AndroidPonsel.com – Memiliki pandangan yang skeptis terhadap artikel Wikipedia adalah pandangan yang tepat. Karena kebanyakan artikel di dalamnya, merupakan informasi yang telah ketinggalan zaman. Editor manusia, hanya dapat melakukan yang mampu dilakukan, walaupun kemampuannya terbatas.

Tidak hanya manusia, terdapat bot yang dapat mengedit Wikipedia. Namun terdapat batasan pada template yang diperbarui atau sekedar melakukan perlawanan terhadap vandalisme. Keadaan inilah yang membuat MIT memiliki solusi yang berguna dan elegan.

Dilansir dalam engadget, MIT dan para peneliti kini tengah mengembangkan sistem AI yang dapat menulis ulang kalimat usang pada artikel Wikipedia. Proses penulisannya dilakukan dengan tetap mempertahankan nada manusia. Hal ini akan menjaga tulisan tetap dalam baris paragraf yang tepat, karena dibuat dengan sangat hati-hati.

Sistem berbasis pembelajaran dilatih untuk mengenali perbedaan antara kalimat artikel Wikipedia dengan kalimat klaim dengan fakta yang diperbaharui. Bila nampak kontradiksi di antara kedua kalimat, sistem akan menggunakan kalimat yang netral. Hal ini akan menunjukkan kata-kata kontradiktif yang perlu dihapus dan mana yang benar-benar harus dijaga. Setelah itu, encoder-decoder akan menentukan dan menulis ulang di Wikipedia dengan memanfaatkan kalimat yang di sederhanakan dan klaim baru.

Sistem juga akan dilengkapi dengan fitur untuk melengkapi data. Tujuannya, untuk melatih detektor terhadap berita-berita palsu, yang memiliki potensi untuk mengurangi bias dan meningkatkan keakuratan informasi yang diberikan.

Baca juga: iQOO 3 Akan Menjadi Ponsel Pertama yang Menggunakan UFS 3.1

Seperti yang diketahui, teknologi ini belum siap untuk prime time. Manusia memberikan nilai untuk keakuratan AI dengan skor 4 dari 5 untuk pembaruan faktual. Sedangkan untuk tata bahasa, mendapatkan nilai 3,85 dari 5. Melihat hal ini, AI dinilai lebih baik dibandingkan sistem lain untuk menghasilkan teks baru. Tetapi, hal ini masih harus diperhatikan seksama, apakah anda memperhatikan perubahan dan perbedaan yang terjadi.

Namun, bila peneliti dapat memperbaiki AI lebih maksimal, mungkin AI dapat berguna maksimal. Di mana, AI dapat melakukan pengeditan pada Wikipedia ataupun artikel-artikel berita. Serta dapat dimanfaatkan untuk dokumen lainnya, pada saat editor-editor manusia tidak dapat melakukannya secara langsung. Karena adanya kendala dalam pengerjaan atau masalah lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here