Cara Menyatukan File PDF Yang Terpisah Tanpa Ribet

  • Whatsapp
cara menyatukan file pdf yang terpisah 1
cara menyatukan file pdf yang terpisah 1

PDF (Portable Document Format) merupakan berkas dalam sebuah format yang diembangkan oleh Adobe System untuk keperluan pengiriman dokumen digital. Format PDF akan menampilkan fie 2D yang telah mencakup gambar, teks, maupun grafik vector 2D.

Sekarang ini, PDF adalah format yang sudah sering digunakan. Berbagai Ebook atau dokumen digital sudah beralih untuk menggunakan format ini bahkan untuk dokumen yang bersifat resmi sekalipun telah beralih dari format Word ke format PDF.

Bacaan Lainnya

Tidak seperti dokumen dengan format Word, dokumen PDF hanya bisa di edit dengan menggunakan softwere khusus, termasuk untuk memperkecil atau menyatukannya menjadi satu. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara menyatukan file PDF yang terpisah.

Cara menyatukan file PDF menjadi satu

cara menyatukan file pdf menjadi satu
cara menyatukan file pdf menjadi satu

Menyatukan file PDF yang berbeda menjadi satu mungkin masih asing terdengar. Saat mengumpulkan berkas lamaran pekerjaan atau mendaftar di perguruan tinggi biasanya akan memerlukan berkas yang sudah digabungkan menjadi satu agar tidak tercecer atau terlupa.

Bagi yang belum familiar dengan proses ini mungkin akan terdengar sangat rumit, padaal sebenarnya caa untuk menyatukan file PDF ini cukup gampang. Berikut adalah cara menyatukan file PDF menjadi satu dengan cepat dan mudah.

  1. Cara menyatukan file PDF jadi satu dengan Adobe Reader.

cara menyatukan file pdf jadi satu
cara menyatukan file pdf jadi satu

Sebagai salah satu pengembang format PDF, Adobe memiliki layanan yang memungkinkan anda untuk dapat mengolah file tersebut tanpa mengubah format PDF ke format Word terlebih dahulu. Cara untuk menyatukan file PDF pun cukup mudah yaitu dengan membuka aplikasi Adobe Reader, kemudian klik tab Tools yang berada di pojok kiri atas.

Kemudian akan muncul beberapa opsi, pilih opsi combi files. Untuk menyatukan file klik Add files. Setalah memilih file yang diinginkan klik Combine. Selnjutnya, simpan file tersebut di folder yang diinginkan dengan mengklik tab file dan save As.

  1. Cara menyatukan beberapa file PDF menjadi 1 dengan Foxit Reader.

cara menyatukan beberapa file pdf menjadi 1
cara menyatukan beberapa file pdf menjadi 1

Foxit Reader merupakan suatu aplikasi yag digunakan untuk membaca dan mengedit file PDF yang cukup familiar. Cara menyatukan beberapa file PDF menadi 1 adalah dengan memilih menu File kemudian Create dan pilih opsi From Multiple Files. Kemudian, setelah windows baru muncul, klik centang pada menu merge multiple files into a single PDF file. Selnajutnya, tambahkan file yang akan digabungkan dengan mengklik menu Add Files kemudian pilih file yang ingin digabungkan.

Setelah semua file berhasil diunggah, anda dapat mengurutkan ataupun menghapus file sesuai keinginan dan kebutuhan anda. kemudian, klik Convert dan tentukan tempat untuk menyimpan file baru tersebut.

  1. Cara menyatukan beberapa file PDF dengan Xodo

cara menyatukan beberapa file pdf
cara menyatukan beberapa file pdf

Dua cara diatas dapat digunakan jika anda ingin menggabungkan file PDF menggunakan Komputer. Nah, cara menyatukan beberapa file PDF yang satu ini dapat digunakan untuk menyatukan file PDF menggunakan smartphone Android.

Caranya adalah dengan menginstal aplikasi Xodo terlebih dahulu dari Playstore. Selanjutnya, klik tombol + yang ada di sisi kanan bawah kemudian pilihlah opsi PDF from documents. Pilihlah file-file yang ingin di gabungkan lallu klik Merge yang ada dipojok kanan bawah. Rename file sesuai keinginan anda dan klik Merge, kemudian pilih tempat untuk menyimpan file tersebut.

Cara menyatukan File PDF menjadi satu file offline maupun online

Cara menyatukan file PDF menjadi satu file
Cara menyatukan file PDF menjadi satu file

File dengan format PDF memang telah sering digunakan untuk berbagai keperluan document dari artikel sampai dokumen resmi. Ada dua cara menyatukan 2 file PDF yang berbeda yaitu dengan cara offline maupun online.

Menyatukan file PDF dengan cara offline berarti anda perlu mendownload softwere tambahan baik gratis ataupun berbayar seperti PDF MAte atau Adobe Acrobat XI PRO. Berikut adalah cara untuk menyatukan file PDF jadi satu baik offline maupun online.

  1. Cara menyatukan PDF dalam satu file dengan aplikasi PDFMate

Menyatukan PDF dalam satu file merupakan hala yang penting untuk memepermudah pekerjaan dan membuat document terlihat rapi. Berikut ini cara menyatukan PDF dalam satu file dengan aplikasi gratis berupa PDFMate. Aplikasi PDFMate adalah solusi yang tepat untuk menyatukan file PDF ketika anda tidak memiliki koneksi internet, softwere ini dapat anda gunakana kapan dna dimanapun anda butuhkan. Langkah-langkah untuk menyatukan file PDF nya adalah sebagai berikut

  • Pertama, download dan install aplikasi PDFMate dari http://www.pdfmate.com
  • Buka dan jalankan aplikasi PDFMate, kemudian tambahkan file yang ingin anda satukan dengan mengklik Add Files
  • Selanjutnya, tentukan layout yang ingin anda gunakan. Sangat penting untuk memilih ini jika anda mengininkan tampilan PDF menjadi satu halaman kebawah.
  • Terakhir, klik Build dan tunggu hingga proses selesai.
  1. Cara menyatukan file JPG ke PDF

Tidak hanya dalam pekerjaan kantor, di dunia Pendidikan pun sudah tidak asing lagi yang namanya format Word, PDF, ataupun JPG. Tidak menutup kemungkinan, ada tugas mata kuliah yang meminta agar file JPG disatukan dengan PDF. Walaupun dari format yang berbeda kedua file ini dapat dengan mudah untuk disatukan. Begini cara menyatukan file JPG ke PDF dengan mudah.

  • Buka gambar untuk menyatukan file JPG. Jalankan softwere PDFelemen kemudian klik tombol Combine PDF di jendela Home.
  • Menyatukan gambar JPG untuk membuat file PDF. Di menu Combine Pop Up, pilih psi Add Files untuk memilih lebih banyak file JPG dari tempat penyimpanan anda untuk dikombinasikan. Selanjutnya, klik tombol Next di kanan bawah.
  • Atur Dokumen PDF yang disatukan. Setelah file JPG di satukan dan disimpan sebagai satu dokunen, anda dapat mengedit dokumne lebih lanjut.
  1. Cara menyatukan file PDF online

Salah satu cara yang paling mudah untuk menyatukan file PDF menjadi satu adalag dengan menggunakan layanan online seperti dari smallpdf. Anda tidak perlu lagi mendownload atau menginstal softwere tambahan dari browser. Yang anda perukan hanya koneksi internet yang stabil terutama jika ukuaran file yang diupload cukup besar. berikut adalah cara menyatukan file PDF online di halaman smallpdf.

  • Langkah pertama, kunjungi halaman http://smallpdf.com
  • Langkah kedua, upload file PDF, kemudian tambahkan file lainnya dan klik Add more PDF’s. lakukan langkah ini hingga semua file PDF yang akan disatukan seleasi terupload semua.
  • Langkah ketiga, tunggu sampai proses selesai.
  • Langkah terakhir, klik menu Marge PDF dan tunggulah sampai proses selesai. Kemudian, pilih download file Now untuk menyimpan hasilnya ke PC anda.

Itulah cara menyatukan file PDF yang terpisah menjadi satu file tunggal baik secara online maupun offline. Kamu dapat menggunakannnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. selamat mencoba!

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini