Berita  

Samsung Exynos 990, Prosesor Terbaru Dengan Kinerja 20% Lebih Tinggi

Samsung Exynos 990

Samsung telah secara resmi mengumumkan prosesor mobile terbarunya bernama Exynos 990. Chip ini hadir dengan peningkatan dari Exynos 980 yang diumumkan pada awal September. Prosesor 990 hadir masuk ke dalam kategori unggulan untuk perangkat flagship, yang digadang-gadang akan menjadi otak dari Galaxy S11 di tahun 2020.

Samsung Exynos 990, Prosesor Terbaru Dengan Kinerja 20% Lebih Tinggi

Exynos 990 hadir dengan prosesor EUV 7nm sama seperti Huawei Kirin 990 5G. Chip 990 hadir dengan delapan inti dalam konfigurasi CPU yaitu tri-Cluster 2 + 2 + 4. Ada 2x Custom CPU Core generasi ke-5 + 2x Cortex-A76  Core + 4x Cortex-A55 Core. Pihak perusahaan mengatakan kinerja CPU telah menigkat sebesar 20% dibandingkan dengan pendahulunya.

Selain itu prosesor ini hadir disandingkan dengan GPU Mali-G77 MP11 yang menggantikan GPU Mali-G76 MP12 di Exynos 9820. Dengan menggunakan GPU baru tersebut perangkat akan mendapatkan peningkatan kinerja dan efisiensi daya hingga 20% dibandingkan pendahulunya. Pihak perusahaan juga menjanjikan permainan game yang bebas lag.

Exynos 990 hadir dengan Dual-Core NPU, sebuah core ekstra lebih dari NPU Exynos 9820. Terdapat juga Digital Signal Processor (DSP) yang mendapatkan peningkatan dengan NPU untuk peningkatan pengalaman dalam hal kinerja kamera, asisten virtual, dan realitas yang diperluas. SoC ini kompetibel dengan enam kamera dengan resolusi hingga 108 MP.

Samsung Exynos 990 + Exynos 5123 Modem

Samsung Exynos 990, Prosesor Terbaru Dengan Kinerja 20% Lebih Tinggi

Prosesor terbaru Exynos 990 hadir dengan dukungan RAM LPDDR5, penyimpanan UFS 3.0 dan UFS 2.1 dan mampu menampilkan resolusi UHD hingga 4K. Prosesor ini juga dilengkapi dengan modem Exynos 5123 untuk menghadirkan teknologi 5G. Modem baru ini mampu menghadirkan kecepatan unduh hingga 7,35 Gbps dalam mmWave dan 5,1 Gbps dalam pengaturan sub-6GHz Ganda E-Ultra-NR (EN-DC) yang “menggabungkan konektivitas LTE dan 5G untuk meningkatkan kecepatan unduhan smartphone”.

Prosesor terbaru dari Samsung ini hadir dengan decoding video 8K UHD pada frame rate 30 perdetik. Selain itu mampu menghadirkan tampilan berkecepatan refresh 120Hz bersamaan video 10-bit dan dukungan tampilan HDR. Keamanannya juga mendapatkan penigkatan dengan alpisan Elemen Kemanan (iSE) yang akan menyimpan dan menangani data pribari di ruangan terpisah dari OS.

Exynos 990 untuk Galaxy S11

Prosesor terbaru dikelas flagship ini dipastikan akan menjadi otak dari smartphone terbaru Samsung di tahun 2020, yaitu Galaxy S11. Bahkan sekarang ini sudah banyak bocoran yang hadir terkait dengan smarpthone tersebut. Berikut adalah rumor dari spesifikasi Galaxy S11 yang akan hadir pada tahun 2020;

  • Hadir dengan Refresh rate yang tinggi antara 90Hz atau 120Hz
  • Desain layar lengkung disekeliling sisinya
  • Menggunakan teknologi kamera yang baru
  • Peningkatan Spesifikasi
  • Akan hadir dalam tiga versi

Jangan terlalu serius menanggapi beberapa rangkuman diatas, karena sampai saat ini hal tersebut masih sekedar bocoran yang masih simpang siur atau bisa dikatakan masih sekedar rumor. Tapi semakin mendekati tahun 2020 sudah dapat dipastikan akan semakin banyak bocoran yang beredar.

sumber : gizmochina

 



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks