Tahukah kamu, Apple punya fitur bernama AirDrop yang berfungsi sebagai media berbagi file besar atau dokumen secara mudah dan cepat. Tentu saja sebagai pengguna Android pasti sangat menginginkan fitur tersebut juga hadir di OS robot hijau dengan berbagai kelebihan lainnya. Android memang sudah memiliki fitur yang disebut Android Beam, kekurangannya fitur ini masih menggunakan Bluetooth yang tentu saja pengiriman file menjadi sangat lambat, dan kini fitur tersebut sudah tidak mendukung di Android 10. Selain itu ada sih opsi aplikasi yang dapat mempercepat transfer file antar Android, tapi kalau fitur ini menjadi bagian dari fitur bawaan dari Android, kenapa harus instal aplikasi lain?

Sebagaimana yang diberitakan GSM Arena berdasarkan sumber Android Police, laporan terbaru mengatakan bawah Fitur berbagi terdekat yang baru ini sekarang dalam tahap pengujuan beta, lebih dari itu sumber juga telah membagikan hasil tangkap layar dari fitur yang sedang diuji coba tersebut.

Fitur Android Nearby Share
image via AndroidPolice

Dalam tangkap layar tersebut, terlihat adanya opsi berbagi terdekat yang menampilkan perangkat terdekat, pengguna juga dapat memilih mengaktifkan tingkat visibilitas ke kontak atau bisa dimatikan sama sekali.

Jika pengguna memilih mengaktifkan Nearby Share, pengguna dapat melihat ketika seseorang mencoba berbagi sesuatu didekatnya, ketuk notifikasi agar terlihat untuk menerima file.

Lebih lanjut, GSM Arena mengatakan dalam sebuah berita Google telah mengkonfirmasi bahwa perusahaan berencana untuk membagikan lebih banyak informasi terkait fitur Nearby Share di masa depan, tujuannya adalah untuk meluncurkan fitur tersebut yang akan kompetibel dengan OS Android 6 (Marshmallow) hingga lebih baru.

Sebagai informasi, tahun lalu Google diketahui mengembangkan fitur yang dikatakan sebagai pengganti Android Beam yang disebut Nearby Sharing bahkan XDA-Developers berhasil mendemonstrasikan iterasi awal dari fitur tersebut. Fungsinya sama seperti Apple AirDrop, yaitu : penerima dan pengirim membutuhkan Bluetooth dan Wi-Fi untuk dihidupkan. Kemudian, Bluetooth akan memulai koneksi dan Wi-Fi mengambil alih. Fitur Berbagi Terdekat akan bekerja langsung dari menu “Bagikan” yang ada di Android.

Lain halnya, Samsung yang sudah mempunyai fitur bernama S-Share, fitur ini menggunakan NFC untuk memulai koneksi, tapi kemudian mengirim file menggunakan jaringan Wi-Fi. Sayangnya fitur ini hanya tersedia untuk perangkat Samsung saja. Selain itu Huawei juga mempunyai fitur share yang cara kerjanya sangat mirip dengan AirDrop, tapi tentu ini juga hanya tersedia ekslusif untuk perangkat Huawei.

Tentunya dengan adanya laporan uji coba fitur Nearby Share pada Android akan membuat pengguna Android menjadi lebih mudah untuk berbagi file dengan cepat tanpa harus mengunduh aplikasi pihak ke-tiga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here