AndroidPonsel.com – Akibat ajang tahun MWC 2020 dibatalkan karena disebabkan wabah virus corona, beberapa vendor smartphone yang harusnya meluncurkan produk mereka di ajang tersebut harus mengubah jadwal mereka.

Salah satunya adalah Sony, yang telah mengubah jadwal mereka dan mengadakan acara tersendiri untuk mengungkap smartphone terbaru perusahaan. Sony memilih untuk membuat acaranya menjadi online yang diarkan langsung di channel Youtube perusahaan. Dalam acara tersebut mereka akan mengungkapkan dua ponsel baru yaitu, Sony Xperia 1 II dan Sony Xperia 10 II.

Menjelang peluncurannya, kami sudah mendapatkan beberapa bocoran terkait kedua perangkat tersebut. Bocoran ini kami dapatkan dari akun Twitter @MaxWinebach yang memang memiliki reputasi baik jika sudah membocorkan smartphone terbaru. Ia bahkan mempublikasikan render desain dan lembaran spesifikasi yang cukup lengkap. Berikut adalah ulasan bocoran spek dari keduanya.

Sony Xperia 1 II

Sony Xperia 1 II
Sony Xperia 1 II

Pertama adalah Sony Xperia 1 II, ini adalah smartphone unggulan perusahaan. Ponsel ini adalah penerus dari Xperia 1 yang diluncurkan pada tahun lalu.

Berdasarkan bocoran yang kami dapatkan, Xperia 1 II datang dengan ukuran 6,5 inci dengan aspek rasio 21:9, dengan dimensi 166 x 72 x 7.9 mm dengan berat 181g. Selain itu gambar render menunjukan ponsel datang dengan adanya bezel dibagian atas yang juga terdapat sensor kamera dibagian depan.

Panel layar akan mendapatkan teknologi OLED yang mampu menghasilkan resolusi 4K. Dalam lembar bocoran tertulisakan layar ponsel dilengkapi dengan Motion Blur Reduction yang berfungsi sama dengan layar yang memiliki refresh rate 90Hz.

Xperia 1 II mendapatkan dukungan SoC Snapdragon 865 yang juga dilengkapi dengan modem snapdragon X55 sehingga perangkat sudah mendukung konektivitas 5G, chipset tersebut disandingkan dengan RAM 8GB serta penyimpanan internal 256GB. Belum ada informasi apakah ponsel ini mendapatkan varian konfigurasi berbeda atau tidak.

Sementara dibagian fotografi, ponsel akan tiba dengan konfigurasi empat sensor kamera dibagian belakang. Sensor tersebut terdiri dari 12MP 16mm 1/2.6 dengan dual-PD autofocus yang disandingkan dengan sensor 12MP 24mm 1/1.7 dual-PD autofocus dan OIS, sensor ketiga 12MP 70mm 1/3.4 yang lengkap dengan PDAF, OIS dan kemampuan 3x optical zoom dan sensor terakhir adalah kamera 3D ToF dengan autofocus.

Kamera belakang menggunakan lensa ZEISS dan memiliki fitur seperti Real-time Eye Autofocus and 20fps AF/AE tracking burst. Sementara kamera selfie mendapatkan sensor sebesar 8MP.

Fitur lainnya smartphone akan dilengkapi dengan speaker stereo, Dolby Atmos, Hi-Res Audio dan dilengkapi dengan jack audio. Sementara baterainya mendapatkan kapasitas 4000 mAh yang juga dilengkapi dengan pengisian nirkabel namun tidak sebutkan berapa kecepatan pengisiannya. Bocoran spesifikasi juga menyebutkan smartphone akan tiba dengan sertifikasi IP65/IP68 yang artinya akan memiliki ketahanan terhadap debu dan air.

Baca juga:

Xperia 1 II juga disebutkan akan mendukung fitur seperti game 21:9, koneksi langsung DualShock 4, Elite Gaming dan Game Enchancer. kabarnya Ponsel ini akan tiba dengan dua pilihan warna antara lain Black dan Purple.

Spesifikasi Sony Xperia 1 II
Spesifikasi Sony Xperia 1 II

Sony Xperia 10 II

Sony Xperia 10 II
Sony Xperia 10 II

Dalam postingan yang berbeda @MaxWinebach juga mempublikasikan desain render dan lembar spesifikasi dari smartphone Sony Xperia 10 II. Ponsel ini adalah penerus dari ponsel sebelumnya yaitu Xperia 10.

Xperia 10 II akan datang dengan layar berukuran 6,0 inci dengan aspek rasio 21:9 Full HD+ yang menggunakan panel OLED dengan video Image Optimization. Ponsel ini hadir dengan desain yang juga masih memiliki bezel yang tebal pada bagian atas dan bawahnya.

Smartphone ini masuk ke kategori kelas menengah dengan diperkuat SoC Snapdragon 665 yang disandingkan dengan RAM 4GB dan penyimpanan 128GB. Dengan spek chipset yang terbilang lawas tentunya ponsel hanya akan mendukung konektivitas 4G.

Sementara dibagian belakang terdapat sensor kamera yang disusun secara vertikal bagian sisi kiri perangkat. Konfigurasi kamera dikatakan hadir dengan tiga sensor kamera, antaralain sensor 12MP 26mm PDAF, 8MP 52mm, 8MP 16mm. Dari lembaran spesifikasi kami mengetahui bahwa kamera ponsel datang dengan reproduksi warna dari Digital Imaging. Sementara kamera depan mendapatkan sensor 8MP.

Sony Xperia 10 II datang dilengkapi dengan jack audio, Audio Hi-Res (Kabel dan nirkabel), mendukung LDAC, DSEE HX Digital Sound Enchancement Engine. Sementara baterainya akan mendapatkan kapasitas sebesar 3600 mAh yang juga dibekali dengan sertifikasi IP65/68 serta terdapat pemindai sidik jari yang berada di posisi samping dan fitur NFC.

Smartphone ini akan hadir dengan varian warna hitam dan putih. Kabarnya kedua ponsel ini akan diluncurkan secara resmi pada hari ini, 24 Februari 2020.

Spesifikasi Sony Xperia 10 II
Spesifikasi Sony Xperia 10 II

Untuk mendapatkan informasi lebih cepat, Anda bisa mengikuti kami di Twitter @androidponsel_ atau di Channel Telegram t.me/androidponsel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here