Cara Root Hp Android dengan Mudah Beserta Cara Unroot

  • Whatsapp
cara root Hp android
cara root Hp android

Performa android anda ingin dioptimasi? Jika demikian, anda bisa merooting android. Berikut ini cara untuk root dan unroot Hp android secara mudah dan lengkap.

Pada dasarnya, smartphone yang anda peroleh atau tersedia di toko smartphone tidak memiliki akses root. Jika root bisa dilakukan, akan ada banyak keuntungan. Karena anda bisa memodifikasi file sistem pada kinerja android. Karena root kayaknya jendela antara anda dan sistem dasar. Tidak heran banyak orang mungkin juga anda yang ingin bisa merooting android. Karena bisa memiliki akses langsung. Dalam melakukan root, tentunya anda membutuhkan pengetahuan bagaimana cara root Hp android. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap di bawah ini.

Cara Root Hp Android yang Mudah

cara root Hp android
cara root Hp android

Root android, berarti anda bisa meningkatkan performa dan melakukan optimasi android melebihi kinerja Hp yang diterbitkan oleh pabrik. Tidak heran, banyak yang ingin mengetahui cara untuk root android. Berikut adalah cara root dengan mudah yang bisa anda pilih

  1. Menggunakan KingRoot

Aplikasi KingRoot tidak hanya bisa anda gunakan untuk cara root di Hp android melalui smartphone saja. Tapi juga bisa melalui laptop atau PC. Aplikasi ini juga banyak digunakan sekarang. Karena sudah mampu melakukan root untuk lebih dari 100.000 smartphone. Selain itu, anda cukup melakukan satu klik saja untuk rooting.

Langkah pertama, pastikan anda bisa mendownload KingRoot melalui wesb resminya. Selanjutnya buka aplikasi ini dan lakukan install. Selanjutnya, anda cukup klik “cek” yang Ada, kemudian KingRoot akan menjalankan pengecekan. Pastikan, metode rootnya bisa dijalankan atau tidak.

  1. Menggunakan Root Genius

Cara root Hp android ke dua yang bisa anda lakukan yaitu dengan aplikasi Root Genius. Aplikasi ini bisa anda install melalui situs resminya langsung. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan ketika anda menggunakan aplikasi ini.

Pertama buka Root Genius, kemudian klik gambar lingkaran yang muncul. Kemudian akan keluar kotak yang mengarahkan anda untuk menginstal Root Genius. Dan akan muncul ikon jempol. Seteleh proses install selesai kemudian ubah raja pengguna. Proses rootpun selesai.

Dengan aplikasi ini, selian di Hp anda juga bisa melakukan root Hp android melalui laptop ataupun PC. Dimana anda harus megkoneksikan Hp dengan laptop menggunakan USB. Dan seteleha proses Root selesai, bisa dicabut. Pastikan juga, terdapat aplikasi Root Genius di menu android anda.

  1. Menggunakan Frame Root

Jika anda sedang mencari aplikasi yang bisa melakukan root hp Android, maka anda bisa menggunakan Frame Root. Aplikasi ini tersedia di Goole Play Store. Sehingga bisa mudah anda dapatkan kapan saja. Dengan Frame Root, anda juga bisa cukup melakukan klik sekali.

Setelah Frame Root sudah berhasil anda install, maka selanjutnya anda bisa melakukan root android. Pertama, buka aplikasi tersebut dan piliha SuperasU atau superuser. Keduanya sama saja. Jika sudah memilih, maka akan muncul dua pilihan lagi yaitu Gandalf dan Aragorn. Kedua nama tersebut diambil dari nama karekter dalam film Lord of The Rings. Sebenernya keduanya tidak ada bedanya. Anda bisa memilih sesuai selera kamu. Tapi lebih banyak yang memilih Gandalf.

Selanjutnya proses rooting akan berlangsung, anda cukup menunggu hingga proses selesai semua. Ketika pemberitahuan muncul, tandanya root sudah berhasil. Untuk meningkatkan kefektifan root, lebih baiknya jika anda merestart android dan pastikan SuperSU atau superuser sudah ada di menu aplikasi.

Bisa Melakukan Cara Root Android, Lihat Keuntungannya

Setelah mengetahui cara root utnuk android baik melalui Hp atau PC. Akan lengkap jika anda juga mengetahui keuntungan dari root tersebut. Apa saja keuntungannya? Simak berikut ini.

  1. Menghapus Aplikasi

Jika anda membeli android, maka akan ada aplikasi bawaan. Dimana itu sering tidak dibutuhkan dan memenuhin mameri Hp anda. Tapi sayangnya tidak bisa anda hapus kayaknya aplikasi yang anda download sendiri. Dengan melakukan rooting, aplikasi tersebut akan sangat mudah dihapus.

  1. Optimasi RAM

Dengan cara root android yang berhasil keuntungan selanjutnya yaitu anda melakukan optimasi RAM. Ini bisa diatur pada background secara otomatis. Sehingga dapat dioptimasi lebih luas lagi.

  1. Performa

Keuntungan ketiga yang sering diincar dan menjadi tujuan utama root Hp yaitu optimasi. Optimasi disini yaitu sistem. Karena anda jadi memiliki akses untuk mereplace atau mensetting sistem.

  1. Hemat Baterai

Mungkin batrei Hp Anda akan awet ketika masih baru, tapi tentunya itu tidak akan bertahan lama. Tapi dengan root, bateri Hp anda menjadi hemat. Karena bisa dioptimasi, mungkin 40% bisa dicapai kehematan baterai. Selain keempat diatas, cara root android juga memiliki keuntungan dalam memindahkan data internal ke eksternal. Teruta untuk aplikasi yang membutuhkan ruang memori lebih banyak.

Cara Unroot Hp

cara unroot Hp
cara unroot Hp

Walaupun banyak keuntungan ketika root android bisa anda lakukan, tapi ada manfaat ketika root dihentikan. Karena Root berhungan dengan dasar file sistem. Berikut cara untuk unroot android dan manfaatnya. Di simak ya.

  1. Unroot Menggunakan Aplikasi

Terdapat beberapa aplikasi, selain bisa digunakan untuk root android juga bisa digunakan unroot. Tapi pastikan, aplikasi sudah terpasang ketika akan melakukan unroot. Cara dan prosesnya juga terbilang mudah dan tidak lama. Aplikasi pertama yaitu Superuser atau SuperSU. Cara untuk unroot android dengan aplikasi ini yaitu buka SuperSU.

Kemudian pilih Full Unroot di menunya. Jika proses sudah selesai, Hp anda akan merestart dengan otomatis. Anda juga bisa melakukan unroot Hp menggunakan KingRoot. Caranya, buka aplikasinya kemudian pilih menu dan Remove Root Permission. Atau juga busa Uninstall KingRoot. Jika anda menggunakan Frameroot, anda juga bisa unroot dengan aplikasi tersebut. Dengan cara yang tidak jauh beda dengan aplikasi lainnya.

  1. Manfaat Unroot Hp

Ternyata ada manfaat yang bisa diperoleh ketika anda melakukan cara unroot Hp. Tentunya ini untuk kenaikan dan kesehatan sistem smartphone. Ketika root Hp android anda lakukan, berarti tidak bisa mendapatkan klaim garansi dari distributor. Karena pada dasarnya, setiap Hp berbasis android melarang melakukan root. Selain itu, ketika cara untuk root android tidak berhasil. Kemungkinan besar android anda mengalami bootloop.

Dimana anda tidak memasuki halaman menu pada Hp. Dan layar hanya nampak logo dari smartphone. Jika anda melakukan unroot, tentunya anda akan terhindar dari bootloop. Manfaat selanjutnya yaitu smartphone anda akan terhindar dari kerusakan sistem yang membuat smartphone tidak berjalan dengan baik. Dengan root, maka eksplorasi bisa dilakukan sampai ke dasar sistem. Tentunya anda akan menemui file yang berpengaruh terhadap kinerja smartphone.

Itulah cara root dan cara unroot Hp android yang bisa anda pilih dan lakukan. Banyak manfaat dan keuntungan dengan rooting, tapi juga terdapat keburukannya. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika anda bisa melakukan rooting ketika cara root memang benar dibutuhkan untuk kinerja smartphone anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *