Bagaimana Cara Mengembalikan File Terhapus di Samsung dengan Mudah?

  • Whatsapp
cara mengembalikan file terhapus di Samsung
cara mengembalikan file terhapus di Samsung

Terkadang, para pengguna ponsel pintar Samsung secara tidak sengaja menghapus file atau foto. Namun, tidak perlu khawatir lagi ketika hal itu terjadi karena ada beberapa cara mengembalikan file terhapus di Samsung. Ketika asik menggunakan ponsel pintar dengan fitur layar sentuh yang makin mutakhir, kita bias saja lupa dan secara tidak sengaja memencet tombol delete dan menghapus foto atau file tersebut. Padahal foto atau file tersebut merupakan file penting yang masih kita butuhkan. Tapi tentu saja pihak Samsung tidak mungkin mengunggulkan ponselnya tanpa melakukan back up.

Samsung juga mempunyai system back up di dalam ponselnya. Sehingga file atau foto kita belum benar-benar terhapus selama memori ponsel belum berubah karena ditimpa dengan file atau foto yang lainnya atau ter-setting kembali ke pengaturan awal. Namun, untuk mengembalikan file atau foto yang telah terhapus diperlukan aplikasi atau software tambahan yang tentu saja kompatibel dengan ponsel Samsung.

Jenis Aplikasi Atau Software Yang Dapat Digunakan Untuk Mengembalikan File Terhapus Di Samsung

cara untuk mengembalikan file terhapus di Samsung
cara untuk mengembalikan file terhapus di Samsung

Aplikasi atau software untuk mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus dari ponsel telah banyak beredar dan dapat dengan mudah didownload dari playstore. Tentu saja aplikasi tersebut telah mendapat review yang bagus mengenai keberhasilannya mengembalikan file yang terhapus. Beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di ponsel Samsung yaitu :

1. Samsung Data Recovery

Samsung Data Recovery adalah salah satu cara untuk mengembalikan file terhapus di Samsung. Ini merupakan aplikasi terbaik untuk melakukan android data recovery. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memulihkan file yang telah terhapus seperti kontak atau daftar nomor telepon, pesan teks ataupun multimedia, daftar panggilan dan foto dari ponsel Samsung. Aplikasi ini juga dapat mengembalikan file berupa foto, video dan dokumen yang terhapus dan disimpan di kartu memori. Selain itu pun masih bisa untuk melihat preview detail file atau foto yang akan direcovery. Langkah yang harus dilakukan untuk mengembalikan file menggunakan Samsung Data Recovery yaitu :

  • Unduh aplikasi Samsung Data Recovery di komputer lalu ikuti petunjuk untuk menginstall aplikasi tersebut, lalu jalankan program Samsung Data Recovery
  • Hubungkan perangkat ponsel Samsung ke computer menggunakan kabel USB, jangan lupa untuk aktifkan USB Debugging pada perangkat ponsel Samsung
  • Ikuti petunjuk untuk memilih tipe file yang akan di pindai. Jika perangkat Samsung anda telah dirooting, maka program akan menyelesaikan pemindaian secara otomatis, tetapi jika perangkat belum maka anda dapat memilih untuk melakukan rooting atau melanjutkan pemindaian untuk data yang tidak lengkap.
  • Pilih tombol “Izinkan” agar program dapat melakukan pemindaian dan menganalisis file yang dipilih.
  • Pilih data yang dimaksud kemudian temukan lokasi untuk melakukan recovery, dengan klik tombol “Pulihkan” untuk memulihkan data ke dalam computer anda.
  • Jika anda menginginkan data dikembalikan pada kartu memori, maka masukkan kartu memori tersebut ke dalam komputer dan pilih mode “Android SD Card Recovery”.

2. EaseUS Mobi Saver

Menggunakan aplikasi EaseUS Mobi Saver adalah salah satu caramengembalikan file terhapus di Samsung. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan di perangkat android Samsung untuk menyelamatkan file yang tidak sengaja terhapus, seperti kontak, pesan teks, foto, video, audio atau dokumen. Untuk dapat memulihkan file menggunakan aplikasi ini dilakukan dengan cara :

  • Unduh aplikasi EaseUS Mobi Saver kemudian install di perangkat computer anda
  • Buka aplikasi Mobi Saver kemudian sambungkan ke perangkat ponsel Samsung menggunakan kabel USB, selanjutnya klik “Mulai”
  • Program akan melakukan pemindaian terhadap file yang terhapus, setelah pemindaian selesai klik “Galeri”
  • Pilih file foto yang ingin dipulihkan dan pastikan kotak disebelah foto telah tercentang
  • Klik “Pulihkan” dan pilih perangkat penyimpanan untuk memulihkan, baik itu di ponsel atau pun di komputer
  • Klik OK dan tunggu hingga file selesai dipulihkan

3. Phone Rescue

Aplikasi Phone Rescue adalah salah satu jenis aplikasi yang tersedia secara gratis dan dapat memulihkan file yang telah terhapus di perangkat Samsung. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup menarik, yang mana dapat memulihkan lebih dari 25 jenis file yang berbeda dengan sangat mudah. Aplikasi ini dapat memulihkan file tersebut, bahkan ketika anda lupa melakukan back up data. Cara memulihkan file terhapus di Samsung menggunakan aplikasi ini yaitu :

  • Download aplikasi Phone Rescue kemudian install di perangkat komputer
  • Sambungkan perangkat Samsung menggunakan USB ke komputer
  • Pilih file yang ingin dipulihkan, lalu klik kanan untuk memulai pemindaian
  • Setelah pemindaian selesai, semua file yang telah terhapus akan muncul
  • Pilih file yang ingin dipulihkan, lalu klik tombol di sudut kanan untuk menyimpannya kembali

Jenis Aplikasi Atau SoftwareYang Dapat Digunakan Untuk Mengembalikan Foto Terhapus Di Samsung

cara mengembalikan file terhapus di Samsung
cara mengembalikan file terhapus di Samsung

Perangkat Samsung adalah ponsel yang juga memiliki keunggulan di bidang kamera. Ketika sedang asik berselfie atau melihat isi galeri, terkadang kita bias saja lupa atau secara tidak sengaja menghapus foto tersebut. Untuk menyelamatkan foto yang berharga dapat dilakukan dengan aplikasi berikut :

1. Samsung Cloud Back Up

Cara memulihkan foto terhapus dari samsung dapat pula dilakukan menggunakan Samsung Cloud Back Up. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memulihkan file yang telah terhapus dari ponsel Samsung dengan syarat file tersebut telah dicadangkan sebelumnya di Samsung Cloud. Namun kekurangan aplikasi ini adalah, file yang dapat dicandangkan hanya berupa file jenis foto saja. Untuk dapat memulihkan foto yang terhapus menggunakan Samsung Cloud Back Up cukup mudah dan dapat dilakukan hanya menggunakan perangkat ponsel Samsung, caranya adalah :

  • Buka menu pengaturan di ponsel kemudian pilih “Account and Backup”
  • Pilih “Back Up and Restore” pada layar di perangkat Samsung anda
  • Klik “Pulihkan” kemudian pilih file yang akan dipulihkan
  • Klik “Pulihkan Sekarang” sehingga file yang telah terhapus dan masih tersimpan di dalam cloud akan kembali ke perangkat ponsel Samsung

2. Disk Digger

Disk Digger adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk memulihkan file dari perangkat ponsel Samsung, namun dapat juga digunakan pada hard drive, kartu memori ataupun USB. Aplikasi ini juga mendukung untuk melihat lagi file yang ingin dipulihkan ke perangkat ponsel. Cara memulihkan foto terhapus di Samsung menggunakan aplikasi Disk Digger yaitu :

  • Perangkat Samsung harus diroot terlebih dahulu untuk memulihkan file yang terhapus
  • Unduh dan install aplikasi Disk Digger di perangkat ponsel Samsung
  • Pilih “Ijinkan” agar aplikasi dapat mengakses root dan pilih tidak jika aplikasi meminta untuk otomatis mengupdate
  • Cari file di dalam folder yang akan dipulihkan ke dalam perangkat ponsel, lalu klik “OK”
  • Aplikasi akan memindai file tersebut, kemudian klik di “File” dan pilih “Save” untuk memulihkan file yang telah terhapus.

Cara di atas adalah salah satu contoh aplikasi mutakhir yang dapat digunakan, walaupun masih banyak aplikasi lainnya yang juga kompatibel terhadap perangkat Samsung. Sebagai pemilik perangkat Samsung yang cerdas tentu saja kita harus mengantisipasi untuk kehilangan file penting kita, sehingga kita harusmengetahui cara memulihkan file terhapus di Samsung dengan baik agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini