AndroidPonsel.com – Qualcomm baru-baru ini menggelar acara konfrensi pers di India dan meluncurkan secara resmi tiga chip prosesor terbaru mereka, yaitu Snapdragon 720G yang datang dengan pengoptimalan dalam bermain game, Snapdragon 662 datang untuk ponsel kelas menengah (mid-range) dan 460 untuk ponsel kelas bawah (entry-level).

Ketiga chip terbaru ini adalah sOcs yang hanya membawa dukungan konektivitas 4G dan hadir dengan teknologi terbaru WiFi 6, serta Bluetooth 5.1 sebagai standar. Dilansir dari sparrowsnews (21/01/2020), chip ini adalah yang pertama mendukung the Indian Navigation (NavIC) di India.

Snapdragon 460

Pertama kita akan membahas Snapdragon 460, Chip baru ini diperuntukan untuk smarpthone kelas entry-level yang tentunya memiliki harga jual yang terjangkau. Chip ini hadir dengan lompatan besar dalam kinerjanya dari seri 4 sebelumnya. Bahkan prosesor telah mendapatkan peningkatan dari sisi konektivitas, AI dan juga kamera. Seri 460 hadir dengan peningkatan kinerja CPU 70% dan kinerja GPU 60% dan kinerja sistem secara keseluruhan meningkat dua kali lipat dari chip sebelumnya.

Snapdragon 460 menjadi chip seri 4 pertama yang datang dengan prosesor Hexagon yang mendukung HVX, sehingga chipset mengukung Qualcomm AI Engine generasi ketiga  dan Qualcomm sensor hub yang akan menghadirkan pengalaman AI baru untuk asisten suara dan pemotretan kamera.

Selain itu SD460 hadir dengan Qualcomm Spectra 340 ISP, ini adalah fitur yang memungkinkan platform mendukung pengambilan foto berkualitas tinggi dengan tiga sensor kamera. Dan terdapat modem Snapdragon X11 LTE terintegrasi yang menghadirkan kecepatan unduh hingga 390 Mbps dan kecepatan unggah 150 Mbps.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 460
Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 460

Snapdragon 662

Selanjutnya adalah Snapdragon 662 yang ditujukan untuk mid-range. Chip Seri 6 ini menjadi yang pertama kali mendapatkan mendukung pengunaan tiga kamera dan Zoom, karena dibekali dengan Qualcomm Spectra 340T ISP 340T. Dengan penggunaan IPS yang lebih kuat dapat mendukung format foto HEIF, untuk menimpan gambar berkualitas tinggi dengan setengah ukuran file.

Selain itu SD662 mendapatkan mesin AI Qualcomm generasi ketiga yang sudah support Hexagon’s Vector Extension Karnel (HVX) yang akan memberikan berbagai pengalaman penggunaan yang berbasis AI, seperti Avatar virtual, kualitas foto malam dan untuk otentikasi wajah dan suara.

Chip terbaru Qualcomm Snapdragon 662 juga dibekali dengan modem Snapdragon X11 LTE baru, dengan agregasi operator ganda 2x 2 MIMO dan modulasi 256-QAM menghadirkan kecepatan unduh hingga 390 Mbps dan kecepatan unggah 150 Mbps.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 662
Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 662

Snapdragon 720G

Terakhir adalah chip Snapdragon 720G yang memang diciptakan untuk meningkatkan pengalaman bermain game. Chip ini hadir dilengkapi dengan fitur Elite Gaming dari ponsel  kelas atas, sehingga mampu memberikan game HDR yang halus, gamut dan kontras warna yang dimamis. Chip juga dilengkapi dengan Qualcomm aptX Adaptive yang akan menampilkan adegan game imersif yang realistis dan sinkronisasi audrio dan video berkualitas tinggi.

Snapdragon 720G hadir dengan dukungan Qualcomm Spectra 350L ISP yang dapat menghadirkan HDR untuk home theater dan streaming video langsung dengan hasil kualitas yang sangat halus di ponsel. Selain itu kemampuan lain akan dihasilkan adalah dapat merekam video dengan resolusi 4K dan menangkap 192 juta foto piksel.

Chip SD720G hadir dengan dukungan Qualcomm AI Engine generasi kelima, yang sudah mengintegrasikan akselerator tensor Qualcomm Hexagon yang juga sudah disempurnakan sehingga mendukung berbagai pegalaman AI baru termasuk bermain game, asisten suara, dan lainnya.

Untuk kecepatan dataa, Snapdragon 720G hadir dengan modem Snapdragon X15 LTE dengan kecepatan unduh hingga 800 Mbps. Chip ini juga dibekali dengan subsistem FastConnect 6200 dan mendukung fitur WiFi 6 untuk memberikan kecepatan internet  dalam bermain game online dan penelusuran web. Ini juga mengintegrasikan dukungan untuk fungsi Audio canggih Bluetooth 5.1.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 720G
Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 720G

Snapdragon 720G hadir dengan konsumsi daya yang lebih rendah dengan kinerja yang tinggi karena hadir dengan teknologi pemrosesan 8-nanometer dan mendaptakan peningkatan CPU. (via, sumber)

Tinggalkan komentar di sini