Flashdisk write protected merupakan permasalahan yang sering dihadapi dan sangat menjengkelkan tentunya. Hampir setiap pengguna flashdisk tentu pernah mengalami hal demikian. Anda akan dihadapkan pada permasalahan sulitnya menyimpan, menghapus maupun mengubah data yang sebelumnya telah tersimpan di flahsdisk. Seolah terkunci file tersebut, lantas apakah berbahaya bagi keselamatan komputer milik Anda?

Kondisi flashdisk yang tiba-tiba muncul notifikasi write protected pada dasarnya tidak terlalu membahayakan. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan kondisi tersebut dari hal sepele hingga memang benar-benar serius. Hingga pada akhirnya akan tetap muncul pertanyaan, seberapa berbahayakah kondisi tersebut jika didiamkan begitu saja? Disamping itu, apa saja kiat khusus yang harus dilakukan jika mengalami permasalahan tersebut. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, secara terperinci hal ini akan dibahas untuk Anda terutama seputar mengatasi flashdisk write protected dalam penjelasan artikel berikut ini.

Penyebab Munculnya Notifikasi The Disk is Write Protected Pada Flashdisk

Flashdisk write protected
Gambar oleh aiiapromogifts

Pernahkah Anda mengalami kejadian ketika akan memindahkan data, menyimpan data maupun mengedit data muncul tulisan write protected pada flashdisk? Jika iya, sepertinya Anda perlu memahami terlebih dahulu beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut. Sebagai gambaran, silakan simak penjelasan berikut ini.

  1. Penyebab pertama munculnya write protected adalah adanya switch protection yang melekat pada flashdisk. Meski untuk saat ini jarang sekali ada jenis flashdisk ini, namun tidak menutup kemungkinan bahwa masih terdapat jenis tersebut di pasaran. Jadi, jika sewaktu membeli pastikan untuk memahaminya dengan baik.
  2. Hal lain yang menyebabkan write protected pada flashdisk adalah adanya aplikasi tertentu yang memang dikhususkan guna melindungi data. Disamping itu, biasanya aplikasi tersebut juga berfungsi untuk melindungi flashdisk agar tidak mudah untuk dimasukkan data apapun.
  3. Selanjutnya, tentu penyebab flashdisk write protected lainnya adalah adanya virus berbahaya. Virus inilah yang kemudian membuat flashdisk terkunci dan tidak bisa diubah sedikitpun data yang ada di dalamnya.
  4. Hal terakhir yang sering terjadi adalah adanya kesalahan dalam penggunaan. Perlu Anda ketahui bahwa ketika flashdisk digunakan di komputer dan tengah ada file yang masih dibaca sistem, maka jangan sesekali mencabutnya begitu saja. Jika dengan sengaja langsung dicabut ketika ssitem membaca file yang ada di flashdisk maka besar kemungkinan akan terjadi kerusakan pada flashdisk tersebut. Dapat dikatakan masih beruntung jika Anda hanya mengalami permasalahan tersebut saja, karena kemungkinan terburuknya adalah flashdisk Anda tidak bisa digunakan kembali.

Beberapa penjelasan mengenai penyebab write protected pada flashdisk tersebut perlu Anda analisa terlebih dahulu. Hal ini tentu akan berguna ketika Anda berusaha untuk mengatasi disk write protected tersebut nantinya. Jika kemungkinan ada hal lain yang diragukan maka tak ada salahnya apabila Anda mengunjungi jasa perbaikan yang lebih profesional.

Baca juga: Cara Mengatasi USB HP yang tidak terbaca

Referensi 3 (Tiga) Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected

The Disk is Write Protected
Gambar oleh aiiapromogifts

Sebagai bahan referensi Anda, berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan ketika Anda mengalami write protected pada flashdisk. Silakan pelajari dan aplikasikan sesuai dengan kebutuhan.

Mengatasi The Disk is Write Protected Menggunakan Aplikasi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Anda bisa mendapatkannya melalui website dengan mengetikkan namanya. Setidaknya terdapat dua macam jenis aplikasi seperti FAT32 maupun Tools GUI. Cara penggunaan aplikasi tersebut tentu berbeda-beda. Anda bisa memeriksanya melalui website resmi dari kedua aplikasi tersebut, disana tertera bagaimana cara pengoperasiannya.

Hilangkan Write Protected Pada Flashdisk dengan Registry Editor

Cara yang kedua, Anda bisa memanfaatkan registry editor. Regedit atau registry editor merupakan salah satu dari sekian cara yang sering digunakan oleh seseorang yang mengalami permasalahan serupa. Memiliki langkah penggunaan yang mudah, berikut ulasannya untuk Anda.

  1. Pertama, Anda diharuskan untuk membuka halaman registry editor dengan menekan tombol windows diikuti tombol R. Selanjutnya ketikkan regedit dan akhiri dengan enter.
  2. Jika sudah, silakan Anda masuk pada bagian hkey-local-machine > system > current control set. Pada bagian ini silakan Anda cari menu control, kemudian pilih storage devices police.
  3. Masih di bagian yang sama, silakan cari menu write protected. Jika sudah, klik kanan dan pilih modify.
  4. Selanjutnya ubah value data menjadi angka 0, dan akhiri dengan OK.
  5. Apabila rangkaian cara tersebut telah dilewati, silakan Anda cabut flashdisk tersebut. Colokkan kembali flashdisk dan mulailah untuk memformatnya.

Atasi Flashdisk Write Protected Unlock dengan CMD

Selain dua cara diatas, terdapat cara lain yang tak kalah penting untuk dipahami. Dibandingkan dengan sebelumnya, cara berikut lebih sering digunakan oleh para pengguna flashdisk.

  1. Pertama, Anda harus menghubungkan flashdisk dengan komputer/ laptop.
  2. Selanjutnya silakan buka command prompt.
  3. Masukkan perintah diskpart > list disk > select disk. Pada bagian ini Anda diharuskan untuk mengganti nama flashdisknya.
  4. Jika sudah, ketikkan format attributes disk clear readonly, dan diakhiri dengan perintah clean.
  5. Ketikkan list volume dan select volume yang sebelumnya tertulis unusable.
  6. Apabila seluruh langkah tersebut sudah, cara mengatasi the disk is write protected selanjutnya adalah mulai mengetikkan format tertentu. Anda bisa memilih sesuai dengan format disk yang diinginkan, diantaranya format fs=fat32 atau fs=ntfs.
  7. Jika sudah, klik tombol exit. Sebagai catatan jangan lupa untuk mengeklik enter setiap kali Anda memasukkan perintah agar perintah tersebut dapat aktif.

Simple! Begini Cara Format Flashdisk Write Protected dengan Mudah

Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected

Memahami cara untuk memperbaiki write protected pada flashdisk merupakan suatu hal yang bisa Anda lakukan mulai sekarang. Selain tiga cara di atas, terdapat cara lain yang lebih cepat dan terbilang cukup efektif untuk diaplikasikan. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

  1. Cara mengatasi flashdisk write protected yang pertama adalah dengan mendownload aplikasi USB write protect. Tanpa harus melakukan instalasi, Anda hanya perlu menjalankan administratornya saja.
  2. Selanjutnya, silakan colokkan flashdisk yang Anda miliki ke komputer/ laptop.
  3. Setelah mengeklik run as administrator pada aplikasi tersebut, nantinya akan muncul write protection status pada bagian USB device write protection. Masih pada bagian yang sama, silakan ganti status enable menjadi disable.
  4. Jika proses nomor tiga berhasil, maka akan terlihat bahwa status write protected flashdisk milik Anda adalah disable. Dengan demikian, flashdisk Anda dapat dikatakan sudah bersih dan bisa digunakan kembali.
  5. Silakan cabut dari komputer/ laptop dan coba masukkan lagi setelahnya untuk mengecek. Dapat dipastikan bahwa flashdisk tersebut sudah bisa digunakan kembali.

Ragam cara memformat guna mengatasi flashdisk write protected tersebut di atas sudah terbukti efektif. Anda hanya perlu memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi flashdisk yang dimiliki. Pastikan untuk mengikuti seluruh langkah yang disebutkan agar flashdisk normal kembali. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here