Cara Mudah Kompres Ukuran foto Di HP Tanpa atau Menggunakan Aplikasi – Smartphone jaman sekarang sudah dilengkapi dengan kamera yang mumpuni dengan hasil tak kalah dengan kamera profesional ya walaupun masih ada kekurangannya, tapi urusan mengabadikan momen dengan cepat, kamera HP sudah bisa diandalkan. Selain itu sekarang ini kamera ponsel sudah berbekal dengan resolusi sensor yang cukup besar bahkan sekarang ini sensor sudah ada yang mencapai 108MP.

Yang menjadi kendala adalah semakin besar sensor tersebut, semakin besar juga ukuran file dari foto yang dihasilkan. Bahkan mencapai 8MB atau 12MB ukuran 1 file foto. Tentu saja ini akan membuat kapasitas HP menjadi cepat penuh. Terlebih lagi jika ada keperluan untuk mengirim file foto seperti keperluan melamar kerja yang membutuhkan foto baru dengan ukuran yang biasanya ditentukan. Nah disini kita perlu melakukan kompres atau resize ukuran dari file foto tersebut.

Baca juga: 10 Aplikasi Merekam Video Call Terbaik di Android

Bagaimana Cara Kompres File Foto di HP?

Jika Sobat ingin mengecilkan ukuran file foto di HP, kalian bisa menggunakan dua cara yang berbeda. yaitu menggunakan aplikasi dan tidak menggunakan aplikasi. Nah dari kedua cara tersebut akan kami bahas di sini. Jadi kalian bisa memilih diantara cara yang akan kami berikan.

Cara Kompres Foto Menggunakan Aplikasi

Di ponsel Android ada banyak aplikasi yang menawarkan layanan untuk kompres Gambar di hp dengan mudah. Kalian bisa mencarinya dengan kata kunci “Compress Image” nantinya kalian akan disuguhkan banyak aplikasi disana. Tapi jangan langsung menginstalnya pastikan reting yang diberikan penggunanya tinggi diatas 4.5 ya! Dan lihat komentar penggunanya jangan sampai sudah diinstal tapi aplikasi tidak bekerja dengan baik. Atau kalian bisa melihat aplikasi kompress foto yang kami rekomendasikan di bawah ini;

QReduce Lite: Compress image size in kb & mb

kompres ukuran foto di hp mudah

Aplikasi satu ini menawarkan layanan untuk memperkecil foto dengan mudah, bahkan ukurannya bisa sampai 200kb dan ini sangat kecil bahkan bisa lebih kecil lagi. Di Play Ttore aplikasi QReduce Lite ini mendapatkan bintang 4.5 dengan komentar positif yang cukup banyak. Apps pengecil ukuran gambar ini bahkan sudah di unduh lebih dari 1 juta orang, jadi tak ada salahnya untuk mencoba bukan? Berikut caranya;

  • Pertama Unduh aplikasi QReduce melalui Play Store di sini
  • Selanjutnya Instal sampai proses selesai dan aplikasi bisa digunakan
  • Setelah itu buka aplikasi dan klik “PILIH FOTO”
  • Kalian akan dibawa kehalaman selanjutnya dimana pengguna dapat mengatur sendiri ukuran kb yang akan dihasilkan. Jika sudah menentukan ukuran klik “MULAI”
  • Tunggu sampai proses selesai dan kalian bisa melihat hasil fotonya pada foder bernama QReduce Lite.

Aplikasi ini dapat mendukung format foto jpg, jpeg dan png. So kalian dapat mengecilkan size foto menggunakan aplikasi ini dengan hasil ukuran yang sesuai dengan keinginan. Keren ya?

Photo Compress & Resize

5 Cara Kompres Ukuran foto Di HP Tanpa atau Menggunakan Aplikasi

Aplikasi selanjutnya adalah Photo Compress, aplikasi ini juga menawarkan fungsi untuk mengubah ukuran foto dari MB ke kb dengan mudah bakan hasilnya bisa 200kb atau lebih kecil. Aplikasi ini mendapatkan reting 4.7 di Play Store tentu saja mendapatkan testimonial yang bagus. Total unduhan sudah mencapai 1 juta lebih dengan ukuran aplikasi hanya 3.2MB. Sobat bisa menggunakannya dengan gratis lho. Yuk lihat caranya di bawah ini.

  • Unduh Aplikasi Photo Compress & Resize di Play Store
  • Setelah itu Instal dan Buka
  • Nantinya akan ada notifikasi meminta aplikasi untuk mendapatkan akses ke media & file. Klik saja IZINKAN.
  • Kemudian pilih foto atau gambar yang ingin diubah ukuran sizenya dan tentukan kualitas dari kompressnya semakin besar akan menghasilkan foto dengan ukuran kecil, tapi kualitas gambarnya akan berkurang.
  • Setelah klik START COMPRESS dan tunggu sampai proses selesai
  • Dan lihat hasilnya, tentu saja ukurannya akan sangat berbeda bahkan dari ukuran Megabite bisa mencapai Kilobyte saja.

Photo Compress & Resize

5 Cara Kompres Ukuran foto Di HP Tanpa atau Menggunakan Aplikasi

Selanjutnya adalah photo Compress & Resize yang bisa kalian unduh secara gratis di playstore. Aplikasi ini mendapatkan bintang 4.7 dengan jumlah unduhan mencapai 1 juta lebih. Ukuran filenya hanya sebesar 3,2MB. Fungsinya masih tetap sama yaitu mengubah ukuran foto dari MB menjadi Kb dengan mudah dan juga dapat mengubah ukuran pixel foto. Langsung saja  Berikut adalah cara mengubah ukuran pixel foto dengan mudah.

  • Download Aplikasi Photo Compress di Play Store 
  • Instal dan buka aplikasi
  • kalian akan disuguhkan dengan foto yang ada pada smartphone. Pilih dengan cara mencentangnya
  • Selanjutnya pilih ukuran pixel yang akan digunakan, contohnya jika foto memiliki ukuran pixel 320px, maka kalian bisa memilih untuk mengubahnya ke ukuran 240px atau 160px. Klik simpan

Nah kalian juga bisa mengubah ukuran dari sizenya juga dengan cara yang sama mudahnya.

Kompres Foto Tanpa Menggunakan Aplikasi

Selanjutnya adalah cara untuk kompres file foto atau gambar di hp tanpa menggunakan aplikasi. Disini kita akan menggunakan website yang menyediakan fitur untuk kompress gambar dengan mudah bahkan tanpa perlu melakukan registrasi. Berikut adalah beberapa website yang bisa kalian gunakan;

Website kompress compressjpeg.com

5 Cara Kompres Ukuran foto Di HP Tanpa atau Menggunakan Aplikasi
Kompres foto di HP menggunakan website

Website ini menawarkan layanan untuk mengubah ukuran gambar. Bahkan pengguna bisa langsung kompres file hingga 20 gambar jpg dan jpeg sekaligus dengan cara seret file ke area peletakan dan tunggu sampai proses selesai. Hasilnya kalian akan disuguhkan dengan unduhan berupa file ZIP dengan isi gambar yang sudah diubah ukurannya. Sangat mudah bukan? Silahkan kunjungi websitenya ya.

Web iloveimg.com

5 Cara Kompres Ukuran foto Di HP Tanpa atau Menggunakan Aplikasi

Atau kalian bisa berkunjung ke website iloveimg yang juga menawarkan fungsi yang sama yaitu mengubah ukuran size pada foto dengan mudah. bahkan website ini memiliki fitur lainnya yaitu kompres gambar, ubah ukuran gambar, potong gambar, komversi ke JPG, editor foto dan tools lainya. Menggunakan website ini kalian bisa membuat akun ataupun tidak. Pengguna bisa mengambil file foto yang ingin di kompress bisa langsung dari Google Drive ataupun Dropbox.

Baca juga: 15 Aplikasi Perekam Panggilan Suara Telpon dan WhatsApp Otomatis Terbaik di Android

 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Selain cara diatas, kami akan memberikan update bagaimana cara mengecilkan ukuran foto dengan mudah. Selain cara menggunakan aplikasi ataupun dengan tanpa aplikasi update ini akan menambahkan cara terbaru yang kami ketahui untuk dapat mengecilkan ukuran foto. Namun pada cara ini Sobat diharuskan menggunakan PC untuk dapat melakukannya dan sedikit mengetahui teknik editing. Yuk simak!

Menggunakan Software Paint

MS Pain untuk mengecilkan ukuran foto
MS Pain untuk mengecilkan ukuran foto

Untuk yang satu ini jika sobat adalah pengguna PC dengan OS Windows pasti sudah memiliki software ini sebagai aplikasi bawaan. Kalian bisa menggunakan software paint ini untuk mengecilkan ukuran foto dengan mudah. Berikut adalah caranya:

  1. Pertama pastikan Anda menggunakan OS Windows dan buka aplikasi paint
  2. Kemudian cari gambar yang ingin dikecilkan dengan cara klik file, lalu open dan cari gambar yang ingin dikecilkan
  3. Selainjutnya pada bagian meu cari tombol resize dan klik
  4. Pada bagian ini, Sobat harus mengisikan ukuran yang akan menjadi hasil dari foto yang ingin dikecilkan. Isi horisontalnya dan juga vertikalnya sesuai keinginan dan klik OK
  5. Setelah itu klik Save AS atau menggunakan CTRL + S

Menggunakan Software Photoshop

Nah jika Sobat bukan pengguna Windows, kalian dapat menggunakan software yang sudah sangat terkenal yaitu Photoshop. Software ini bukan hanya untuk mengedit foto saja melainkan juga dapat mengecilkan ukuran foto dengan sangat mudah jika sudah mengetahuinya ya. Nah untuk Sobat yang ingin mencoba mengecilkan ukuran foto di photoshop, kalian bisa mengikuti setiap langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama buka terlebih dahulu Software Photoshop, kalau belum punya instal terlebih dahulu
  2. Kemudian klik menu Open untuk memilih gambar yang ingin dikecilkan ukurannya
  3. Selanjutnya buka file lagi, dan klik menu save for web nantinya akan ada menu pop-up window. Nah menggunakan photoshop Sobat hanya perlu memperhatikan tiga hal yaitu Quality, Preset dan image seize
  4. Selain itu pastikan juga menggunakan kualitas penyimpanan “JPG Medium”
  5. Selanjutnya atur ukuran gambar misalkan 1500 x 720
  6. Terakhir klik Save
  7. Cek apakah ukuran foto sudah kecil, jika dirasa masih kurang coba ulangi setiap langkahnya atau anda bisa menggunakan cara yang lain di atas.

Akhir Kata

Jika Sobat mengetahui aplikasi atau website yang bisa mengecilkan atau kompres foto dengan mudah, kalian bisa berkontribusi dengan menyebutkan nama aplikasinya di form komentar di bawah ini. Apa yang kalian informasikan akan sangat bermanfaat untuk para pembaca lainnya.

Tinggalkan komentar di sini