Punya Akun Cadangan, Channel Youtube Calon Sarjana Muncul Kembali?

  • Whatsapp
Punya Akun Cadangan Channel Youtube Calon Sarjana Muncul Kembali
Punya Akun Cadangan Channel Youtube Calon Sarjana Muncul Kembali

AndroidPonsel.com – Channel Youtube Calon Sarjana beberapa waktu lalu sempat membuat heboh jagad maya. Hal ini lantaran channel tersebut terjerat masalah plagiat konten yang terkuak ketika salah satu Youtuber mengungkapkan melalui twitter miliknya @JTonYouTube bahwa channel Calon Sarjana diketahui mencuri konten miliknya bahkan tanpa memberikan kredit, dan ditambahkan watermark yang membuat sang pemilik merasa kesal, sejak saat itu Calon Sarjana dihujat oleh netizen dan menjadi trending topik di Twitter.

Kini Channel Youtube tersebut kembali membuat heboh jagad maya, yang merupakan buntut dari masalah plagiat, yang membaut channel tersebut mendadak hilang dari Youtube. Mengetahui hal tersebut kami mencoba menelusuri apa yang terjadi.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pantauan kami dari situs Youtube.com, kami mendapati channel bernama “Calon Sarjana” tapi alih-alih sudah mendapatkan belasan juta subscribe, channel tersebut terlihat hanya mendapatkan 2,5 jutaan subscribe saja.

Tangkap layar channel Calon Sarjana
Tangkap layar channel Calon Sarjana

Selain itu kami juga mendapati video dari channel Ryan Jr , dalam videonya ia mengatakan bahwa Channel Calon Sarjana yang baru tersebut adalah hasil rename nama dari Calon Ilmuan yang merupakan akun youtube dengan pengelolah yang sama. Anda dapat melihat videonya di bawah ini.

Dalam video Ryan Jr berasumsi bahwa channel Calon Ilmuan adalah backup dari Calon Sarjana, dan ketika channel tersebut dihapus oleh pihak Youtube mereka masih memiliki channel cadangan untuk di rename.

Sebagai informasi, Youtube memiliki syarat dan ketentuan yang memang harus diikuti oleh semua kreator yang menggunakan layanannya. Bahkan mereka tidak segan-segan untuk menindak jika kreator diketahui melanggar peraturan salah satunya yang paling berat adalah masalah hak cipta.

Tapi semua pelanggaran harus melalui proses sampai akhirnya channel akan dihapus paksa oleh Youtube, dan itu sebabnya kenapa Channel Calon Sarjana baru dihapus sekarang ini bukan ketika @JTonYouTube melaporkannya.

Dilansir Androidponsel.com dari laman indozone.id, berikut adalah tiga proses sistem pelanggaran hak cipta yang berlaku di Youtube sehingga channel bisa dihapus.

  • Channel tidak dapat uploud video selama 1 minggu ketika terkena laporan pertama (Strike)
  • Strike ke 2 membuat channel akan dibekukan selama dua minggu
  • Dan laporan ke 3, Youtube akan menghapus channel yang melanggar peraturan.

Terkait hak cipta Anda bisa membacanya secara lengkap langsung di laman resmi Youtube di sini.

Sumber : Terima kasih untuk channel Ryan Jr

 

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini