Cara Membuat Subtitle Sendiri Dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Membuat Subtitle

Siapa dari sobat yang senang menonton film? atau drakor? atau juga kartun? Pastinya film-film akan lebih bagus dan dimengerti jika terdapat teks atau subtitle, terlebih film asing yang menggunakan bahasa yang tidak kita mengerti. Pernah terpikir ga sih bagaimana membuat subtitle? Atau sobat sendiri adalah youtuber yang ingin mengunggah video terbaru dan menambahkan subtitle dalam bahasa lain? Jika iya, artikel ini adalah jawabannya. Kami akan beritahu kepada sobat bagaimana membuat subtitle dengan mudah!

Cara Membuat Subtitle Menggunakan Notepad di PC / Laptop

Cara pertama membuat subtitle adalah menggunakan Notepad. Tentu saja cara ini Sobat diharuskan untuk menyiapkan dan menggunakan laptop atau PC dan aplikasi Notepad, perangkat lunak ini sudah tersedia di dalam OS Windows ya.

Bacaan Lainnya

  • Pertama, Buka Notepad sobat atau bisa cari pada tools pencarian dengan kata “Notepad”
  • Lalu ketikkan mulai dari angka 1 di baris pertama seperti gambar dibawah ini
  • Tekan Enter untuk membuat baris baru.
  • Nah dibawahnya angka baris, masukkan waktu subtitle tersebut dimulai dan berakhir dalam format jam:menit:detik,milidetik. Misalnya: 00:10:45,232
  • Tekan Enter untuk baris baru dan masukkan subtitle tepat di bawah format waktu.
  • Ulangi secara berurutan untuk melanjutkan subtitle yang berikutnya.

Nah untuk lebih maksimal dan mudah, pastikan sobat membuat subtitle sambil menonton videonya supaya teks menjadi tepat dengan waktu bicaranya.

Setelah sobat sudah selesai membuat subtitle sendiri menggunakan Notepad, selanjutnya simpan file tersebut dalam bentuk .srt dan encoding UTF-8. Sobat dapat langsung memasukkan subtitle yang sobat buat ke dalam video dengan cara menggesernya ke dalam file video.

Baca Juga : Cara Membuat Google Form dengan Mudah

Membuat Subtitle Dengan Aplikasi Aegisub

Selain membuat subtitle secara manual dengan Notepad, sobat juga bisa lho menggunakan aplikasi PC atau Laptop, yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama Aegisub. Bagaimana cara membuat subtitle dengan Aegisub? Langsung saja simak dibawah ini,

  • Pertama, siapkan PC atau laptop sobat, dan siapkan juga aplikasi Aegisub. Jika sobat belum memilikinya, sobat bisa unduh disitus resminya http://www.aegisub.org/ ini.
  • Jika sudah terpasang atau terinstall, buka aplikasi Aegisub lalu pilih opsi Video > Open Video. Pilih video yang ingin sobat buat subtitlenya. Oh iya pastikan sobat memasukkan audio dari video tersebut agar lebih mudah dalam pembuatan subtitle. Caranya adalah dengan klik di menu Audio > Open Audio from Video.
cara membaut subtitle dengan aegisub

Sobat juga bisa memilih warna, gaya tulisan, dan ukuran dengan memiliih menu subtitle lalu pilih Styles Manager. Nantinya disini sobat bebas bisa mengatur sesuka sobat.

cara membaut subtitle dengan aegisub
  • Langkah selanjutnya adalah memasukkan subtitle. Nah disini sobat bisa menuliskan subtitle sesuai dengan kebutuhan. Sillahkan mengetikannya dan disesuaikan dengan video yang akan ditampilkan
cara membaut subtitle dengan aegisub

Caranya ga sulit kok, yang mana pada Audio box sobat klik pada awal subtitle ingin ditampilkan kemudian klik kanan pada akhir subtitle tersebut. Setelah itu, sobat silahkan tulis teks subtitle pada bagian Edit Box. Nah untuk menampilkan dua baris teks, sobat harus menuliskan \N di awal teks baris kedua. Jika sudah selesai, tekan enter atau tombol Commit untuk menyimpannya.

  • Selanjutnya Atur posisi subtitle, dan disesuaikan dengan durasi video. Di sini sobat harus memastikan subtitle yang keluar memiliki waktu yang pas dan sesuai dengan waktu bicaranya.
cara membaut subtitle dengan aegisub

Untuk melakukan pengaturan posisi subtitle, caranya dengan klik Video Box kemudian pilihlah di mana posisi teks subtitle tersebut ingin ditampilkan. Pastikan durasinya pas ya!

  • Yang terakhir, simpan / save subtitle yang sudah sobat buat, caranya bisa dengan menekan tombol ctrl + s atau bisa juga pilih File > Save Subtitles as…

Cukup mudah bukan? Sekarang sobat sudah bisa membuat subtitle sendiri, jangan lupa sobat cek subtitle kembali ya setelah semua selesai. Supaya mengurangi risiko kesalahan penulisan.

Cara Menerjemahkan Subtitle ke Bahas Indonesia atau lainnya

Sebelum menakhiri, kami punya cara lain yaitu menggunakan dan menerjemahkan subtitle yang sudah ada menjadi subtitle bahasa Indonesia atau bahasa yang bisa kita pilih sendiri.

Bagaimana Caranya? Yaitu dengan bantuan Google Translate

subtitle dengan google translate
  • Pertama, cari dan unduh subtitle film melalui google atau semacamnya.
  • kemudian jika sudah terunduh, buka file subtitle di dalam Notepad, kemudian sobat salin semua isinya.
  • Jika sudah, sobat buka Google lalu pergi ke Google Translate, kemudian terjemahkan salinan tersebut ke dalam bahasa yang sobat inginkan.
  • Salin kembali hasil terjemahannya, lalu simpan di jendela Notepad yang baru.
  • Simpan file tersebut dengan format .srt dan encoding UTF-8.
  • Selesai.

Baca Juga : Cara Membuat File ISO dengan Mudah

Akhir Kata

Mungkin itu adalah cara mudah membuat subtitle video menggunakan PC / Laptop yang bisa kami bagikan untuk sobat. Jika sobat ada cara lain untuk membuat subtitle, boleh banget ini beritahu kami semua melalui kolom komentar dibawah. Terima kasih dan selamat mencoba ya! ?

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini

1 Komentar