Cara Mengatasi Tombol Volume Rusak di Semua HP Android

tombol volume rusak

Jika tombol volume pada HP kamu tiba-tiba rusak, jangan khawatir guys! Ada solusi mudah untuk mengatasinya tanpa harus membayar biaya mahal ke tukang servis. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips bagaimana cara mengatur suara tanpa menggunakan tombol volume di semua HP Android.

Sebelum ke caranya, jika sobat mengalami masalah di tombol power, kami juga sudah memberikan tips untuk mengtasinya di artikel Cara Mengatasi Tombol Power Pada Handphone Yang Bermasalah jadi sobat bisa membaca artikel tersebut.

Sebagai tambahan, tombol volume adalah salah satu komponen smartphone yang rentan banget cepat rusak, jadi alangkah baiknya sobat lebih memperhatikannya dengan cara menggunakannya dengan cara lebih hati-hati.

Nah berikut adalah langkah-langkahnya mengatur suara jika tombol volume rusak!.

Langkah 1: Instal Aplikasi Volume Control

aplikasi Volume Control

Cara mengatasi tombol volume rusak yang pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi khusus bernama Volume Control. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play Store. Link download di sini.

Sebagai informasi Volume Control sangat mudah digunakan. Kamu dapat dengan mudah mengatur profil volume yang sudah ada atau membuat profil baru sesuai dengan kebutuhanmu, dan mengalihkan profil tersebut hanya dengan satu sentuhan. Profil individu terdiri dari: Alarm, Media, Ringer, Notification, Voice (in-call), Bluetooth dan volume sistem secara keseluruhan.

Selain itu, Volume Control juga dapat mendeteksi ketika kamu memasukkan headphone atau mengaktifkan Bluetooth, dan secara otomatis mengalihkan ke profil volume yang kamu inginkan. Kamu bahkan dapat membuat preset otomatis berdasarkan waktu, lokasi fisik, atau acara di kalendermu.

Misalnya, jika kamu akan menghadiri pertemuan bisnis, cukup atur aplikasi untuk mematikan nada dering tepat pada waktu tersebut. Atau jika kamu akan pergi berolahraga, atur aplikasi untuk memompa suara ketika kamu tiba di klub kebugaran. Kemungkinannya hampir tak terbatas!

FITUR SPESIAL TAMBAHAN Berikut adalah beberapa fitur khusus lainnya yang bisa kamu nikmati:

  • Pengaturan volume dan nada dering kustom untuk kontak VIP
  • Opsi untuk memisahkan atau menghubungkan volume dering dan volume notifikasi
  • Kemampuan untuk mengubah nada dering untuk alarm, dering, dan notifikasi
  • Pintasan notifikasi untuk akses cepat ke kontrol dan preset
  • Integrasi dengan Tasker dan Locale melalui plugin preset bawaan

Bagaimana cukup lengkap bukan aplikasi ini?

Langkah 2: Atur Suara di Tab Volume

Ok langkah selanjutnya jika sobat sudah instal aplikasi Volume Control, sobat bisa lansung membuka aplikasi tersebut. Kamu juga bisa mengatur suara melalui ikon yang ada di notifications bar pada HP kamu.

Sobat bisa buat Mode Pengaturan Suara Sendiri, caranya dengan membuka tab Presets. Kamu bisa menggunakan mode yang sudah tersedia seperti Mode Malam atau Silent. Jika belum ada yang cocok, kamu juga bisa membuat mode sendiri dengan cara menekan ikon Plus yang ada di sudut kanan bawah.

Baca juga: Cara Screenshot HP Samsung Galaxy A12

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Volume Control

Menggunakan aplikasi Volume Control untuk mengatur suara pada HP kamu yang tombol volumenya rusak memiliki beberapa keuntungan. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut:

  1. Alternatif pengganti tombol volume

Aplikasi Volume Control menjadi alternatif pengganti tombol volume yang rusak pada HP kamu.

  1. Tombol volume lebih awet

Dengan menggunakan aplikasi Volume Control, penggunaan tombol volume pada HP kamu akan berkurang dan digantikan dengan alat lain. Sehingga, tombol volume pada HP kamu menjadi lebih awet.

  1. Banyak mode pengaturan suara yang tersedia

Aplikasi Volume Control memiliki banyak mode pengaturan suara yang tersedia, sehingga kamu bisa memilih mode yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kesimpulan

Itulah tadi cara mengatasi tombol volume rusak di semua HP Android dengan menggunakan aplikasi Volume Control. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mengatur suara pada HP kamu tanpa harus menggunakan tombol volume yang rusak.

Atau jika sobat memang suka oprek perangkat elektronik, kamu bisa mempelajari skill memperbaiki smartphone agar kamu bisa memperbaikinya secara mandiri. Selamat mencoba!



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks