Takut data hilang karena lakukan reset? Ada baiknya anda memahami cara backup data android ke pc sebelum handphone berkendala. Lantas, bagaimana cara melakukannya?

Android adalah jenis handphone yang saat ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai aktivitas dapat dilakukan dan terbantu dengan penggunaan android. Namun, jika masalah terjadi pada handphone, maka bersiaplah data yang tersimpan akan hilang keseluruhan. Sebenarnya terdapat beberapa cara backup data android yang dapat dilakukan. Lantas, apa saja yang dapat dijadikan media untuk menyelesaikan masalah backup data?

Handphone dan PC adalah salah satu media yang dapat digunakan untuk meredakan masalah backup. Cara ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Selain cara backup data android ke PC, adakah cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan chat yang terhapus dari whatsapp? Tentunya semua cara tersebut dapat dilakukan, setelah memahami informasinya. Bagaimana cara melakukannya? Anda dapat memahaminya, melalui bagian berikutnya.

Cara Backup Data Android

cara backup data android
cara backup data android

Untuk melakukan backup data, terdapat beberapa cara yang dapat dijadikan pilihan. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi gratis, Super Backup and Restore melalui play store.

  1. Download Aplikasi

Langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan download pada aplikasi. Download aplikasi dapat dilakukan dengan mudah melalui plya store. Setelahnya, nantikan hingga aplikasi terinstal dengan sempurna. Jika telah usai, bukalah aplikasi dan gunakan untuk melakukan backup. Perlu diingat, bahwa setiap menekan menu akan dibutuhkan proses untuk pengerjaan.

  1. Pilih Menu Backup

Langkah berikutnya adalah melakukan backup. Cara melakukannya adalah membuka aplikasi dan pilih data yang akan dibackup. Contohnya, jika ingin membackup SMS, maka pilihlah menu SMS. Cara backup data android ini dapat digunakan untuk menu-menu lain, seperti galeri dan musik. Anda hanya perlu menentukan menu mana yang akan digunakan dan dibackup.

  1. Backup All

Untuk kelanjutannya, anda dapat menekan backup all untuk backup secara keseluruhan. Setelahnya tekan OK dan tunggu hingga proses backup selesai dilakukan. Jika kesulitan, ikuti manual yang tersedia untuk membantu proses. Tidak perlu khawatir, karena proses ini dapat dijalankan dalam waktu singkat dan handphone dapat digunakan kembali seperti semula.

  1. Proses

Seperti yang telah disampaikan, dalam melakukan backup harus menunggu beberapa saat. Hal inilah yang dikenal dengan proses, jadi tunggulah hingga proses berhasil. Jika sudah, cek kembali apakah backup telah selesai atau sebaliknya. Serta, anda dapat mengulanginya kembali untuk menu-menu lain yang diinginkan untuk dilakukan backup.

Selain memanfaatkan aplikasi di handphone, anda dapat menggunakan cara untuk membackup data android lainnya. Cara yang dimaksud adalah menggunakan PC. Cara ini disukai karena dapat lebih mudah digunakan dibandingkan menggunakan handphone saja. Lantas, bagaimana cara melakukannya?

Cara Backup Data Android Ke PC

cara backup data android ke pc
cara backup data android ke pc

Untuk lebih aman dalam menyimpan data, sangat disarankan untuk menggunakan PC guna membackup data. Adapun cara yang harus dijalankan untuk melakukannya, dapat disimak dibawah ini,

  1. Persiapkan Kabel USB

Sebagai langkah awal anda harus mempersiapkan kabel USB untuk digunakan. Dalam hal ini, dibutuhkan untuk menyambungkan Handphone dengan PC. Untuk penggunaannya, diharuskan menyiapkan kabel yang merupakan bawaan dari handphone. Karena jika tidak, akan menyebabkan kendala pada handphone maupun PC, karena pencabutan secara paksa.

  1. Masuk dalam Menu Setting

Berikutnya, anda harus masuk dalam menu setting pada handphone. Pada bagian tersebut, carilah menu backup dan reset. Pada beberapa handphone mungkin memiliki perbedaan, untuk lebih mudah cobalah mencarinya di kotak pencarian. Setelahnya, cara backup data android ke PC dapat dilakukan dengan lebih mudah.

  1. Menu Pencadangan Lokal Di Handphone

Setelah menemukan menu tersebut, pilihlah menu pencadangan lokal atau lokal backup. Menu inilah yang akan membantu proses pemindahan data dari handphone ke PC. Proses pencadangan membutuhkan waktu untuk pemindahan, karenanya perlu sedikit bersabar agar tidak ada masalah yang terjadi. Jika dicabut, maka ada kemungkinan proses pencadangan gagal.

  1. Pindahkan File

Terakhir, anda harus memindahkan file backup ke PC. Untuk memastikan file yang dimiliki dapat tersimpan, siapkanlah folder kosong pada PC. Tidak hanya itu, pastikan pula agar setelah pemindahan data, tidak ada masalah yang terjadi pada laptop. Karena biasanya, setelah pemindahan data laptop akan lemot karena menerima data yang terlalu berat.

Namun, cara ini tidak maksimal, karena tidak dapat dilakukan oleh semua jenis handphone. Untuk itu, penting untuk memperhatikan cara backup data android ke PC manakah yang dapat digunakan pada handphone. Jadi, tidak akan muncul kendala yang menganggu proses backup pada handphine.

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus di Android, Mudah

cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus di android
cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus di android (Gambar via Andrés Rodríguez)

Tidak hanya data dalam handphone, data aplikasi juga dapat dikembalikan jika terhapus. Data yang dapat dikembalikan dalam hal ini adalah whatsapp. Lantas bagaimana cara melakukannya? Berikut ulasannya,

  1. Uninstall Whatsapp

Pertama, anda harus melakukan uninstall pada whatsapp yang dimiliki. Perlu diketahui bahwa cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus di android ini tidak akan berhasil jika chat terlalu tua. Tunggulan beberapa saat hingga akhirnya aplikasi benar-benar terhapus dan tidak lagi ada di android. Lantas, apakah langkah selanjutnya?

  1. Install Kembali Aplikasi

Berikutnya, anda harus kembali menginstall aplikasi. Caranya mudah, yaitu mencarinya melalui play store dan ketikkan aplikasi whatsapp. Usahakan sebelum instalasi, menyiapkan memori terlebih dahulu. Karena memori yang dibutuhkan untuk aplikasi ini cukup besar.

  1. Restore Chat

Setelah usai melakukan instalasi, anda dapat kembali masuk dalam whatsapp. Namun, langkah yang harus dijalankan belum benar-benar usai. Karena masih terdapat langkah lain yang harus dijalankan yaitu memastikan bahwa chat benar-benar kembali. Cara yang dapat dilakukan adalah restore your chat history dan pilih restore. Setelahnya, nantikan selama beberapa saat.

  1. Tunggu Beberapa Saat

Dalam menghidupkan whatsapp, akan terdapat beberapa langkah yang harus dijalankan. Salah satunya untuk menunggu beberapa saat agar chat dapat kembali secara sempurna. Dalam menunggu chat kembali, tidak membutuhkan waktu lama. Karenanya anda hanya perlu bersabar dan menantikan chat benar-benar kembali dan dapat menggunakannya seperti semula. Untuk keberhasilan cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus di android lakukanlah hal ini.

  1. Perlu Diperhatikan

Dalam menjalankan cara ini, perlu diperhatikan beberapa hal. Di mana anda harus memastikan bahwa nomor yang digunakan adalah nomor yang sama dengan melakukan back up sebelumnya. Selain itu, juga perlu diperhatikan bahwa chat tidak terlalu tua atau lama. Jika beberapa langkah ini, dijalankan maka cara ini dipastikan dapat berhasil dengan maksimal.

Lantas, sudahkah anda mencoba melakukannya? Jika sulit tidak perlu ragu untuk mengecek kembali cara backup data android dan cara-cara lain yang disampaikan di atas. Lakukan secara berulang, jika masih mengalami kendala. Saat masih kesulitan, cobalah mengecek kembali apakah ada kesalahan yang dilakukan selama proses. Jika ada, maka hal inilah yang mungkin menyebabkan kegagalan. Semoga anda tidk bingung juga cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus di android.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here