Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh

Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh

Tidak sedikit pengguna smartphone yang merasa kesal dan terganggu karena kinerja HP yang semakin lemot. Nah, salah satu penyebabnya karena memori HP yang penuh. Walau begitu, Sobat bisa mengatasi memori internal HP yang penuh tanpa ribet dan cepat. Simak terus ulasannya hingga tuntas.

Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh

Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh

Smartphone tak lepas dari kehadiran memori penyimpanan, baik penyimpanan internal maupun eskternal. Nah memori pada handphone tentunya memiliki peran penting untuk dapat menyimpan file atau data. Semakin banyak data yang disimpan, tentu ruang penyimpanan di memori juga makin berkurang.

Tapi bagi Sobat yang belum tahu perbedaan memori internal dan eksternal, memori internal sendiri merupakan memori bawaan yang disematkan di handphone, dan memori eksternal adalah memori yang bisa pengguna tambahkan ke ponsel dengan maksud menambah ruang penyimpanan.

Lantas bagaimana jika memori internal HP yang Sobat miliki penuh dan membuat lelet kinerja ponsel serta menganggu pekerjaan karena HP tidak dapat menyimpan data lagi? Tenang, ada beberapa cara mengatasi memori internal HP yang penuh yang bisa dicoba.

Hapus Cache Aplikasi

Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh

Salah satu cara yang bisa Sobat lakukan adalah dengan menghapus cache aplikasi. Cache sendiri merupakan sisa data yang sudah kita tidak gunakan lagi. Biasanya cache akan menumpuk setelah kita lama menggunakan beberapa aplikasi contohnya seperti Instagram, Facebook, Tik Tok, dan game-game online.

Aplikasi-aplikasi tersebut membawa cache yang besar, jadi jika tidak rajin di bersihkan, maka akan menumpuk dan membuat internal HP menjadi full. Nah pastikan sobaat untuk menghapusnya. Untuk beberapa perangkat mungkin caranya berbeda, namun cara umumnya sobat bisa ikuti dibawah ini

Bagaimana caranya?

  • Pertama, pergi ke Settings di Handphone sobat atau bisa pilih ikon gerigi.
  • Selanjutnya gulir kebawah dan pilih menu “App Management”
  • Jika sudah, klik semua aplikasi atau beberapa yang sekiranya menurut sobat sering sobat akses.
  • Lalu klik aplikasi yang ingin sobat pilih, dan pilih “Storage Usage”
  • Dan disitu pasti ada pilihan “Clear Cache”, sobat bisa klik untuk menghapusnya.
  • Selesai!

Dengan begini memori internal HP sobat akan sedikit lega karena sudah menghapus Cache yang menumpuk. Jika belum berpengaruh, sobat bisa simak cara lainnya.

Cek Data Whatsapp

Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh Dengan Whatsapp

Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang paling memiliki aktivitas penggunaan yang tinggi, hal inilah yang membuat sampah file WA menumpuk dan tersimpan di memori sehingga memori internal pada ponsel menjadi penuh. Apalagi bagi sobat yang memiliki banyak grup yang isinya share berbagai media seperti dokumen, foto, video dan Voice Note. Nah Untuk itu, Sobat harus melakukan pengecekan dan penghapusan data tidak penting secara rutin.

Bagaimana cara menghapusnya? Berikut adalah caranya.

  • Pertama, sobat bisa buka File Manager di handphone sobat
  • Kemudian pilih atau Klik “Phone Storage” atau “Penyimpanan Telpon”
  • Gulir kebawah kemudian buka folder whatsapp. Disitu nanti akan banyak terdapat file-file. Sobat bisa hapus yang sekiranya tidak penting atau sudah tidak sobat butuhkan lagi.

Catatan: Pastikan Sobat jangan menghapus data yang ada di folder database! Karena jika sobat hapus kemungkinan akan mengalami kehilangan data penting serta menyebabkan error pada WHATSAPP! Dan pastikan juga Sobat juga sudah melakukan pemindahan data yang penting terlebih dahulu. Cara rincinya bisa simak di artikel Cara Transfer Data Whatsapp dari Android ke iPhone.

Cara lainnya yaitu sobat bisa langsung hapus dari Whatsapp, caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke Whatsapp
  • Buka grup maupun ruang obrolan chat dengan teman
  • Cek file dokumen yang tidak penting dengan klik pada opsi Media
  • Pilih file yang ingin di hapus. Jika ingin menghapus semua, klik ikon titik tiga di ruang obrolan, lalu klik opsi “Hapus seluruh obrolan”, klik opsi “hapus seluruh obrolan termasuk media dan starred message..”
  • Maka file berhasil dibersihkan!

Selain WhatsApp, jika Sobat juga pengguna sosial media lain seperti Tik Tok, Facebook dan Instagram, sebaiknya sobat juga mengecek data dari aplikasi tersebut ya.

Hapus Foto dan Video Yang Tidak Penting

Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh Dengan Hapus Video

Kalau sobat bertanya kenapa memori internal cepat penuh? Salah satunya adalah banyaknya foto dan video di dalam handphone yang kalian miliki, dan ini adalah penyebab yang paling umum, untuk itu Sobat harus rutin untuk menghapus foto dan Video yang kalian anggap tidak penting.

Masih relate dengan cara sebelumnya, biasanya foto-foto yang banyak yang tidak kita inginkan bverasal dari Whatsapp. Maka untuk itu, sobat bisa non-aktifkan mode mengunduh file foto atau video secara otomatis. Maka jika ada kawan atau di grup yang mengirim foto atau video, maka file tidak akan terunduh secara otomatis dan harus sobat unduh secara manual.

Gunakan Aplikasi Cleaner Untuk Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh

Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh Dengan Cleaner

Cara yang lain untuk mengatasi memori internal yang penuh dengan menggunakan Aplikasi Cleaner. Biasanya di setiap handphone sudah memiliki aplikasi cleaner, namun biasanya pada beberapa handphone aplikasi cleaner bawaan kurang efektif lho!

Maka dari itu kami rekomendasikan untuk sobat mengunduh aplikasi Cleaner melalui google Play Store. Hampir semua aplikasi cleaner gratis, selain gratis beberapa dari aplikasi cleaner juga memiliki fitur-fitur tambahan selain membersihkan cache, seperti me-manage file-file yang masih berguna maupun sudah tidak, membersihkan sampah data secara rutin maupun berkala, dan masih banyak yang lainnya.

Mungkin bisa sobat coba cara satu ini untuk mengatasi permasalahan penuhnya memori internal di handphone sobat. sobat bisa mencari di Play Store dengan keyword atau kata kunci “Cleaner”.

Hapus SMS Yang Sudah Menumpuk

Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh Dengan Hapus SMS

Biasanya banyak dari kita yang malas atau enggan menghapus SMS, sebab kita rasa tidak begitu penting-penting banget. Jangan salah lho! biasanya sangking malasnya dan mengabaikan SMS, nantinya Pesan-pesan tersebut bakal menumpuk dan akan berpengaruh terhadap ruang penyimpanan internal di handphone kita!

Nah mulai sekarang coba deh sobat rutin menghapus pesan inbox maupun outbox yang terdapat di handphone sobat! dijamin akan menambah ruang penyimpanan internal sobat!

Hapus Data Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh Dengan Hapus Applikasi

Nah disini biasanya yang menjadi permasalahan yang cukup berpengaruh! Data-data aplikasi yang besar cukup memakan ruang penyimpanan kita, terlebih aplikasi yang jarang kita pakai dan mungkin tidak penting-penting banget. Coba sobat pergi ke Setting lalu pilih Application management atau bisa lihat di cara nomor 1 di atas. Sobat bisa hapus data yang kira-kira sudah sobat tidak butuhkan atau tidak penting-penting banget!

Terlebih game-game online dan offline, biasanya game-game memiliki data yang cukup besar! Tapi jika game yang memiliki akun sebaiknya sobat hapal akun sobat ya untuk login kembali! Sayang-sayang nanti akun sobat yang sudah keren akan terbuang jika tidak bisa login kembali.

Simak Juga Cara Menampilkan Tanggal Pada Hasil Kamera

Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh Dengan Menambahkan Memori External atau SD Card

Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh Dengan Tambah SD card

Cara selanjutnya untuk dapat mengatasi memori internal yang penuh adalah dengan menggunakan memori eksternal, perangkat ini dapat membantu handphone kita dalam hal penyimpanan, terlebih file-file berukuran besar seperti video dan foto. Mulai sekarang sobat bisa coba cara ini agar memori internal di handphone sobat tidak sempit lagi! Kan tidak enak jika kinerja handphone kita menjadi lamban akibat sedikitnya ruangan penyimpanan. Memori Eksternal yang kami rekomendasikan untuk sobat beli yaitu minimal 16Gb. Kenapa?

Sebab jika sobat membeli yang dibawah 16GB dirasa sangat nanggung karena file-file dan updatean aplikasi yang kian begitu besar akan sama saja memenuhi ruangan penyimpanan! Ga enak banget kan? Setelah kalian menggunakan memori eksternal, ada langkah lagi supaya hasil kamera bisa masuk ke memori tersebut. Caranya ada di bawah ini.

Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh Dengan Menyetel Penyimpanan Kamera ke SD Card

Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh Dengan Pindah Storage

Cara lainnya adalah mengatur penyimpanan kamera ke SD Card. Nah, jika sobat sudah memiliki memori eksternal atau SD Card, sobat bisa ini mengatur penyimpanan ke SD Card. Mengapa?

Karena nantinya hasil jepretan foto atau video sobat akan langsung masuk ke SD Card, sehingga memori internal sobat akan aman dan tidak akan menjadi penuh! Bagaimana caranya?

Sobat bisa buka kamera sobat lalu masuk ke menu “Settings” dengan meng-klik ikon gerigi. Nah sobat pilih biasanya tulisannya “Pindahkan penyimpanan ke SD card”. Kami sarankan dicoba ya!

Reset Ulang Pabrik

Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh Dengan Reset Pabrik

Nah yang terakhir adalah cara yang paling ekstrim juga paling berpengaruh. Jika sobat sekiranya sudah ingin menghapus semua data di handphone sobat terlebih handphone sobat adalah handphone sudah berumur 2 tahunan, bisa dipastikan banyak sekali sampah jika sobat sebelumnya tidak pernah membersihkan secara rutin, sobat bisa banget memilih cara ini, yaitu me-reset atau mengatur ulang setelan pabrik yang nantinya seluruh data di handphone sobat akan terhapus. Bagaimana caranya?

  • Masuk ke Settings atau bisa klik ikon gerigi pada handphone sobat
  • Scroll ke bawah, kemudian tap Setelan Tambahan.
  • Lalu tap Cadangkan & setel ulang.
  • Lalu tap Kembalikan ke setelan pabrik.
  • Tap setel ulang telpon.
  • Selesai.

Cara Mengatasi Memori Internal HP Oppo Penuh

Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh

Bagi Sobat pengguna Oppo yang sedang mengalami masalah memori internal yang penuh tentunya akan sangat menganggu kinerja ponsel bukan? walau begitu, Sobat tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa tips dan trik untuk mengatasi mmemori internal HP Oppo yang penuh.

Gunakan Aplikasi Pembersih Bawaan

File-file yang bertumpuk tersebut tentunya harus selalu dibersikan. Akan tetapi untuk menemukan dan menghapus file sampah di Hp OPPO agak terlalu sulit jika dilakukan secara manual.

Nah, ada solusi untuk masalah ini. Sebagai informasi, saat ini hampir seluruh smartphone memiliki fitur pembersih di dalamnya. Fitur ini terbilang sangat membantu, pasalnya dapat mendeteksi file sampah dari tempat tersembunyi sekalipun.

Bagaimana cara menggunakannya?

  • Pertama, Sobat bisa pergi ke menu pencarian di HP.
  • Kemudian cari aplikasi bawaan bernama cleaner.
  • Jika sudah masuk ke halaman utaman aplikasi Cleaner, Sobat akan melihat sistem yang sedang memproses pencarian file sampah. Sobat bisa tunggu beberapa saat hingga sistem menyelesaikan pendeteksiannya.
  • Setelah selesai, Sobat bisa tekan tombol “Clean” atau “Bersihkan”.
  • Makan sistem akan langsung menghapusnya.
  • Selesai, sampah yang membebani memori internal telah terhapus.

Pada beberapa HP, aplikasi pembersih bawaan ini juga menampilkan rincian sampah dari file foto, video, aplikasi, dan sebagainya. Jadi Sobat bisa memilih file mana yang ingin dipertahankan dan mana yang ingin dihapus.

Nama aplikasi pembersih di HP Oppo biasanya dinamakan cleaner. Namun pada beberapa ponsel maupun tipe HP sesama Oppo memiliki perbedaan penamaan seperti security, junk cleaner, dan sebagainya.

Aplikasi ini bisa diandalkan, karena selain untuk menghilangkan file-file sampah seperti file foto dan video yang double, atau pesan suara dan sisaan data dari aplikasi yang sudah dihapus, dan cache, aplikasi pembersih ini juga dapat menghapus virus yang ada di ponsel.

Simpan File di OPPO Cloud

Selain membersihkan file sampah menggunakan aplikasi cleaner, Sobat juga bisa mencoba cara mengatasi memori internal HP Oppo penuh dengan melakukan back up data pada Oppo Cloud.

Data-data di HP memang semakin lama semakin menumpuk tanpa kita sadari, apalagi ponsel tersebut juga digunakan untuk menunjang pekerjaan. Jika ingin dihapus rasanya data-data tersebut masih bisa digunakan dikemudian hari. Nah, dengan begitu Sobat bisa lakukan back up dengan media cloud milik Oppo.

Jika, Apabila ponsel OPPO milik Sobat merupakan versi terbaru, maka ponsel Oppo Sobat akan ditambahkan layanan OPPO Cloud. Tentunya layanan ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

Nah, layanan ini dapat Sobat andalkan untuk menyimpan file-file jika data di memori internal sudah penuh. Penyimpanan Cloud ini mencapai 5 GB. Lumayan bukan? silakan Sobat langsung back up data-data yang sekiranya akan diperlukan kemudian hari demi menghemat penyimpanan internal HP Oppo.

Bagaimana jika di HP Oppo Sobat tidak terdapat layanan cloud tersebut? Tenang, karena setiap HP Android dibekali layanan Google, Sobat bisa manfaatkan Google Drive sebagai alternatif penyimpanan cloud.

Dengan Sobat melakukan sinkronisasi file dengan Drive, maka Sobat juga dapat mengakses file tersebut di perangkat lain, seperti laptop/PC. Layanan cloud Drive malah terbilang jauh lebih besar, karena Drive menawarkan penyimpanan data hingga 15 GB.

Jika ingin mendapatkan penyimpanan lebih dari 15 GB, Sobat bisa berlangganan bulanan untuk mendapatkan sampai kapasitas 1 TB.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti di Android

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi memori internal HP yang penuh pada semua HP termasuk Oppo yang dapat kami sampaikan. Bagaimana? sangat mudah dan simpel bukan? silakan dicoba!

Jika sobat ada cara lain, beritahu kami semua ya melalui kolom komentar di bawah! Selamat Mencoba!

Tak lupa kami ingatkan, sobat bisa banget nih subscribe Channel Telegram kami di @androidponsel, disana sobat bakal mendapat update-an berita-berita tentang teknologi terbaru, tips and trik, serta review gadget dan laptop yang bisa jadi referensi sobat jika ingin membeli barang, dan pastinya gratis!

FAQ (Frequently Asked Question) Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh

Apakah Jika Reset Ulang Pabrik Seluruh Data Akan Hilang?

Jawab : Tentu, karena reset ulang pabrik sendiri dibuat untuk mereset atau mengembalikan perangat seperti semula saat baru pertama kali dibeli. Pastikan sobat backup data yang penting terlebih dahulu. Jika sudah di backup, langsung saja reset. Dijamin HP sobat akan lega dan enteng seperti baru!

Sudah Menghapus Data Aplikasi, Namun Mengapa Berkurangnya Hanya Sedikit?

Jawab : Pastikan sobat juga menghapus cache aplikasinya. Misal aplikasi Instagram atau Tik Tok, aplikasi semacam ini memiliki cache yang besar karena menyimpan data video yang sebelumnya sudah kita putar. Jadi, sobat bisa menghapus data dan cachenya.

Apakah Aplikasi Cleaner Bawaan HP Work?

Jawab : Tergantung, pada beberapa merk HP seperti Samsung memilikifitur cleaner dan optimasi otomatis yang berguna untuk menghapus junk atau sampah cache yang sudah menumpuk. Jika di perangkat sobat memiliki fitur optimasi, silahkan dicoba. Jika tidak berpengaruh besar, sobat bisa gunakan aplikasi tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.