SD Card Tidak Bisa Diformat? Simak Pembahasan Ini!

  • Whatsapp
sd card tidak bisa di format

SD Card atau memori eksternal cukup membantu pengguna smartphone dalam memperluas ruang penyimpanan. Namun kadangkala kita menemukan permasalahan yang cukup menyebalkan pada SD Card, ya! SD card yang tidak bisa diformat. Suatu waktu kita ingin memformat SD Card agar SD Card kembali kosong, namun disatu sisi malah tidak bisa di format. Namun perlu sobat ketahui, alasan mengapa SD Card tidak bisa diformat antara lain,

  • Adanya Virus; nah permasalahan ini disebabkan karena mungkin sobat mendownload file sembarangan di situs tertentu, atau pula virus bisa masuk karena file yang teman sobat kirim.
  • Rusaknya Komponen SD Card; nah biasanya permasalahan ini terjadi karena sobat sering pasang dan lepas SD Card, juga karena terbentur, atau juga terkena air sehingga komponen mengalami gangguan dan tidak berfungsi.
  • Umur SD Card Yang Sudah Tua; permasalahan ini terjadi karena SD Card yang sudah sangat lama dan usang, biasanya ini terjadi pada SD Card bukan original, karena SD Card original cenderung lebih kuat dan tahan lama dari SD Card non original.\
  • SD Card Yang Kotor; permasalahan ini bisa terjadi karena SD Card sobat terkena kotoran, seperti debu, dan yang bersifat cairan.

Bagaimana Memformat SD Card Yang Tidak Bisa di Format?

Banyak yang mengalami masalah tidak bisa format SD Card, jadi disini kami akan mencoba mengulasnya untuk mengetahui caranya, simak terus ya pembahasan dibawah dan jangan lupa untuk teliti menjalani setiap langkah-langkahnya.

Menggunakan Aplikasi di Handphone

Menggunakan aplikasi merupakan salah satu cara yang worth it untuk mentasi sd card yang tidak bisa di format! Banyak aplikasi menawarkan format atau cleaner SD Card namun kami rekomendasikan yang baik dan tentunya dapat bekerja dengan sesuai!

  • SD Card Cleaner
sd card tidak bisa di format

Nah disini ada aplikasi SD Card Cleaner, aplikasi ini cukup erpercaya dan mendapat rating juga review yang baik. Aplikasi ini juga tidak memakan banyak memori dan cukup ringan. Langsung saja cobat coba aplikasi ini dengan mengunduhnya secara gratis melalui google play store atau bisa klik disini

  • Format SD Card
cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali

Selanjutnya ada aplikasi Format SD Card, dari namanya saja sudah ketahuan fungsinya apa, ya benar untuk memformat SD Card. Langsung saja sobat coba dengan mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store atau bisa klik disini. Adapun cara lainnya yaitu dengan

Format Menggunakan Handphone Lain

Cara memperbaiki memory card yang tidak bisa diformat ini bisa sobat lakukan dengan menggunakan handphone lain, barangkali handphone sobat mengalami bug ataupun error sehingga SD Card tidak bisa diformat. Silahkan dicoba ya! Namun jika belum berhasil, sobat bisa mengikuti cara selanjutnya!

Baca Juga : Cara Mudah Membuka Handphone Yang Terkunci

Format Dengan Command Prompt

cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali

Cara selanjutnya yaitu format melalui Command Prompt, sudah pasti cara ini harus menggunakan laptop atau PC. Pastikan sobat sudah sedia PC dan Adapter untuk memasukkan SD Card ya!  Nah tanpa berlama-lama berikut adalah langkah – langkahnya :

  • Pertama, Sobat tekan Win + R lalu ketikkan CMD atau bisa cari command prompt di menu search tool.
  • Selanjutnya pastikan sobat memasukkan memori ke Laptop / PC menggunakan adapter.
  • Pada pada line di CMD, sobat coba ketikkan FORMAT H:/FS:FAT (Keterangan : huruf “H” adalah drive dari micro SD yang error, hurufnya muncul tergantung dari partisi HDD PC atau laptop sobat ya! Nah terkadang muncul “E” maupun “F”).
  • Terakhir, sobat tunggu beberapa saat hingga SD Card berhasil di Format. Pastikan ketika proses format sobat tidak menjalankan perintah sembaragan ya!

Format Menggunakan Software PC “SD Formatter”         

cara memperbaiki memory card yang tidak bisa diformat

Salah satu cara lainnya yaitu menggunakan aplikasi PC yaitu “Software PC SD Formatter”.

  • Jika sudah diunduh, sobat langsung ekstrak file-nya.
  • Masuk ke folder, lalu sobat install aplikasi bernama SD Card Formatter 5.0.1 Setup.exe pada PC atau Laptop sobat.
  • Buka atau jalankan aplikasi SD Card Formatter.
  • Pastikan kartu sd sobat dapat terdeteksi di aplikasi SD Card Formatter.
  • Selanjutnya sobat pilih Formatting Option, sesuai kebutuhan. (biarkan default saja).
  • Kemudian sobat coba tekan tombol Format, maka proses akan segera dimulai.
  • Sobat tunggu hingga proses format selesai! Jika sudah selesai, pasang SD Card di handphone sobat!
  • Dan berhasil SD Card sobat sudah berhasil di format!

Format Menggunakan Kamera DSLR

tidak bisa format sd card

Nah cara ini tergolong unik namun banyak yang mencoba, ya! memformat memory card menggunakan Kamera DSLR! Bagaimana Caranya? Simak baik-baik, pastikan sobat memasukkan SD Card sobat ke dalam adapter lalu masukkan ke slot memori kamera DSLR.

Setelah itu cari menu format, dan langsung lakukan format di kamera. Lalu tunggu hingga proses format selesai! dan SD Card sobat berhasil di format.

Baca Juga : Cara Download Lagu di Aplikasi JOOX

Jika dari semua cara diatas tidak ada yang bekerja, kemungkinan besar memang SD Card sobat sudah rusak! Pastikan sobat mengganti atau membeli SD Card yang baru ya!

Akhir Kata

Mungkin itu adalah cara terbaik mengatasi SD Card tidak bisa di format yang sudah kami ringkas khusus untuk sobat! Jika sobat mempunyai cara lain atau ingin merekomendasikan cara lain, beritahu kami semua ya melalui kolom komentar dibawah! Terima Kasih dan Selamat Mencoba! ?

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini

10 Komentar

  1. Kenapa format pake comm prompt jg ga bisa?
    Nama drive muncul di PC “D” , namun tidak tersedia kap sd card dan gagal utk diformat

    Trims…

  2. Mau nanya min, kartu ekternal saya kan dah di format tetapi file di dalamnya masih ada, trus saya hapus pake hp lain, filenya kehapus, tapi pas di format lagi filenya muncul semua lagi min

    1. lihat dahulu jenis file tersebut. jika dirasa file tersebut tidak jelas dan formatnya juga tidak jelas, kemungkinan besar itu virus kak