Cara Melacak HP Android yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara Melacak HP Android yang Hilang dalam Keadaan Mati

Handphone anda hilang dan ingin melacak keberadaannya? Anda dapat menggunakan cara melacak HP Android hilang dalam keadaan hidup maupun mati dan cara melacak HP dengan Email dibawah ini.

HP bagi banyak orang saat ini menjadi bagian penting dalam menunjang keseharian. Tentu tanpa adanya perangkat ini, pekerjaan kita akan terganggu. Apalagi jika ponsel kita hilang atau dicuri, tentunya akan sangat membuat repot.

Nah, kami punya cara melacak HP yang hilang dengan beberapa metode, sehingga handphone yang hilang atau lupa diletakkan dimana, bisa dapat Sobat ketahui keberadaannya. Lantas, bagaimanakah cara melakukan pelacakan handphone tersebut?

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Aplikasi Android Device Manager

Cara Melacak HP yang Hilang

Pelacakan handphone yang hilang dapat dilakukan dengan beberapa cara. Diantaranya dengan memanfaatkan internet, aplikasi, dan komputer secara langsung. Pemilihan cara melacak hp android yang hilang, dapat disesuaikan dengan kemampuan menjalankannya. Salah satu cara yang dimaksud akan disampaikan pada bagian berikutnya.

Nah, metode pertama untuk melacak HP yang hilang adalah dengan bantuan aplikasi. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah aplikasi buatan Google, Android Device Manager.

Bagi yang belum tahu, aplikasi ini merupakan aplikasi resmi buatan perusahaan Google yang memiliki fungsi sebagai alat pelacak, monitoring, dan penghapusan seluruh data pada HP.

Alat ini memang powerful, dan Sobat bisa memanfaatkannya untuk mengetahui letak HP jika hilang atau dicuri.

Lantas, bagaimana cara melacak hp android yang hilang?

Instalasi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi yang mendukung pencarian handphone. Dalam hal ini Sobat harus mengunduh aplikasi Android Device Manager atau yang sekarang mengganti nama dengan Find My Device, yang bisa didapatkan melalui Google Play Store.

Silakan Sobat download aplikasi ini terlebih dahulu di HP, dan pastikan aplikasi ini juga terpasang.

Cara Melacak HP Dengan Email Lewat Aplikasi Android Device Manager

Setelah Sobat memasang aplikasi ini di HP, Sobat dapat menggunakannya. Tentu cara menggunakannya sangat mudah, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, Sobat buka aplikasi Find My Device atau Android Device Manager tersebut.
  • Setelah itu Sobat bisa Allow jika ada perizinan yang diminta.
  • Saat masuk ke laman login, Sobat bisa login dengan akun Google / email yang tersangkut di HP yang ingin dilacak atau dicari. (ini merupakan langkah yang paling penting, jangan sampai terlewat)
  • Setelah berhasil login, maka data terkait ponsel yang hilang tersebut akan muncul, mulai dari posisi, presentase baterai, tipe HP, dan terakhir diakses (hitungan jam dan hari).
  • Selanjutnya Sobat bisa pilih beberapa opsi, diantaranya Lacak secara real-time, kirimkan nada dering dan pesan darurat, dan hapus seluruh data.
  • Jika HP Sobat dicuri, Sobat bisa tekan terus nada dering. Karena suara tersebut akan terus berbunyi dan tidak akan berhenti walau mereka berusahan menghentikannya.
  • Sobat juga bisa kirimkan pesan darurat seperti “Tolong kembalikan HP saya, hubungi di nomor (nomor Sobat) untuk membicarakan pengembalian, jika tidak saya akan lapor Polisi”.
  • Jika si pencuri tersebut tidak merespon dan dirasa Sobat tidak akan bisa menemukannya, Sobat bisa hapus saja seuruh data agar aman dan tidak dapat diakses oleh orang lain. Caranya tinggal klik tombol “reset data”.

Selesai

Sobat bisa coba cara melacak HP tersebut. Layanan ini memang sangat bisa diandalkan sewaktu-waktu. Utamanya, jika handphone terlupa diletakkan atau dinyatakan bahwa telah benar-benar hilang. Silakan gunakan aplikasi ini segera.

Jangan lupa untuk membagikannya dengan orang lain. Jadi, tidak hanya anda yang memahaminya namun orang lain pun turut terbantu.

Apakah cara ini dapat digunakan untuk menemukan handphone anda? jika belum berhasil, terdapat cara lain yang dapat dilakukan. Cara yang dimaksud adalah cara untuk melacak hp android yang hilang dengan komputer. Bagaimana cara melakukannya?

Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan PC

Cara Melacak HP Android yang Hilang

Cara lainnya untuk Sobat yang ingin melacak HP Sobat yang hilang, yaitu dengan menggunakan komputer. Tentunya untuk melacak keberadaan handphone melalui PC tidak kalah mudah.

Lantas, bagaimana cara melakukannya? Berikut cara Melacak HP Android yang hilang dengan PC.

Pergi Ke Website Tujuan

Langkah pertama yang harus ditemukan adalah mencari webiste yang dapat membantu. Website yang dimaksud adalah www.google.com/android/devicemanager.

Sebenarnya situs ini sama dengan aplikasi Find My Device yang telah dijelaskan sebelumnya, hanya saja ini versi website yang bisa digunakan untuk seluruh perangkat termasuk PC.

Tentu untuk memanfaatkannya, Sobat harus login terlebih dahulu dengan Gmail di handphone yang ingin dilacak. Jadi, laptop maupun komputer yang digunakan bisa melacak keberadaan handphone.

Alert

Pada beberapa waktu kemudian, akan muncul alert pada layar laptop maupun komputer yang digunakan. Jika tanda ini muncul, klik accept. Setelah langkah ini berhasil, Sobat telah berhasil masuk dalam Android Device Manager dan dapat melanjutkan pada langkah berikutnya. Langkah berikutnya adalah pelacakan handphone dengan GPS.

Melacak Handphone

Untuk melacak handphone yang hilang, anda perlu klik icon GPS yang berada di pojok pop up. Jika GPS di HP Sobat tidak aktif, maka untuk mendapatkan lokasi handphone yang ingin dilacak akan cukup sulit.

Setelah itu ikuti cara yang telah kami jelaskan diatas. Cara melacak hp android yang hilang dengan PC sama saja seperti versi aplikasi.

Cara Melacak HP Android yang Hilang dalam Keadaan Mati Paling Mudah

Cara Melacak HP Android yang Hilang dalam Keadaan Mati Paling Mudah

Jika handphone ada dalam keadaan mati, anda tidak perlu khawatir untuk pencariannya. Karena kini telah muncul beberapa cara melakukannya. Bagaimana cara melakukannya?

Download Aplikasi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan aplikasi yang dapat membantu. Dalam hal ini, dibutuhkan aplikasi android device manager yang bisa didapatkan play store. Cara mendapatkannya cukup mudah, cukup lakukan instalasi dan buka aplikasinya setelah instalasi selesai. Setelahnya, anda harus menekan accept, agar aplikasi dapat digunakan.

Login

Anda yang telah memiliki aplikasi, dapat langsung melangkah ke bagian ini. Di mana, pengguna harus login dengan akun google yang aktif. Akun ini harus digunakan di smartphone yang digunakan. Jika tidak, maka cara melacak hp android yang hilang dalam keadaan mati tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

Penggunaan Smartphone Lain

Cara ini akan sangat menguntungkan jika anda memiliki beberapa smartphone. Di mana, smartphone tersebut menggunakan akun-akun email yang sama dengan smartphone yang hilang. Cara ini sangat berguna, karena lokasi handphone yang hilang dapat ditemukan dengan lebih cepat. Karena lokasi dari handphone, akan nampak di handphone yang lainnya.

Pemilihan Perintah

Dalam aplikasi ini, anda memiliki beberapa opsi perintah yang dapat digunakan. Diantaranya, berdering, menguncinya ataupun menghapus data yang ada di handphone. Untuk anda yang berminat untuk menguncinya sembari mencari handphone dapat melakukannya sedari dini. Di mana, handphone akan dikunci dengan password maupun pola yang hanya pemiliknya yang tahu.

Pemilihan Opsi Menghapus Data

Berbeda dengan pemilihan opsi untuk mengunci handphone, opsi menghapus data adalah pilihan terakhir. Pilihan ini biasanya dilakukan untuk menghilangkan setiap data di handphone, jika HP sudah benar-benar tidak dapat ditemukan. Sehingga, pemilik handphone ingin menghapus data yang ada dalam handphone agar tidak dipergunakan secara tidak benar oleh penemu handphone.

Opsi Berdering

Inilah opsi yang paling penting dalam cara ini. Di mana, handphone akan berdering dengan volume kencang untuk memudahkan pencarian. Suara ini akan berbunyi selama lima menit. Jika handphone telah ditemukan, anda dapat menekan tombol power untuk mengakhiri bunyi yang dikeluarkan handphone. Cara ini tentu sangat menguntungkan jika handphone tidak terlalu jauh.

Cara Melacak HP Dengan Email : Untuk Tablet

Cara Melacak HP Dengan Email : Untuk Tablet

Tentunya Cara Melacak HP Dengan Email untuk tablet bisa juga dilakukan dengan aplikas Find My Device.

Perlu diketahui, bahwa cara melacak HP dengan aplikasi Android Device Manager atau Find My Device ini tidak hanya berlaku untuk HP, namun juga Tablet yang memiliki OS Android.

Perlu diingatkan kembali, bahwa email yang dibuat untuk Login adalah email yang sama dengan handphone yang ingin dilacak. Jadi, semua akses dapat dilakukan dengan lebih mudah dan proses pencarian dapat memberikan hasil maksimal.

Simak juga artikel lainnya: Cara Menghapus Cache Di HP Samsung Tanpa Ribet! dan cara melacak seseorang yang dapat sobat coba.

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang cara melacak HP yang dapat dilakukan dengan 3 metode yang dapat kami sampaikan. Bagaimana? sangat simpel dan mudah bukan? Silakan Sobat ikuti step-by-step yang telah kami jelaskan diatas ya.

Semoga membantu! Dan bagikan artikel ini agar lebih banyak orang yang tahu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.