Cara Cek IMEI Samsung Dengan Mudah!

  • Whatsapp
Cara Cek IMEI Samsung

Jika Anda ingin mengetahui cara cek nomor IMEI yang ada di handphone termasuk Samsung, Xiaomi, Realme, Vivo, Oppo dan lainnya Anda bisa mengikuti langkah yang kami jelaskan pada artikel tips dan trik ini. Tapi sebelum itu kalian harus mengetahui apa sih IMEI tersebut?

Berbagai handphone, seperti Samsung, Xiaomi, iPhone, Realme, Vivo, dan lain-lain pasti memiliki nomor seri IMEI yang berbeda satu sama lain. Nomor ini ibarat menjadi identitas dari suatu handphone, untuk lebih jelasnya nomor IMEI menurut Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Ismail MT, International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, karena dikeluarkan untuk tiap slot SIM, maka HP yang mendukung dual SIM akan memiliki dua nomor IMEI yang bakal berbeda lho! IMEI Sendiri juga menjadi bukti bahwa handphone itu bersifat legal untuk diperjualbelikan. Jika handphone itu tidak memiliki nomor seri imei, siap-siap deh bakal banyak masalah. Terlebih pada tahun ini, pemerintah sudah menjalankan pemblokiran pada handphone bodong alias yang tidak memiliki nomor imei atau yang diperjual belikan secara black market.

Baca juga: Cek IMEI untuk mendeteksi keaslian Handphone Sebelum Membeli

Cara Cek IMEI di Handphone Samsung

Dari penjelasan di atas, Sobat jangan khawatir, kami akan mengulas bagaimana cara mengetahui imei pada handphone sobat yang bermerek Samsung. Penasaran? Simak terus yuk!

1. Mengecek IMEI di Menu Settings

cek imei samsung
gambar menu setting yang ada di handphone Samsung

Nah cara pertama yaitu dengan mengecek pada settings di menu handphone samsung sobat. Bagaimana caranya?

  • Langkah Pertama, sobat silahkan buka menu pengaturan atau settings pada handphone Samsung sobat.
  • Jika sudah, sobat cari menu About Phone atau jika dalam bahasa Indonesia adalah Tentang Ponsel
  • Kemudian cari Kode IMEI
  • Nah nantinya akan muncul dua nomor IMEI berbeda jika handphone sobat mendukung dual SIM

2. Cek IMEI Samsung Dengan Kode

Selain cara diatas, kami memiliki cara lain untuk mengecek nomor imei pada handphone samsung sobat dengan cara dengan kode dial up, bagaimana caranya?

blank
cara cek IMEI Samsung dengan dial up
  • Langkah pertama, silahkan sobat buka menu panggilan telepon / call
  • Jika sudah, sobat tekan kode *#06#
  • Lalu tekan tombol panggilan (Call)
  • Nah, nantinya secara otomatis akan muncul informasi nomor IMEI pada layar handphone samsung sobat!

3. Cek IMEI Pada kardus Handphone

Selain kedua cara diatas, sobat juga perlu mengecek nomor imei Samsung atau bahkan hp lain seperti Relame, Vivo, Oppo, Nokia, ASUS dan lainnya pada dus handphone. Biasanya nomor IMEI bisa dilihat pada sisi samping atau bawah dus, ataupula terdapat pada dalam dus. Silahkan sobat cari sendiri ya!

Cek Informasi Handphone Dengan IMEI Pada Situs Web

Jika sekiranya sobat sudah mengetahui nomor imei sobat, ada baiknya sobat juga perlu mengetahui informasi tentang handphone sobat yang bisa diketahui lewat web info imei. Penasaran? Simak cara dibawah ini!

cara cek IMEI Samsung melalui website

Untuk mengetahui informasi handphone, sobat bisa mengikuti cara dibawah ini yaitu

  • Pertama silahkan sobat kunjungi situs imei.info
  • Jika sudah, masukan nomor IMEI handphone sobat pada bar pencarian.
  • Jika sudah menulis nomor IMEI handphone sobat, selanjutnya silahkan sobat isi Captcha dan klik tombol “Check“.
  • Nah sobat harus menunggu beberapa detik, nantnya akan muncul informasi nomor IMEI yang berisi model, perusahaan pembuatan, tahun dirilis, hingga spesifikasi hardware.
  • Selesai!

Akhir Kata

Mungkin pembahasan diatas adalah cara mengetahui nomor imei pada handphone Samsung atau dari cara di atas yang melalui pengaturan bisa juga dilakukan pada handphone dengan brand lain seperti Vivo, Oppo, Xiaomi, Realme, Nokia bahkan untuk ASUS yang berhasil kami rangkum untuk sobat semua yang ingin mengetahui handphone sobat legal atau tidak. Untuk itu, selamat mencoba dan Semoga cara diatas bisa mudah dipahami sobat ya!

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini