Cara Agar Layar HP Tidak Mati dan Selalu Menyala

layar hp selalu menyala

Jika Sobat sering mengalami masalah layar HP mati dan tidak selalu menyala, pasti merasa sangat mengganggu. Apalagi, ketika kita sedang menggunakan aplikasi penting atau sedang menelpon seseorang, bahkan yang lebih penting ketika sedang membaca tiba tiba layar hp mati sehingga mengganggu konsentrasi.

Masalah ini bisa terjadi pada semua jenis ponsel pintar, baik Android atau iOS. Artikel ini akan membahas tentang beberapa tips dan trik yang dapat membantu Sobat mengatasi masalah tersebut.

Di artikel ini akan membahas 2 cara agar layar HP tidak mati dan selalu menyala, pertama menggunakan aplikasi, dan kedua melakukan pengaturan layar yang sudah ada pada setiap HP yang ada.

Layar HP Tidak Mati dan Selalu Menyala Menggunakan Aplikasi

Cara pertama sangatlah mudah, hanya perlu menginstal aplikasi bernama Wakey yang bisa di unduh di Google Play Store untuk pengguna Android.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan juga berbayar untuk versi premium seharga $1,99 yang terbilang cukup murah.

Langkah-langkahnya, Sobat hanya perlu instal aplikasi Wakey tersebut dan kemudian membuka aplikasinya. Selanjutnya sobat hanya perlu ketuk icon lampu yang ada di notifikasi sehingga layar HP yang sobat gunakan tidak akan mati dan selalu menyala.

Jika ingin mengembalikannya dalam keadaan normal, sobat tinggal kembali mengetuk notifikasi kembali, dan HP sobat akan kembali ke pengaturan awal sehingga layar kembali mati diwaktu tertentu sesuai dengan pengaturan.

aplikasi wakey

Di atas adalah gambar penggunaan aplikasi wakey, yang mana icon lampu tidak menyala artinya aplikasi tidak aktif dan layar normal, yang kedua icon lampu menyala menandakan bahwa layar tidak akan mati atau selalu menyala.

Baca juga: Cara Mematikan Talkback Di HP Vivo dan HP Lainnya

Layar HP Tidak Mati dan Selalu Menyala Melalui Pengaturan HP

Jika sobat malas untuk menginstal aplikasi karena ruang penyimpanan sudah hampir penuh, sobat biasa membuat layar hp selalu menyalan dengan mengubah pengaturan layar.

Pada dasarnya semua hp memiliki pengaturan layar yang bisa mengatur seberapa lama layar hp mati secara otomatis, dan ini sangat penting untuk menghemat penggunaan daya baterai, karena semakin lama layar hp menyala akan semakin boros penggunaan baterainya.

Untuk keadaan tertentu sobat bisa melakukan pengaturan layar hp sehingga layar tersebut tidak pernah mati, misal untuk kebutuhan membaca yang memang mengharuskan sobat untuk fokus.

Tak perlu berlama-lama berikut ini adalah langkah-langkah mengubah pengaturan layar HP agar selalu menyala.

  1. Pertama buka pengaturan HP.
  2. Pilih Opsi Layar dan Sandi (sesuaikan dengan merk HP yang sobat gunakan).
  3. Di sini sobat akan menemukan pengaturan waktu berapa lama layar hp akan mati otomatis, jika menginginkan selalu menyala sobat bisa pilih “Never” / “jangan” sehingga layar hp sobat akan selalu menyala.

Untuk mempermudah, sobat bisa melihat gambar pengaturan layar di bawah ini, jika ada perbedaan di HP yang sobat miliki silahkan cek menu yang sama, karena kemungkinan perbedaannya hanya pada penamaan saja.

pengaturan layar HP

Layar HP Tidak Bisa selalu Menyala?

Nah ada beberapa yang mengalami layar HP tidak bisa selalu menyala padahaal sudah mengikuti dua cara di atas.

Jangan panik, karena ada beberapa kemungkinan yang membuat cara-cara tersebut tidak bekerja, berikut adalah beberapa langkah untuk melakukan pemeriksaan kenama layar hp tidak bisa dibuat selalu menyala.

1. Periksa Pengaturan Layar

Pertama-tama, Sobat harus memeriksa pengaturan layar pada ponsel pintar. Pastikan pengaturan layar sudah benar yaitu tidak diatur untuk mati secara otomatis setelah beberapa menit atau detik tidak digunakan.

Untuk memeriksa pengaturan ini sama halnya seperti cara di atas yaitu, buka menu pengaturan dan cari opsi ‘Display’ atau ‘Tampilan’. Pada opsi ini, pastikan bahwa ‘Sleep’ atau ‘Tidur’ diatur pada waktu yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Hapus Aplikasi yang Menyebabkan Masalah

Beberapa aplikasi yang tidak stabil dapat menyebabkan masalah layar mati pada HP. Sobat dapat mencoba menghapus aplikasi yang baru saja diinstal sebelum masalah muncul. Atau, Sobat dapat mencoba menghapus aplikasi yang memang dikenal sebagai penyebab masalah layar mati pada HP.

3. Aplikasi Pengoptimal Baterai

Beberapa aplikasi pengoptimal baterai dapat membantu Sobat menghemat daya baterai HP. Dan ini bisa mempengaruhi bahwa layar hp akan mati di waktu tertentu sehingga pengaturan untuk membuat layar selalu menyala jadi tidak bekerja.

4. Mode Hemat Daya Aktif

Nah mode hemat daya ini sangatlah penting, tapi jika sobat ingin membuat layar hp selalu menyala sebaiknya mode hemat daya tidak diaktifkan karena akan menyebabkan konflik yang membuat layar hp tetap akan mati di waktu tertentu.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Yang Mati Total

Kesimpulan

Nah bagaimana sudah mengetahui cara untuk membuat layar hp selalu menyala, mudah bukan? Cara ini biasanya digunakan ketika sedang ingin membaca ataupun menonton film di HP, sehingga sobat tidak akan terganggu ketika sedang asik tiba tika layar mati.

Tapi jika sudah melakukannya ada baiknya sobat tidak lupa mengembalikannya kepengaturan awal, jika tidak baterai hp sobat akan cepat habis karena layar yang selalu menyala.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks