Ragam Tips Cara Mengubah Jaringan 3G Ke 4G

  • Whatsapp
cara mengubah hp 3g menjadi 4g
cara mengubah hp 3g menjadi 4g

Jaringan 4G kini mulai merambah ke berbagai daerah di penjuru nusantara seiring dengan munculnya teknik simpel cara merubah jaringan 3G ke 4G. Kekuatan sinyal yang oke dan didukung pula dengan harga yang relatif lebih terjangkau menjadikan jaringan tersebut banyak digunakan oleh masyarakat. Meskipun berbagai provider kini berlomba untuk menyediakan paket murah jaringan 4G. Namun, sayangnya jaringan tersebut hanya bisa digunakan pada handphone dengan standar tertentu. Jaringan ini tidak bisa digunakan secara leluasa untuk jenis handphone berkapasitas 3G. Untuk itu, ada baiknya Anda menyimak beberapa penjelasan rinci berikut ini mengenai trik dan tips cara upgrade hp 3G ke 4G.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Ubah Setting Jaringan

Jaringan 4G kini mulai merambah ke berbagai daerah seiring dengan beredarnya smartphone yang mempunyai fitur pendukung. Hal ini pun kian diimbangi dengan maraknya beragam informasi seputar cara mengubah hp 3G menjadi 4G. Tak lain hal tersebut disebabkan karena banyaknya kemudahan dan keunggulan yang disajikan oleh jaringan tersebut, seperti jaringan lebih stabil, kecepatan download maupun upload bagus, serta penawaran harga yang menarik. Sebelum Anda mengetahui detail cara melakukan setting jaringan, ada baiknya Anda menyimak beberapa poin yang harus Anda siapkan terlebih dahulu seperti penjelasan berikut ini.

  1. Jenis Smartphone

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika akan mengubah jaringan 3G ke 4G adalah memeriksa kembali apakah handphone yang Anda miliki mensupport jaringan tersebut atau tidak. Silakan Anda bisa menyimaknya pada bagian status ponsel maupun informasi yang tertera di box handphone.

2. Dukungan Provider yang Digunakan

Selanjutnya silakan cek jenis provider jaringan yang Anda pergunakan. Pastikan dengan teliti bahwa Anda memilih provider yang tepat.

3. Ketersediaan Jaringan di Tempat Tinggal

Hal yang tak kalah penting dan menjadi suatu hal yang harus diperhatikan dengan benar adalah letak lokasi tempat Anda tinggal saat ini. Sebelum melangkah lebih jauh, silakan kumpulkan informasi valid apakah lokasi Anda tinggal saat ini support jaringan 4G atau tidak.

Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G, Lengkap!

Ketika beberapa syarat tersebut di atas sudah Anda penuhi, maka selanjutnya Anda harus mengubah jaringan 3G ke 4G. Selengkapnya terkait cara merubah jaringan 3G ke 4G dapat Anda simak pada penjelasan berikut ini.

1. Cara Khusus Pengguna Meizu

Bagi Anda para pengguna smartphone meizu, terdapat langkah mudah mensetting jaringan 4G. Adapun cara yang bisa Anda coba adalah menggunakan fitur dial up. Cukup ketikkan *#*#4321#*#* lalu silakan Anda klik OK. Jika sudah, maka secara otomatis jaringan provider milik Anda akan berubah menjadi jaringan 4G.

2. Optimalkan Fitur Pengaturan Jaringan

Langkah standar yang bisa Anda lakukan untuk cara mengubah jaringan HP 3G menjadi 4G adalah menggunakan fitur pengaturan jaringan. Caranya silakan Anda cari menu setting yang ada di smartphone. Setelah Anda masuk ke dalam menu tersebut klik opsi SIM dan Network, dan pilih prefered new types. Anda bisa memilih jenis 4G hanya dengan mengikuti langkah praktis tersebut.

3. Gunakan Dial Pad

Seperti penjelasan pada bagian pertama, cara mensetting jaringan bisa juga digunakan pada tombol dial up. Biasanya cara ini akan digunakan oleh mereka yang memiliki smartphone asal negara tirai bambu. Tak lain disebabkan karena jenis jaringan tidak terdeteksi dengan baik dan tergolong ke dalam jenis yang kurang memenuhi standar TKDN.

4. Setting 3G ke 4G Khusus Pengguna Iphone

Selain meizu, terdapat cara khusus pula bagi para pengguna iphone. Untuk bisa menerapkan jaringan 4G Anda harus melakukan beberapa langkah seperti membuka menu setting dan memilih opsi celullar. Pilih celular data dan dilanjutkan dengan memilih celullar data options. Jika sudah, silakan klik voice dan data, dan pilih LTE. Jika sudah diikuti langkah tersebut, maka jenis jaringan Anda saat ini sudah beralih menjadi 4G. Bagaimana, mudah bukan?

5. Khusus Pengguna Oppo

Kabar baik bagi Anda para pengguna smartphone tersebut, kini Anda dapat melakukan setting jaringan pada menu setting > SIM ganda dan jaringan selular. Selanjutnya klik opsi jenis jaringan yang dianjurkan, kemudian disusul dengan klik menu jaringan 4G. Jika sudah, silakan keluar dari menu setting menuju tombol dial up. Ketikkan *#*#34636#*#* kemudian klik informasi telepon dan pilih jaringan yang disukai.

6. Pengaturan Jaringan 4G Pada HP Xiaomi

Tak jauh berbeda dengan beberapa penjelasan yang sudah disebutkan di atas. Untuk pengguna xiaomi silakan ikuti instruksi dimulai dengan membuka menu setting. Pilih menu tentang ponsel dan tap sebanyak lima kali pada layar handphone. Jika sudah, silakan tentukan sendiri tipe jaringan yang akan Anda pilih.

7. Setting Jaringan Pada HP Asus Zenfone

Cara simpel agar jaringan internet di hanpdhone Anda berubah, silakan buka menu setting > pilih setting celullar, pilih prefered network type dan dilanjutkan dengan memilih jenis jaringan.

Baca juga:

Langkah Praktis Mengunci Jaringan

Tak kalah penting dari melakukan pengubahan jaringan, Anda pun harus mengetahui bagaimana caranya melakukan penguncian jaringan tersebut. Hal ini biasanya dapat Anda temui pada jenis smartphone besutan vendor Tiongkok yang sering menyebabkan jaringan beberapa provider tidak termasuk ke dalam daftar jaringan yang terdaftar. Meski demikian Anda pun tetap bisa menemukan kasus serupa untuk jenis smartphone yang lain. Sehingga alangkah lebih baiknya jika Anda menyimak penjelasan lengkapnya mengenai cara mengunci jaringan menggunakan bantuan beberapa aplikasi berikut ini.

1. Advanced Signal Status

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengunci jaringan 4G tanpa harus melakukan setting secara manual adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Anda bisa melakukan proses download aplikasi advanced signal status terlebih dahulu. Jika sudah silakan Anda memastikan bahwa aplikasi tersebut sudah pernah di root sebelumnya, karena cara ini lebih efektif untuk digunakan pada jenis hanpdhone yang pernah di root. Jika sudah silakan pilih opsi additional info > pengujian. Setelahnya silakan pilih menu informasi perangkat, dilanjutkan dengan memilih menu set preferred network type dan pilih LTE only.

2. Gunakan 4G Switcher

Hal lain yang bisa Anda gunakan untuk mengunci jaringan adalah aplikasi 4G switcher. Beda fungsi dari jenis ini dibandingkan dengan jenis advanced signal status terletak pada peruntukkannya. Untuk jenis ini lebih cocok digunakan untuk HP yang belum pernah di root, berbanding terbalik dengan advanced signal status. Adapun cara pengoperasiannya setelah Anda selesai mendownloadnya adalah memilih menu device info > set prefereed network. Klik ikon segitigapada layar dan pilih LTE only.

Semua cara di atas adalah bagian dari pembahasan mengenai cara mengubah jaringan 3G ke 4G. Sebelum Anda memulai melaksanakan setting jaringan, silakan Anda simak dengan saksama beberapa hal terkait jenis handphone dan dukungan jaringan provider yang digunakan. Pastikan semua hal tersebut sudah memenuhi persyaratan agar Anda dapat mengikuti tata langkah pengubahan jaringan. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini