AndroidPonsel.com – Sama seperti PC, smartphone kini menjadi platform yang cukup matang. Di mana selalu diusahakan selalu terdapat peningkatan manfaat pada smartphone dalam setiap tahunnya. Upaya peningkatan terhadap smartphone, tetap dilakukan, walaupun peningkatan yang diberikan hanya memberikan sedikit manfaat bagi pengguna. Namun, sebagian besar pembeli kini telah mengalami pola perubahan tingkah laku.

Pada awalnya, sebagian besar pengguna menyimpan ponsel mereka selama sekitar dua tahun masa pemakaian. Namun kini tren telah bergeser, di mana pengguna menyimpan ponsel mereka selama tiga tahun pemakaian.  Naiknya harga, kemungkinan menjadi faktor utama bagi banyak orang menggunakan dan menyimpan handphonenya dalam waktu lebih panjang. Di mana, sebagian besar smartphone andalan dan yang baru dikeluarkan oleh perusahaan telah memiliki harga $1000 bahkan lebih.

Semakin sedikit penjualan yang meningkat dalam setiap tahun, maka produsen menaikan harga untuk kompensasi hilangnya pendapatan. Hal inilah yang sebabkan, siklus akan terus berlanjut. Rupanya, terdapat sisi baik dari siklus pergantian handphone yang melambat ini. Di mana, Samsung dan produsen memiliki insentif yang lebih besar untuk perangkat lunak. Hingga perangkat lunak yang dikeluarkan memiliki waktu lebih panjag untuk masa percobaan dan ditambahkan berbagai fitur didalamnya.

Baca juga : Samsung Tetap Akan Memproduksi Galaxy S10 dan Turunkan Harga Hingga $150

Seperti yang telah dipersiapkan oleh perusahaan untuk smartphone “tua” seperti Galaxy S7. Di mana, perusahaan telah menyediakan pembaruan keamanan, agar pengguna dapat memanfaatkannya dengan lebih aman dan nyaman. Namun, peningkatan OS biasanya akan terbatas pada perangkat tertentu. Sebut saja, biasanya akan dibatasi pada perangkat yang tidak berusia lebih dari dua tahun, bahkan dibawahnya.

Para pengguna mungkin tidak menyadari siklus ini dan terus menggunakan handphonenya. Upgrade kini tidak lagi menjadi tujuan utama pemilik handphone. Karena yang terpenting adalah harga perangkat yang diberikan oleh perusahaan. Perangkat dengan harga yang terlalu mahal, tentu tidak menarik perhatian pengguna dan akan terus memunculkan siklus baru. Melihat keadaan ini, kita hanya perlu melihat bagaimana Samsung akan memecahkan siklus yang terus menerus akan berulang ini.

Baca juga: Resmi Dirilis! Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S20 vs S20+ vs S20 Ultra

Tinggalkan komentar di sini