Redmi 8A vs Realme C2, Perbandingan HP Harga Satu Jutaan

Redmi 8A vs Realme C2

Halo Sobat AndroidPonsel! Pada kesempatan kali ini kami akan membandingkan Redmi 8A vs Realme C2. Kedua smartphone ini hadir ditahun 2019. Realme C2 diluncurkan pada April 2019, sedangkan Redmi 8A yang baru dirilis September 2019  dan belum dirilis resmi di Indonesia. Untuk itu pada halaman ini kita akan mengorek dan membandingkan kedua perangkat ini. Penasaran?

Redmi 8A vs Realme C2

Desain

Redmi 8A vs Realme C2 hadir dengan desain yang hampir sama yaitu mendapatkan takik berbentuk tetesan air yang menjadi “rumah” kamera depan disematkan. Urusan teknologi panel keduanya menggunakan IPS LCD dengan masing-masing ukuran layar berbeda, Redmi 8A hadir dengan ukuran 6,2 inci sedangkan Realme C2 6,1 inci. Keduanya hadir dengan resolusi layar 720 x 1500 piksel. Sedangkan perlindungan layar Redmi 8A mendapatkan perlindungan yang lebih baik yaitu menggunakan Corning Gorilla Glass 5, sedangkan Realme C2 dengan Corning Gorilla Glass 3. Sementara soal bobot, Redmi hadir dengan berat 188g sedangkan Realme lebih ringan dengan 166g.

Beralih kebagian belakang. Pada bagian ini akan terlihat keduanya dibekali dengan jumlah sensor kamera yang berbeda. Redmi 8A hadir dengan satu sensor kamera yang ditempatkan pada bagian tengah yang juga dilengkapi dengan LED Flash, sedangkan Realme C2 mendapatkan dua sensor kamera yang disusun secara horizontal di pojok kanan atas yang juga dilengkapi dengan LED Flash.

Bicara soal desain belakang, Realme hadir dengan motif yang unik pada bagian ini. Terlihat seperti tekstur berlian yang tentunya membuat ponsel ini semakin kekinian. Sedangkan Redmi hanya berbekal warna gradien polos.

Kamera

Bicara soal kemampuan fotografi, mari kita lihat konfigurasi kamera dari masing-masing smartphone di bawah ini;

Redmi 8A;

  • 12 MP, f/1.8, 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF (Kamera Utama)
  • 8 MP, f/2.0, 1.12µm (Kamera Depan)

Realme C2

  • 13 MP, f/2.2, 1.12µm, PDAF + 2 MP, f/2.4, 1.75µm, depth sensor (Kamera Utama)
  • 5 MP, f/2.0, 1/5″, 1.12µm (Kamera depan)

Soal kamera mana yang lebih unggul antara Redmi 8A vs Realme C2? Tentu saja kami akan lebih memilih Realme C2, karena ponsel ini sudah mendapatkan dua sensor dengan salah satu sensornya adalah sensor kedalaman yang akan membuat kamera mampu menghasilkan foto bokeh dengan mudah.

Ya walaupun untuk hasilnya keduanya nampak tidak ada yang spesial, tapi fitur kamera ini akan menjadi penting untuk mengabadikan momen penting sehingga tidak terlewatkan.

Snapdragon 439 vs Mediatek Helio P22

Soal performa, kedua ponsel mendaptakan dukungan yang berbeda. Redmi 8A mendapatkan dukungan chip Snapdragon 439 sedangkan Realme C2 berbekal Mediatek Helio P22. Dari perbandingan antara kedua chip yang dilakukan oleh versus.com. Mediatek Helio P22 mendapatkan poin yang lebih tinggi dibandingkan Snapdargon 439 dengan perbandingan 76:71. Berikut adalah alasan kenapa Mediatek Helio memiliki performa lebih baik dibandingkan Snapdragon 439;

Mengapa MediaTek Helio P22 lebih baik daripada Qualcomm Snapdragon 439?

  • 16.18% kecepatan jam CPU lebih cepat
  • 2GB ukuran maksimal memori lebih besar?

Mengapa Qualcomm Snapdragon 439 lebih baik daripada MediaTek Helio P22?

  • 0.8 OpenCL versi terbaru

kedua Smarpthone hadir dengan dukungan Memori RAM 2GB atau 3GB, dengan penyimpanan internal Redmi 8A 32GB, dan Realme C2 mendapatkan dua pilihan 16GB atau 32GB. Masing-masing hadir dibekali dengan slot microSD khusus.

Kedua smartphone ini hadir dengan OS Android 9.0 Pie yang dibalut dengan antaramuka dari masing-masing brand Redmi dengan MIUI 10 sedangkan Realme ColorOS 6 Lite.

Kapasitas Baterai

Pada bagian sumber tenaga, Redmi 8A hadir dengan kapasitas baterai cukup besar yakni 5000 mAh yang juga dilengkapi dengan pengisian cepat berdaya 18W, sedangkan Realme C2 hanya mendapatkan 4000 mAh tanpa adanya fitur pengisian cepat.

Sayangnya kedua smartphone belum mendapatkan pemindai sidik jari. Jadi jangan berharap bisa membuka kunci ponsel dengan sentuhan jari ya 😀

Harga dan Ketersediaan

Untuk harganya, kami baru bisa menginformasikan harga resmi Realme C2 di Indonesia. Karena Redmi 8A belum resmi hadir di tanah air. Berikut adalah harganya;

Harga Realme C2

  • RAM 2GB ROM 16GB : Rp. 1.299.000
  • RAM 3GB dengan penyimpanan 32GB Rp. 1.399.000

Harga Redmi 8A 

  • Karena belum hadir secara resmi, berdasarkan harga di India, Redmi 8A berkisar dalam Rupiah 1,4 jutaan.

Pilih yang mana antara Redmi 8A vs Realme C2 ?

Jika diberikan pilihan, kami memilih Redmi 8A, karena ponsel di range harga 1 jutaan dengan baterai 5000 mAh beserta pengisian cepat menjadi pilihan yang kami fokuskan. Tapi pilihan tergantu Sobat, mengiginkan baterai yang besar atau dukungan dual kamera?

 



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks