Cara Cek Online Nomor Kartu Keluarga (KK) Dengan Mudah Dan Cepat!

  • Whatsapp
Cek Nomor Kartu Keluarga Online

Sobat lupa nomor kartu keluarga? Atau sobat sedang diminta nomor kartu keluarga namun sobat lupa menaruh berkasnya dimana? Pas banget! Artikel ini adalah jawabannya. Karena kami akan membahas bagaimana cara cari cek nomor KK secara online dengan mudah dan cepat.

Nah sebelum itu perlu sobat ketahui, nomor KK atau kartu keluarga merupakan nomor yang sangat penting yang harus sobat ingat atau simpan. Nomor KK begitu penting sebab itu menjadi nomor identitas kependudukan dari keluarga kita yang menetap pada negara republik Indonesia ini. Nomor KK sendiri sering diperlukan, seperti untuk membuat KTP, SIM, untuk registrasi kartu handphone, dan semacamnya. Maka dari itu, sebaiknya sobat harus menjaga kartu keluarga milik sobat di tempat yang aman agar tidak hilang atau rusak.

Okedeh, jika sobat sudah tidak sabar silahkan simak pembahasan di bawah ini ya!

Cara Cek Nomor KK Secara Online

1. Melalui Website Resmi Pemerintah

cari nomor kartu keluarga online

Cara pertama untuk cek nomor Kartu Keluarga sobat secara online yaitu melalui website resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Penasaran?

Berikut caranya :

  • Pertama, silahkan sobat buka browser di handphone atau Laptop sobat.
  • Nah setelah itu akan muncul Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) e-KTP pada form yang ada di halaman. Silahkan sobat masukan nomor KTP / NIK sobat.
  • Jika NIK sobat sudah terdaftar dalam database, maka data sobat akan muncul secara lengkap termasuk nomor KK.

Update Cek KK Online Melalui Website

Karena banyak yang menanyakan prihal form yang ada pada cara diatas, untuk itu kami memberikan update cara terbaru untuk mengetahui nomor kartu keluarga secara online, berikut cara terbarunya;

  1. Pertama kunjungi laman untuk masuk ke layanan online dukcapil di link https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id/ ,
  2. Tahap selanjutnya Sobat diharuskan untuk membuat akun dengan memasukan nomor handphone yang pernah didaftarkan, password, dan isi captcha yang ditampilkan,
  3. Untuk yang belum pernah daftar silahkan masuk ke menu daftar dan isi formulir pendaftaran yang disediakan
  4. Apabila sudah selesai, Sobat cukup masuk ke menu awal dan masukkan NIK e-KTP pada kolom yang sudah tersedia,
  5. Dan Data Kartu Keluarga Sobat akan muncul secara lengkap di sana.

Selain melalui situs milik pemerintah pusat, beberapa pemerintah daerah juga menyediakan layanan cara mengecek KK online sendiri yang bisa kalian manfaatkan.

Sebagai tambahan, pemerintah daerah juga menyediakan layanan laman untuk melakukan pengecekan KK secara online, berikut adalah daftar daerah dan link yang saat ini kami ketahui;

  • Bandung – https://disdukcapil.bandung.go.id/cari-biodata
  • Batam – https://disdukcapilbisa.batam.go.id/periksa/nokk
  • Kalimantan Barat – https://dukcapil.kalbarprov.go.id/cek-kk
  • Sragen – http://dukcapil.sragenkab.go.id/informasi/cek_kk
  • Tangerang – https://disdukcapil.tangerangkota.go.id/ceknik/
  • Tegal – https://disdukcapil.tegalkab.go.id/informasi/cek_kk

Jika Sobat mengetahui link layanan daerah lainnya silahkan tambahkan di komentar ya.

2. Cek Nomor Kartu Keluarga Online Melalui E-mail

Cek Nomor Kartu Keluarga Online Melalui E-mail

Nah cara ini salah satu cara termudah selain dari website. Yaitu sobat bisa cek lewat E-Mail. Bagaimana caranya?

Sobat bisa langsung mengirim permintaan dengan menyertakan nomor e-KTP ke alamat email: callcenter.dukcapil@gmail.com.

Tapi memang cara ini kurang efisien sih jika sobat butuh nomor itu secara dadakan atau cepat. Karena sobat harus sabar menunggu balasan dari Dukcakpil terlebih dahulu. Tapi cara ini cukup aman dan mudah kok! Silahkan sobat coba ya!

3. Cek Nomor KK Melalui Media Sosial

lupa nomor kk

Nah cara selanjutnya yang mudah untuk cek nomor Kartu Keluarga secara online yaitu melalui media sosial milik pemerintah tepatnya Dukcakpil.  Sobat bisa mencari akun Facebook Halo Dukcapil dan Twitter dengan username @ccdukcapil.

Nah agar keamanan dan privasi sobat data terjaga, silahkan sobat kirim permintaan cek KK online melalui fitur Direct Message (DM). nantinya admin akan membalas dengan membawa informasi yang sobat minta.

Baca Juga : Cara lapor Pajak Secara Online dengan Mudah

4. Cek Nomor Kartu Keluarga Melalui Call Center Resmi

Cek Nomor Kartu Keluarga Melalui Call Center Resmi

Nah cara selanjutnya untuk mengetahui nomor Kartu Keluarga yaitu sobat bisa menghubungi Call Center Halo Dukcapil dengan melakukan panggilan ke hotline di nomor 1500-537 Dirjen Dukcapil Kemendagri. Nah tentunya, cara ini lebih cepat dibandingkan cara lainnya.

Selain itu, sobat tanyakan lebih detail jika ada permasalahan yang dihadapi. Sebelum itu pastikan sobat sudah menyiapkan adalah NIK dan nomor KK sehingga petugas bisa mengkonfirmasi data yang ditanyakan dengan cepat ya!

5. Cek Nomor KK Melalui Whatsapp

Cek Nomor KK Melalui Whatsapp

Nah cara terakhir yang bisa kami bagikan kepada sobat yaitu mengecek nomor KK melalui Whatsapp ke nomor resmi pemerintah. Untuk dapat mengeceknya, Sobat dapat mengirimkan pesan dengan format:

Nama lengkap sesuai dengan KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota

Nantinya sobat bisa kirimkan ke nomor WhatsApp 0813-2691-2479. Selesai deh, sobat hanya perlu menunggu balasan dari adminnya.

Akhir Kata

Sangat mudah bukan kelima cara cara cek nomor kartu keluarga secara online di atas? Sobat bisa memilihnya dengan bebas mau memakai cara yang mana. Okedeh, silahkan mencoba ya! Dan pastikan sobat jangan lupakan lagi nomor Kartu Keluara / NIK nya karena nomor itu sangat penting! 😊

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini

7 Komentar

  1. Heran saya call center 1500537 dr pagi di hub ga bisa2 entah apa kerjaan mereka klo kerja ga mnkn sampe beribu kali saya tlpn ga di angkat