs Super AMOLED

Dari sisi design, kedua ponsel ini hadir dengan tampilan depan yang berbeda, Realme 5 Pro hadir dengan layar yang dilengkapi takik berbentuk tetesan air yang menjadi tempat untuk kamera depannya, sedangkan Realme X hadir dengan layar penuh tanpa adanya takik karena kamera depan sudah dibekali dengan sistem pop-up.

Urusan teknologi layar Realme X sudah hadir dengan teknologi Super AMOLED, sedangkan Realme 5 Pro masih menggunakan IPS LCD. Sementara ukurannya Relame X hadir dengan ukuran lebih luas yakni 6,53 inci dan Realme 5 Pro 6,3 inci. Keduanya hadir dengan resolusi 1080 x 2340 pixel dan sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass.

Beralih kebagian belakang, Keduanya sama-sama berbekal bodi yang terbuat dari pelastik. Dibagian ini Realme 5 Pro menunjukan keunggulannya dengan berbekal empat kamera pada bagian belakang yang tersusun secara vertikal pada bagian pojok kanan atas, sementara Realme X hanya dua kamera yang juga tersusun secara vertikal pada bagian tengah perangkat.

Realme 5 Pro masih menyematkan pemindai sidik jari dibagian belakang, sedangkan Realme X sudah mendapatkannya di bagian layar.

Quad Camera vs Dual Camera

Tentu saja Quad Camera adalah pilihan terbaik. Tapi walaupun Realme X hanya berbekal dua kamera, tapi salah satu sensornya sudah mendapatkan sensor 48MP. Untuk perbandingan konfigruasi kameranya Sobat bisa melihatnya di bawah ini;

Kamera Realme 5 Pro ;

  • 48 MP, f / 1.8, (wide), 1/2 “, 0.8μm, PDAF
  • 8 MP, f / 2.2, 13mm (ultrawide), 1/4″, 1.12μm
  • 2 MP, f / 2.4, 1/5 ” , 1,75μm (kamera makro khusus)
  • 2 MP, f / 2.4, 1/5 “, 1,75μm, sensor kedalaman.

Kamera Realme X;

  • 48 MP, f / 1.7, (wide), 26mm (lebar), 1/2 “, 0.8µm, PDAF
  • 5 MP, f / 2.4, sensor kedalaman.

Untuk kamera depan, kedua HP ini dibekali dengan ukuran sensor yang sama yakni 16MP, tapi Realme X sudah hadir dengan teknologi motorized pop-up.

Snapdragon 712 vs Snapdragon 710

Urusan performa, masing-masing ponsel hadir dengan chip prosesor yang berbeda. Realme 5 Pro mendapatkan Snapdragon 712 sedangkan Realme X hadir dengan SD710. Urusan performa, Realme 5 Pro hadir dengan performa lebih baik walaupun perbandingannya tipis sekali.

Walaupun demikian kedua chip ini dibekali dengan GPU yang sama yaitu Adreno 616 sehingga untuk urusan bermain game sepertinya tidak akan jauh berbeda.

Urusan Memori RAM Realme 5 Pro hadir dengan pilihan RAM diantaranya RAM 4GB, RAM 6GB dan RAM 8GB dengan penyimpanan internal 128GB yang juga dibekali dengan slot microSD, sedangkan Realme X hadir dengan RAM 4GB, 6GB dan 8GB dengan penyimpanan 128 GB dan 256 GB, sayangnay tidak dilengkapi dengan slot microSD. Walaupun tidak semua pilihan tersebut hadir di Indonesia.

Kapasitas Baterai dan Fitur

Untuk baterainya, Realme 5 Pro hadir dengan kapasitas yang lebih besar yakni mendapatkan 4035 mAh, sedangkan Realme X hanya mendapatkan kapasitas 3765 mAh. Keduanya sudah dibekali dengan pengisian cepat VOOC 3.0 berdaya 30W yang mampu melakukan pengisian baterai 50% hanya dalam 30 menit saja.

Urusan suara Realme X hadir dengan dukungan Dolby Atmos, sedangkan 5 Pro tidak mendapatkannya.

Baca juga: Bagus Mana? Realme 5 Pro vs Oppo A9 2020

Kesimpulan

Dari rangkuman spesifikasi Realme 5 Pro vs Realme X, kita sudah dapat menyimpulkan bahwa kedua smartphone hadir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

kelebihan Realme 5 Pro

  • Hadir dengan Empat Kamera
  • Prosesor yang lebih bertenaga
  • Hadir dengan Slot MicroSD
  • Kapasitas Baterai lebih besar

Kekurangan Realme 5 Pro 

  • Layar masih IPS LCD
  • Pemindai Sidik jari masih di belakang

Kelebihan Realme X 

  • Hadir dengan kamera pup-up
  • Layar Super AMOLED
  • Dukungan Dolby Atmos
  • Pemindai sidik jari sudah dibagian layar

Kekurangan Realme X

  • Tidak dilengkapi microSD
  • Kamera belakang hanya ada dua sensor

Harga dan Ketersediaan

Kedua handphone ini baik Relame 5 Pro ataupun Realme X sudah secara resmi di Indonesia dan sudah tersedia di beberapa toko online ataupun offline. Kalian bisa melihat referensi harga di bawah ini.

  • Harga Realme 5 Pro dikisaran Rp. 3.699.000 RAM 8GB/ 128 GB
  • Harga Realme X dikisaran Rp.4.599.000 RAM 8GB/ 128

Baca juga: Realme XT vs Redmi Note 8 Pro ; Perbandingan Dua HP Berkamera 64MP Mana yang Terbaik?

 



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks