Asus Zenfone 6 vs Realme X2 Pro Bandingkan HP di Harga 7 Jutaan

| | , , ,

Pada kesempatan kali ini, saya akan membandingkan ponsel flagship di kisaran harga 7 jutaan yaitu Asus Zenfone 6 ZS630KL yang baru saja resmi hadir di Indonesia vs Realme X2 Pro yang baru akan diluncurkan di Indonesia 27 November mendatang. Kedua ponsel ini hadir di level yang sama dengan harga yang tidak jauh berbeda. Untuk itu kita akan membandingkan kedua ponsel ini, dan melihat ponsel mana yang hadir dengan spesifikasi terbaik! Mari kita ulas bersama.

Zenfone 6 vs Realme X2 Pro
Lihat Perbandingan HP 7 jutaan Zenfone 6 vs Realme X2 Pro

Perbandingan Asus Zenfone 6 ZS630KL vs Realme X2 Pro

Bicara soal desain, kedua smartphone ini hadir dengan tampilan muka yang berbeda. Zenfone 6 ZS630KL hadir dengan layar penuh tanpa adanya takik karena sudah menggunakan teknologi motorize kamera yang unik. Kamera depan ponsel ini sama dengan kamera belakang. Sementara Realme X2 Pro hadir dengan takik berbentuk tetesan air yang menjadi “rumah” dari kamera depannya. Tentu saja masing-masing punya keunggulannya tersendiri.

Bicara soal teknologi panel, Realme X2 Pro menggunakan teknologi diatas Zenfone 6, karena sudah hadir dengan panel AMOLED berukuan 6,5 inci yang menghasilkan resolusi 1080 x 2400 piksel engkap dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5, 1000 nits max brightness, HDR10+, DCI-P3 100% dan hadir dengan refresh rate 90Hz.

Sedangkan Zenfone 6 masih menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi 1080 x 2340 piksel yang mendapatkan perlindungan layar Corning Gorilla Glass 6, DCI-P3 100% dan HDR10. Tentu saja Teknologi panelnya dimenangkan oleh Realme X2 Pro dengan spek lebih tinggi.

Dibagian belakang kedua ponsel hadir dengan desain yang masing-masing berbeda, Zenfone 6 menyuguhkan dua sensor kamera utama sekaligus menjadi kamera depan. Sedangkan Realme X2 Pro dilengkapi dengan empat sensor utama dengan sensor terbesar 64MP ISOCELL GW1. Zenfone 6 masih menggunakan pemindai sidik jari pada bagian belakang, sedangkan Realme X2 Pro menyematkannya pada bagian layar.

Perbandingan Kemampuan Fotografi

Bicara soal kamera, Realme X2 Pro hadir dengan konfigurasi paling tinggi dibandingkan dengan Asus Zenfone 6. Uniknya Zenfone 6 hanya hadir dengan dua sensor secara keseluruhan, dan sensor tersebut dapat digunakan sebagai kamera depan dan kamera belakang sehingga hasil dari keduanya akan memiliki kualitas yang sama. Berikut adalah konfigurasi kamera utama dari kedua ponsel;

Asus Zenfone 6 ZS630KL

  • 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF, Laser AF
  • 13 MP, f/2.4, 11mm (ultrawide)

Realme X2 Pro

  • 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.7″, 0.8µm, PDAF
  • 13 MP, f/2.5, 52mm (telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, PDAF, 2x optical zoom
  • 8 MP, f/2.2, 16mm (ultrawide), 1/3.2″, 1.4µm, PDAF
  • 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor

Sementara untuk kamera depannya Asus Zenfone 6 hadir dengan sistem motorize yang menggunakan sensor kamera belakang. Sedangkan untuk Realme X2 Pro mendapatkan sensor sebesar 16 MP, f/2.0, 1µm. Kemampuan dari kameranya sudah pernah kami ulas di masing-masing ponsel di halaman ini;

Berdasarkan hasil uji coba kamera yang dilakukan oleh Tim gsmarena, menyebutkan kedua smartphone ini hadir dengan kualitas gambar yang cukup baik bahkan warnanya detail dan mengesankan. Sementara ketika mengambil gambar di malam hari, hasil Zenfone 6 memberikan hasil yang cukup baik walaupun masih terlihat adanya noise. Sedangkan Realme X2 Pro mampu menghasilkan gambar di malam hari yang mengagumkan dengan tingkat detail yang sangat baik, tapi tetap ada sedikit noise pada gambar jika tidak menggunakan mode NightScape.

Hasil Foto Zenfone 6
Sampel siang hari Zenfone 6 menggunakan kamera utama, 48MP (Foto ini milik gsmarena.com)
Hasil kamera Zenfone 6 malam hari
Hasil kamera Zenfone 6 menggunakan mode Malam (Foto milik gsmarena.com)
Hasil Kamera Realme X2 Pro
Hasil kamera Realme X2 Pro Pada malam hari menggunakan Mode Malam (Foto milik gsmarena)
Hasil Kamera Realme X2 Pro
Hasil kamera Realme X2 Pro 64MP (foto milik gsmarena)

Kinerja Chip Prosesor

Selanjutnya kita beralih kebagian “dalam” dari masing-masing smartphone. Kedua ponsel ini hadir dibekali dengan chipset kelas atas, walaupun demikian Realme X2 Pro sudah dibekali dengan chipset tertinggi saat ini yaitu Snapdragon 855 Plus, sedangkan Zenfone 6 hanya berbekal Snapdragon 855.

SD 855 Plus sendiri dirancang untuk menunjang keperluan para gamer, kinerjanya naik 4% dibandingkan dengan SD855 tipe standar yang digunakan Zenfone 6. Selain kinerja yang naik, GPU Adreno 640 juga mendapatkan penigkatan kinerja sebesar 15% dibandingkan dengan tipe standar. Iniah yang membuat Realme X2 Pro hadir dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan Zenfone 6.

Kedua ponsel hadir dengan memori RAM tertinggi 8GB dengan penyimpanan internal terbesar 256GB. Para Realme X2 sudah menggunakan penyimpanan bertipe UFS 3.0 untuk varian tertingginya. Sayangnya Relame X2 memiliki kekurangan yaitu tidak dilengkapi dengan slot microSD sedangkan Zenfone 6 mendapatkannya.

Kapasitas Baterai

Bicara soal kapasitas baterai, Zenfone 6 hadir menjadi salah satu HP dengan kapasitas terbesar yang didukung SD855 saat ini, yaitu mendapatkan kapasitas 5000 mAh namun hanya mendapatkan pengisian cepat berdaya 18W. Sedangkan Realme X2 Pro hadir dengan kapasitas 4000 mAh yang sudah mendapatkan teknologi SuperVOOC berdaya 50W dengan kemampuan pengisian baterai sampai full hanya memerlukan waktu 35 menit saja.

Fitur lainnya, kedua ponsel hadir dengan speaker stereo, Asus Zenfone 6 mendapatkan teknologi DTS Headphone X, sedangkan Realme X2 Pro hadir dengan Dolby Atmos, keduanya juga dibekali dengan 24-bit/192kHz audio dan juga dilengkapi dengan jack 3,5mm.

Fitur pendukung lainnya keduanya hadir dengan dukungan teknologi NFC. Sementara untuk OSnya Zenfone hadir dengan Android 9.0 dengan ZenUI 6 sedangkan Realme dengan Android 9.0 ColorOS 6.1 yang kabarnya segera mendapatkan upgrade ke Android 10.

Urusan warna, Zenfone 6 akan hadir dengan varian warna antara lain; Midnight Black dan Twilight Silver. Sedangkan Realme X2 Pro hadir dengan lebih banyak varian warna antaralain; Lunar White, Neptune Blue, Red Master Edition dan Gray Master Edition.

Baca jugaResmi! Motorola Razr Ponsel dengan Layar 6,2 inci Yang dapat Dilipat

Harga dan Ketersediaan

Untuk saat ini kami baru mengetahui harga resmi Zenfone 6 ZS630KL, karena ponsel ini sudah secara resmi hadir di Indonesia. Walaupun demikian kami akan menjabarkan juga harga Realme X2 Pro yang kami cocokan dengan harga yang ada di Eropa. Tapi harga tersebut belum resmi karena kita harus menantikan peluncuran resminya di tanggal 27 November mendatang. berikut adalah daftar harga dari kedua ponsel.

  • Harga Asus Zenfone 6 ZS630KL di Indonesia Berkisar di Rp. 6.999.000 RAM 6GB/ Internal 128 GB

Sementara Harga Realme X2 Pro di Eropa;

  • Realme X2 Pro tipe RAM 6GB/64GB seharga 339 euro atau sekitar Rp 6,2 juta
  • RAM 8GB/128GB di harga 449 euro atau sekitar Rp6,9 juta
  • RAM 12GB/256GB seharga 499 euro atau Rp 7,7 juta.

Kesimpulan

Dari perbandingan spesifikasi antara Asus Zenfone 6 vs Realme X2 Pro. Kami mendapatkan kesimpulan bahwa spesifikasi tertinggi dimiliki oleh Realme X2 Pro mulai dari layar, kamera dan juga performa chip yang digunakannya. Dengan harga yang tidak jauh berbeda tentu saja kami memilih Relame X2 Pro. Tapi tentu saja keduanya juga masih memiliki kekurangan masing-masing. Berikut adalah rincian kelebihan dan kekurangan dari kedua ponsel.

Kelebihan Zenfone 6 dibandingkan Realme X2 Pro

  • Mendapatkan slot MicroSD
  • Kamera sistem motorize yang mampu berputar 180 derajat sehingga kamera utama dan kamera depan memiliki hasil yang sama
  • menggunakan Corning Gorilla Glass 6 lebih tinggi
  • Kapasitas baterai lebih besar

Kekurangan Zenfone 6

  • Layarnya masih IPS LCD
  • Pemindai sidik jari masih di belakang
  • hanya 2 sensor kamera

Kelebihan Realme X2 Pro dibandingkan Zenfone 6

  • Layar Sudah menggunakan AMOLED dan kompetibel dengan kecepatan refresh rate 90Hz
  • Chip Prosesor 1 tingkat lebih tinggi dengan Snapdragon 855+
  • Mendapatkan empat sensor kamera, dengan sensor utama 64MP
  • Pemindai sidik jari sudah di panel layar

Kekurangan Realme X2 Pro

  • Tidak dilengkapi slot microSD

Akhir Kata

Jika Sobat memiliki pandangan terkait perbandingan antara Asus Zenfone 6 dengan Realme X2 Pro. Kalian bisa menyampaikannya melalui laman komentar yang kami sediakan di bawah ini. Tentu saja pendapat yang Sobat berikan akan memberikan kami dan para pembaca pandangan yang berbeda.

Sumber : 1 & 2

Previous

2 Cara Membuat Akun Email Gmail di HP Android

Apple Luncurkan Smart Battery Case Generasi Baru untuk iPhone 11 Series

Next

Tinggalkan komentar di sini