Salah satu hal yang harus kamu lakukan ketika mengganti hp baru adalah memindahkan data-data yang ada di hp lama ke hp yang baru. Apalagi jika di dalam memori hp lama tersimpan banyak sekali data penting yang masih dibutuhkan, seperti nomor kontak. Kontak termasuk data yang wajib untuk dipindahkan, apalagi kalau di dalam kontak berisi kontak orang – orang penting. Hal ini tentunya akan merepotkan sekali jika masih menggunakan cara manual untuk menyimpan ulang satu persatu kontak ke hp baru. Sebenarnya ada cara memindahkan kontak dari hp lama ke hp baru dengan mudah dan cepat, lho. Mau tahu? Yuk, dibaca cara selengkapnya!

4 Cara Memindahkan Kontak Dari HP Lama Ke HP Baru

Cara Mudah Memindahkan Kontak Dari HP Lama Ke HP Baru
(ilustrasi) Cara Mudah Memindahkan Kontak Dari HP Lama Ke HP Baru

Secara umum, Anda dapat menggunakan cara dibawah ini untuk memindahkan kontak dari hp lama ke hp baru dengan mudah dan cepat. Simak dengan seksama ya:

1. Melalui Akun Google

Gunakan saja akun Google yang Anda punya untuk memindahkan data kontak. Menggunakan akun Google merupakan salah satu cara memindahkan kontak dari hp lama ke hp baru yang paling mudah dan cepat.  Dengan mngikuti langkah – langkah ini kamu kamu sudah bisa memindahkan kontak melalui akun Google kamu. Pertama – tama buka Settings > Account > Google lalu hidupkan Contact Sync, selanjutnya secara otomatis semua kontakmu akan ditransfer.

2. Ekspor Kontak Menggunakan Kartu SD

Jika melakukan sinkronisasi melalui akun Google bukan pilihan yang pas untuk Anda dengan menggunakan kartu memori sebagai alternatif lain. Pertama – tama ekspor terlebih dahulu data kontak ke kartu SD menggunakan smartphone lama. Data – data tersebut lalu disimpan ke dalam direktori, selanjutnya keluarkan kartu SD yang sudah terdapat file kontak tadi lalu masukkan ke hp baru. Buka menu lalu pilih kontak dan pilihlah menu import, selanjutnya ikuti petunjuk berikutnya dan secara otomatis kontak kamu akan ditransfer. Mudah bukan?

3. Memori Internal Perangkat

Cara berikut ini bisa dicoba jika dua cara sebelumnya belum sukses ataupun masih ingin mencoba – coba. Cara yang ketiga ini cukup menggunakan memori internal saja. Sebelumnya sudah harus menyimpan terlebih dahulu informasi kontak ke memori internal hp ya. Kemudian, hubungkan hp ke komputer untuk menyimpan file kontak di dalam PC. Jika sudah di transfer, selanjutnya bisa langsung mentransfer data kontak dari PC ke hp baru. Selain itu, Anda juga bisa mencari data kontak di telepon dan mengirimkannya secara langsung melalui bluetooth ataupun email ke hp baru lho!

4. Simpan Kontak di Kartu SIM

Jika baru saja membeli hp baru namun ingin tetap menggunakan kartu SIM yang sama untuk hp barumu, cukup menyalin kontak ke kartu SIM saja dan secara otomatis data kontakmu akan tersimpan. Namun perlu diingat, cara seperti ini memiliki kelemahan, kelemahan cara ini adalah kartu SIM kamu hanya bisa menyimpan data kontak tak lebih dari 200 kontak. Setelah itu Anda bisa memindahkan kartu sim tersebut ke hp baru yang baru saja dibeli.


Beberapa cara memindahkan kontak dari hp lama ke hp baru di atas, semuanya bisa  dicoba dengan cepat dan mudah. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar di sini