Simpel! Begini Cara Masuk Bios Lenovo Paling Cepat Dan Mudah

  • Whatsapp
Cara masuk BIOS LENOVO

Hampir saat ini semua komputer maupun perangkat elektronik lainnya memerlukan adanya sistem operasi yang menjembatani dengan perangkat keras tersebut. Lazimnya hal ini disebut dengan istilah BIOS (Basic Input Output System). Namun, tahukah Anda bahwa ternyata proses pengoperasiannya berbeda-beda, tergantung dari jenis serta tipe produk salah satunya adalah boot menu lenovo.

Saat ini terdapat cara masuk bios lenovo yang bisa Anda coba. Beberapa cara tersebut akan menyesuaikan pada tipe perangkat yang Anda miliki. Sebagai bahan referensi Anda, pada artikel ini Anda akan disuguhkan informasi mengenai cara mudah mengakses bios maupun cara pembaharuannya secara tepat. Selengkapnya silakan Anda baca pada tiap sub bab berikut ini.

Bacaan Lainnya

Apa Itu Bios Lenovo?

Seperti yang sudah disinggung pada penjelasan sebelumnya. BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Output System yakni suatu chip yang tepasang pada bagian motherboard komputer. Selain memiliki fungsi sebagai tempat awal penyimpanan ketika Anda akan menginstall suatu program, BIOS juga berfungsi untuk melihat konfigurasi macam-macam hardware yang terpasang di komputer Anda. Hal ini tentu akan mempermudah Anda ketika akan melakukan install ulang komputer. Sistem ini digunakan pada semua jenis komputer tanpa terkecuali, termasuk jenis komputer lenovo.

Teknik Mengakses Booting Lenovo Pada Laptop

Agar Anda bisa mengoptimalkan fungsi kerja dari BIOS pada jenis komputer lenovo. Berikut ini terdapat beberapa cara mengakses sistem operasi tersebut.

1.Gunakan Tombol Booting Lenovo

Cara yang pertama ini dapat Anda praktikkan dengan mudah. Pasalnya Anda hanya perlu mengkombinasikan beberapa tombol fungsi di keyboard untuk memulai operasi bios. Untuk Anda yang menggunakan laptop lenovo G405 series silakan tekan tombol Fn+F2 secara bersamaan agar bisa masuk menu bios. Beda halnya jika jenis laptop Anda adalah lenovo thinkpad, maka tombol fungsinya adalah Fn+F1. Terakhir untuk Anda yang memakai lenovo ideapad, maka tombol fungsi yang digunakan adalah F1

Pembahasan di atas merupakan cara masuk menu bios. Sedangkan jika Anda akan menginstall ulang bios tersebut dari flashdisk, silakan mulai dengan menekan tombol Fn+F5 secara bersamaan. Sesudahnya, silakan tekan tombol Fn+F6 dan diakhiri dengan Fn+F10 untuk menyimpannya. Bagaimana, mudah bukan?

2. Optimalkan Tombol Shift + Restart Perangkat Mesin

Cara masuk bios lenovo selanjutnya adalah dengan menggunakan kombinasi tombol shift pada keyboard dan restart perangkat. Cukup mudah, Anda hanya perlu logout dari sistem windows dan silakan klik ke bagian layar masuk. Setelah itu, silakan tahan tombol shift yang ada di keyboard sembari mengeklik tombol power. Jika sudah, tetap tahan penekanan pada tombol shift, namun diikuti dengan mengeklik tombol restart. Ketiga, masih dalam keadaan menahan tombol shift. Bagian layar perangkat akan berwarna biru, selanjutnya silakan Anda klik lanjutkan. Terakhir, klik troubleshoot > opsi lanjutan > UEFI firmware setting > restart. Setelah melewati beberapa langkah tersebut, layar laptop akan menampilkan menu bios.

Baca juga: CAra Mengatasi Flashdisk Write Protected

3. Gunakan Tombol Novo Key

Jika Anda enggan untuk memilih salah satu diantara beberapa cara masuk bios tersebut, maka tak ada salahnya untuk mencoba cara yang satu ini. Anda bisa mengoptimalkan penggunaan tombol novo key, yakni tombol kecil yang berada di sebelah kanan tombol power. Tombol ini biasanya berbentuk setengah lingkaran dengan garis panah yang melengkung ke atas. Langkah penggunaan tombol ini cukup mudah.

  1. Pertama, Anda harus menyiapkan lidi atau jarum. Hal ini disebabkan tombol tersebut memiliki ukuran yang sangat kecil.
  2. Selanjutnya, silakan tekan tombol tersebut. Hal yang perlu diingat adalah sebelum memulai proses, pastikan laptop harus dalam keadaan mati.
  3. Apabila sudah dilakukan, maka pada layar akan muncul empat menu utama yakni normal setup, bios setup, boot menu, dan system recovery. Masing-masing menu tersebut memiliki fungsinya tersendiri, misalnya saja boot menu memiliki fungsi untuk menampilkan perangkat yang akan muncul pertama kali ketika laptop dihidupkan. Pemilihan menu tersebut sangat cocok bagi Anda yang menginginkan penginstalan ulang karena tidak perlu melakukan pengaturan pada bios. Namun, kali ini Anda hanya akan masuk ke menu bios, sehingga jenis menu yang dipilih adalah bios setup yang berfungsi untuk menampilkan aneka jenis pengaturan pada bios.

Beberapa cara masuk bios laptop lenovo tersebut bisa jadi tidak aman untuk dilakukan pada perangkat. Sehingga bukan tidak mungkin jika ada kerusakan ketika Anda mengaplikasikannya. Oleh sebab itu, jika dirasa Anda kurang yakin atau ingin cari aman tak ada salahnya untuk mengunjungi seseorang yang paham dengan perangkat tersebut.

Langkah Mudah Upgrade Sistem Boot Lenovo

Setelah berhasil masuk bios lenovo melalui berbagai cara tersebut. Kali ini Anda harus paham juga bagaimana cara mengupgrade boot option lenovo. Setidaknya terdapat tiga cara, silakan simak dengan saksama penjelasan berikut.

1. Pembaruan Secara Otomatis

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memilih salah satu diantara dua sistem upgrade bios otomatis. Lenovo System Update adalah sistem pertama yang bisa dipilih. Anda hanya perlu mengunjungi laman resmi lenovo, selanjutnya pilih produk > driver & perangkat lunak > system update. Sistem kedua adalah dengan menggunakan lenovo vantage, yang memiliki fungsi selain dapat mengupgrade bios juga dapat melakukan pembaruan driver.

2. Gunakan Winflash

Selanjutnya Anda bisa melakukan upgrade bios dengan winflash. Namun sebagai catatan cara ini bisa saja berbeda-beda karena lenovo boot menu menyesuaikan pada sistem. Pertama, silakan unduh bios versi terbaru terlebih dahulu di laman resmi lenovo dengan memasukkan beberapa data perangkat sistem, meliputi nama, jenis, dan tipe. Pilihlah sesuai dengan OS Anda dan klik unduh. Kedua, silakan jalankan sistem dengan memilih opsi run as administrator. Ketiga, jendela layar akan menampilkan self extracting, silakan klik install. Keempat, klik tombol flash bios. Tunggu hingga layar menampilkan beberapa informasi seputar flash, klik OK. Dengan demikian maka proses akan berjalan, selesainya pembaruan ditandai dengan sistem yang reboot secara otomatis.  

3. Upgrade BIOS dari Windows

Dari beberapa cara tersebut, langkah paling mudah untuk upgrade sistem bios adalah melalui windows. Sebagai catatan sebelum melakukan proses maka pastikan baterai daya laptop terisi penuh. Hal ini berguna untuk menghindari kerusakan pada sistem ketika proses pembaruan jika kapasitas daya tidak mumpuni. Selanjutnya silakan Anda unduh filenya terlebih dahulu, jika sudah maka extract file tersebut dan jalankan executable. Pastikan file yang Anda extract tersebut memuat instruksi secara terperinci. Terakhir restart perangkat Anda, maka bios sudah terupgrade dengan sempurna. Bagaimana, mudah untuk dipraktikkan bukan?

Beberapa penjelasan maupun hal yang berkaitan seputar cara masuk bios lenovo tersebut, semoga dapat memberikan Anda pemahaman lebih tentang sistem operasi. Meski dijabarkan secara terperinci bisa jadi ada kerusakan yang timbul ketika Anda mempraktikkannya. Tentu hal tersebut diluar kendali kami, sehingga penting bagi Anda untuk didampingi seseorang yang ahli di bidang tersebut. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *