Pembaruan Pixel 2 Buat Pengguna Alami Kegagalan Kamera
Sumber Gambar: zdnet.com

Pada dasarnya pembaharuan adalah hal yang menyenangkan. Namun hal berbeda terjadi pada pembaharuan Pixel 2, di mana penggunanya mengalami ketidaknyamanan.

Pilar utama dari Pixel adalah kamera dan pembaruan perangkat lunaknya yang terjadi tepat waktu. Tapi bagi pengguna Pixel 2/XL, pilar yang digadang-gadangkan, justru menjadi kejatuhan dari Pixel. Karena banyak ditemukan laporan bahwa setelah update dilakukan, kamera ponsel tidak berfungsi dengan benar. Di mana, tidak dapat membidik obyek foto melalui aplikasi atau ada pula yang mengalami kematian kamera secara mendasar.

Dalam video yang dilansir dari androidpolice.com ditemukan bahwa kamera ponsel tidak berfungsi sama sekali. UI pada kamera muncul dalam waktu beberapa detik, tetapi jendela bidik tetap menunjukkan black spot. Beberapa pengguna Pixel 2 melaporkan bahwa kamera depan ponsel dapat berfungsi dengan baik. Namun kamera belakang tidak dapat digunakan seluruhnya. Hal ini menunjukkan bahwa kendala setelah pembaruan terjadi pada sensor belakang ponsel.

Pengguna alami kegagalan kamera, mencoba mengatur ulang aplikasi kamera. Serta berusaha untuk melakukan update ulang pada versi yang seluruhnya. Bahkan melakukan restart pada ponsel, memberikan hasil apapun. Terlebih, aplikasi lain yang menggunakan kamera, mengalami kendala yang sama, termasuk instagram, whatsapp dan aplikasi lainnya.

Laporan masalah ini dimulai dengan pembaruan Android 10 di musim panas lalu (salah satu staf AP bahkan mengalami masalah pada saat yang sama). Sedangkan baru-baru ini, laporan dimulai dengan adanya pembaruan di bulan Desember, yaitu Pixel feature drop. Walaupun demikian, sampai saat ini masalah ini belum diketahui penyebabnya, walau kebanyakan kasus muncul setelah adanya pembaruan.

Beberapa pengguna yang menghubungi Google, mendapatkan tanggapan sebagai akibat dari masalah ini. Beberapa pengguna mendapatkan penggantian RMA, yang lainnya pada Pixel 2/ 2XL yang telah menggunakannya selama dua tahun, tidak mendapatkan garansi. Bila masalah ini benar-benar dikarenakan pembaruan, maka hal ini mengecewakan. Karena hal ini bukan yang dapat dikontrol pengguna.

Bila anda adalah salah satu pengguna Pixel 2 dan mengalami masalah ini, tidak banyak yang dapat dilakukan. Banyak masalah yang dapat diatasi dengan membersihkan data aplikasi kamera. Ada pula yang pengguna alami kegagalan kamera dengan melakukan pengaturan ulang pabrik. Walaupun banyak yang mencoba dan tidak mendapatkan hasil apapun.

Tinggalkan komentar di sini