Perbandingan Vivo S1 Pro vs Realme 5s – HP Dengan Sensor Kamera 48MP dan Snapdragon 665

| | ,

Pada kesempatan kali ini, kami akan membandingkan dua ponsel yang baru-baru ini dirilis di tanah air. HP tersebut adalah Vivo S1 Pro vs Realme 5s. Keduanya hadir sama-sama menggunakan empat sensor utama yang salah satunya sebesar 48MP. Lantas apa saja perbedaan spesifikasi dari keduanya? Mari kita ulas di halaman ini.

Perbandingan Spesifikasi Vivo S1 Pro vs Realme 5s

Perbandingan spesifikasi Vivo s1 Pro vs Realme 5s
Perbandingan spesifikasi Vivo s1 Pro vs Realme 5s

Bicara soal desain tampilan layar, keduanya hadir mengusuh notch berbentuk tetesan air yang menjadi tempat kamera depan disematkan. Urusan teknologi layar Vivo sudah menggunakan teknologi Super AMOLED berukuran 6,38 inci, sedangkan Realme 5s hanya mengandalkan IPS LCD dengan ukuran lebih besar yaitu 6,5 inci. Kendari demikian resolusi yang dihasilkan lebih besar Vivo S1 Pro sebesar 1080 x 2340 piksel, sementara Realme 5s hanya 720 x 1600 piksel. Keduanya hadir mendapatkan perlindungan layar dari Corning Gorilla Glass, walaupun pada Vivo S1 Pro kami belum mengetahui lebih pasti.

Beralih kebagian belakang, disini Sobat akan disuguhkan dengan susunan sensor kamera yang berbeda, walaupun keduanya menggunakan jumlah yang sama. Pada Vivo S1 Pro terlihat bentuk susunan kamera yang unik, seperti belah ketupat yang mana di dalamnya terdapat 3 sensor dan 1 LED flash, sementara 1 sensor kamera lain berada di luar dari bingkai tersebut. Selain itu pada bagian belakang S1 Pro tidak ada pemindai sidik jari karena sudah disematkan pada bagian display. Sementara Realme 5s memiliki susunan kamera yang terlihat pada umumnya yaitu disusun secara vertikal pada pojok kanan atas lengkap dengan LED flash dan juga masih terlihat pemindai sidik jari pada bagian tersebut.

Bicara soal desain layar tentu saja Vivo S1 Pro adalah pemenangnya, karena sudah hadir dengan teknologi yang lebih tinggi dibangingkan Realme 5s.

Kemampuan kamera Vivo S1 Pro vs Realme 5s

Untuk konfigurasi kamera dari masing-masing HP, kalian dapat melihat rinciannya di bawa ini;

Kamera vivo S1 Pro

  • 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
  • 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4″, 1.12µm
  • 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (dedicated macro camera)
  • 2 MP, f/2.4, depth sensor

Kamera Depan hadir dengan sensor 32MP berbukaan f/2.0

Kamera Realme 5s

  • 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
  • 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4″, 1.12µm
  • 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (dedicated macro camera)
  • 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor

Kamera Depan Realme 5s hadir dengan sensor 13MP dengan bukaan f/2.0

Keduanya hadir dengan konfigurasi kamera yang sama, kedua HP dibekali dengan sensor 48MP menggunakan Samsung GM1, dengan lensa kedua 8MP sebagai ultrawide, 2MP sebagai lensa macro dan 2MP adalah sensor kedalaman.

Sayangnya kami belum dapat membagikan hasil kamera dari keduanya. semoga saja yang akan datang kami sudah dapat membandingkan hasil kamera keduanya. Tapi soal mana yang lebih baik tentunya keduanya sama-sama baik karena konfigurasi yang digunakan sama.

Performa Prosesor

Untuk urusan performa, kedua handphone ini hadir dengan chip prosesor yang sama yaitu menggunakan Snapdragon 665 dengan teknologi pemrosesan 11nm. Prosesor ini hadir dengan CPU Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver) yang disandingkan dengan GPU Adreno 610. Sementara untuk RAM Vivo S1 Pro hadir dengan RAM 8GB dengan internal sebesar 128 GB, sedangkan Realme 5s mendapatkan RAM 4GB dengan ROM 64GB atau 128GB. Kedua ponsel ini juga dilengkapi dengan slot microSD yang memungkinkan penggunanya untuk dapat memperluas penyimpanan secara eksternal.

Baik Vivo S1 Pro dan Realme 5s keduanya hadir dengan OS Android 9.0 yang dibalut dengan antara muka masing-masing, untuk Vivo menggunakan Funtouch 9.2, sedangkan Realme adalah ColorOS 6.

Baca juga: Bandingkan Spesifikasi Vivo S1 Pro vs Samsung Galaxy A50s Ponsel dengan Kamera 48MP

Kapasitas Baterai dan Fitur

Urusan kapasitas baterai, Realme 5s hadir dengan kapasitas yang lebih besar yaitu mendapatkan 5000 mAh yang dilengkapi dengan pengisian cepat berdaya 10W. Untuk Vivo S1 Pro dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 4500 mAh yang mendapatkan daya pengisian lebih besar yaitu 18W. Untuk fitur lainnya Sobat dapat membandingkannya di bawah ini;

FiturVivo S1 ProRelame 5s
LoudspeakerYesYes
3.5mm jackYesYes
Active noise cancellation with dedicated mic
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspotWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Infrared portNoNo
RadioFM radioFM radio
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-GomicroUSB 2.0, USB On-The-Go
SensorsFingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compassFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass

Dari fitur diatas, sayangnya keduanya belum mendapatkan fitur NFC, padahal sekarang ini fitur tersebut sudah semakin diperlukan.

Harga dan Kesimpulan

Setelah Sobat mengetahui perbandingan spesifikasi Vivo S1 Pro vs Realme 5s, sekarang kami akan membandingkan kedua harga HP tersebut. berikut adalah daftar keduanya;

  • Harga Vivo S1 Pro Rp. 3.999.000 untuk RAM 8GB dan Internal 128GB
  • Harga Realme 5s Rp. 2.699.000 hanya tersedia RAM 4GB dan ROM 128GB.

Kesimpulan

Kedua HP ini hadir dengan spesifikasi yang identik, dari sisi kamera dan prosesor keduanya menggunakan spesifikasi yang sama. Tapi Vivo S1 Pro hadir dengan spesifikasi lebih unggul di bagian layar yang sudah menggunakan Super AMOLED yang menjadi pembeda dari keduanya, selain itu S1 Pro juga sudah mengusung pemindai sidik jari pada bagian layar dan hadir dengan sensor kamera yang lebih besar. Jadi tak masalah jika Vivo S1 Pro hadir dengan harga yang lebih mahal. Untuk pilihan tentu saja kami menyerahkan semua kepada Sobat.

Kekurangan dari kedua HP tersebut adalah belum dilengkapi dengan teknologi NFC. Jika Sobat mencari ponsel dengan teknologi NFC, kalian bisa membacanya melalui link di bawah ini.

Baca10 HP dengan Teknologi NFC Harga Murah (Update 2019)

Previous

China Menerapkan Wajib Pindai Wajah Sebelum Menggunakan Internet dan Memiliki Nomor Telpon Baru

Bocoran Spesifikasi Vivo X30 Ponsel dengan Kamera Potret Khusus

Next

Tinggalkan komentar di sini