AndroidPonsel.com – Pada tahun 2017 lalu, Andy Rubin’s Essensial mengeluarkan handphone pertamanya. Namun ternyata handphone ini menjadi handphone satu-satunya yang diluncurkan oleh Essensial. Essensial sempat membuat berita pada tahun lalu, yaitu munculnya prototipe Project GEM. Namun project ini dinilai sebagai project yang aneh. Dan berita terbaru dari Essensial kini adalah tidak lagi merilis perangkat handphone atau yang lainnya. Hal ini mengartikan, bahwa esensial akan ditutup secara efektif.

Dilansir melalui androidpolice.com, Essential melakukan penyampaian informasi melalui blog resminya. Di mana, per tanggal hari ini, PH-1 (produk telepon Essensial) tidak lagi mendapatkan pembaruan lebih lanjut. Sepanjang pemakaian handphone, pembaruan terakhir akan terjadi pada Pixel. Tetapi pembaruan Februari pada minggu lalu, akan menjadi pembaruan terakhir bagi PH-1.

Walaupun demikian, terdapat satu keuntungan bila anda menggunakan  PH-1. Perusahaan meluncurkan perangkat GEM pada tahun lalu dan menghasilkan buzz ringan untuk perusahaan setelah lama absen dari keramaian. Namun hal itu, tidak menarik banyak perhatian karena adanya tuduhan pelecehan serius yang dilakukan oleh Andy Rubin pendiri Essential.

Pada posting yang dilakukan oleh Essential pada hari ini, tidak dijelaskan rinci apakah alasan penutupan perusahaan. Di sana, hanya terdapat penjelasan bahwa Essential telah berusaha menjalankan proyek GEM semampunya. Tanpa ada cara untuk merilisi produk yang telah usai, akhirnya perusahaan memutuskan untuk menyerah. Sebagai hadiah perpisahan, Essential memposting beberapa video demo dari Proyek GEM. Harapannya dari demo ini, kita dapat melihat bagaimana ponsel ini akan bekerja.

Essential membutuhkan startup email CloudMagic pada tahun lalu, yang menawarkan layanan Newton Mail. Pengguna Newton Mail saat ini memiliki akses ke layanan hingga 30 April. Tepatnya sekitar dua bulan setengah dari hari post Essential dikeluarkan. Setelah tanggal ini usai, maka Newton Mail akan dimatikan pula. Masih terdapat harapan untuk anda penggemar Handphone Essential.

Perusahaan akan memposting gambar vendor prebuil dan alat-alat lain untuk membuat perangkat lunak bagi Handphone Essensial di Github segera. Anda pun dapat menantikan beberapa pembaruan yang dibuat oleh komunitas untuk ponsel ini. Tapi, hal ini tidak akan sama dengan kecepatan buatan bulanan OTA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here